Thursday 15 January 2015

[Review] Hijab: Ketika Penghasilan Istri Berada Jauh Diatas Suami



#Description:
Title: Hijab (2015)
Casts: Zaskia Adya Mecca, Carrisa Puteri, Tika Bravani, Natasha Rizki, Mike Lucock, Nino Fernandez, Ananda Omesh, Dion Wiyoko, Meriam Bellina, Mathias Muchus, Bobby Tinceu, Marini Burhans, Jajang C. Noor, Rina Hassim
Director: Hanung Bramantyo
Studio: Dapur Films & Multivision Plus Pictures


#Trailer:

Official Trailer Film Hijab (2015)


#Synopsis:
Bercerita tentang 4 orang perempuan bernama Bia (Carissa Puteri) seorang "Gadis Hidayah" yang telah menikah dengan seorang pemain sinetron yang tengah naik daun bernama Mad-Nur (Nino Fernandez), lalu ada Tata (Tika Bravani) mantan ketua pelaksana ospek kampus yang menikah dengan seorang fotografer jurnalis bernama Izul (Ananda Omesh), kemudian ada Sari (Zaskia Adya Mecca) perempuan yang kuat akan insting marketingnya yang menikah dengan Gamal (Mike Lucock) yang berpegang teguh terhadap ajaran islam dan yang terakhir adalah Anindya (Natasha Rizki) atau Anin, yang masih gadis & belum menikah. Berpacaran dengan seorang sutradara yang sangat anti-mainstream bernama Chaky (Dion Wiyoko). Alasan Anin belum menikah dengan Chaky karena Anin masih ingin kebebasan tidak seperti ketiga temannya yang sudah menikah. Terjebak dan terkekang oleh yang namanya Suami.
Suatu hari ketika mereka semua tengah mengadakan Arisan, para Istri cukup tersinggung dengan ucapan Gamal yang mengatakan bahwa Arisan rutin yang mereka gelar adalah Arisan Suami karena uangnya berasal dari kantong Suami bukan dari Istri. Tata langsung memprotes ucapan tersebut dan akan membuktikan bahwa Isteri juga bisa hidup mandiri tanpa bantuan Suami dengan mengajak Bia, Sari & Anin. Ketiga nya pun langsung setuju dengan ide Tata. 
Tanpa bantuan dan sepengetahuan para suami, Tata, Bia, Sari & Anin kemudian membuka bisnis Hijab Online bernama MECCANISM. Bia menjadi model sekaligus designer, Tata & Anin menjadi bagian marketing dan Sari sebagai bagian finansial. Kebetulan, bisnis Hijab di Indonesia tengah berkembang pesat. Imbasnya Hijab Online MECCANISM mengalami pertumbuhan yang pesat juga dibeberapa bulan setelah mereka launching. Mereka berhasil membuktikan kalau para Istri juga bisa mandiri dan bukan tipe yang ikut-ikut suami.
Disisi lain, para suami pun merasa tersaingi oleh para Istri yang kini telah mempunyai penghasilan sendiri dan bahkan melebihi penghasilan para suami. Tak hanya itu, kesibukan para istri di bisnis Online Hijab pun mulai menimbulkan masalah dirumah tangga mereka masing-masing hingga mengancam keutuhan rumah tangga mereka.
Apakah Bia, Tata, Sari & Anin akan tetap melanjutkan bisnis MECCANISM nya yang semakin dilirik oleh pecinta fashion Hijab di Indonesia hingga mendapat tawaran untuk tampil di Djakarta International Fashion Week 2015?! Atau kembali menjadi seorang Ibu Rumah Tangga yang merupakan kodrat utama seorang wanita yang telah menikah?!


#Review:
Fenomena Hijab di Indonesia dalam beberapa tahun ini memang sangat menarik perhatian berbagai kalangan di Indonesia. Gaya berpakaian sesuai syariah namun tetap modis dan stylish inilah yang membuat salah satu sutradara terbaik di Indonesia yaitu Hanung Bramantyo tertarik untuk mengangkat fenomena Hijab ke Layar Lebar Film Indonesia dengan sentuhan Komedi.
Jika sebelumnya Hanung Bramantyo beberapa tahun kebelakang selalu memproduksi "Film Berat / Film Serius" seperti Sang Pencerah (2010), Tanda Tanya (2011), Perempuan Berkalung Sorban (2009), Soekarno (2012) dan Gending Sriwijaya (2013) diawal tahun 2015 ini ia mencoba menghadirkan "Film Ringan" namun tetap berbobot dan berkualitas melalui Film Hijab dengan sentuhan Drama Komedi.
Hanung Bramantyo BERHASIL menghadirkan sebuah drama komedi tentang fenomena hijab lewat film ini. Tak hanya itu, pertanyaan "Bagaimana jika seorang Istri mempunyai penghasilan yang jauh lebih besar dari Suami?" pun dijawab dengan amat baik dan menghibur. Penggambaran konflik konflik sederhana yang sering terjadi dikehidupan sehari hari juga tampil begitu kuat seperti Suami yang mengekang Istrinya untuk bekerja pun digambarkan begitu pas lewat karakter yang dimainkan oleh Istri Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca beserta Mike Lucock. Komedi yang dihadirkan pun sangat-sangat menghibur & bikin tertawa lepas dijamin! Hanung Bramantyo juga berhasil menghadirkan image baru kalau para Hijabers juga manusia biasa & bisa melakukan hal-hal gokil yang biasanya di film-film yang tokoh perempuannya memakai Hijab mayoritas selalu anggun dan jaim banget.
Jajaran pemain pun tampil sangat memukau. Keempat perempuan yaitu Zaskia Adya Mecca, Carissa Puteri, Tika Bravani & Natasha Rizki pun tampil dengan performa terbaiknya. Para suami yaitu Mike Lucock, Nino Fernandez, Ananda Omesh & Dion Wiyoko pun tampil dengan baik mengimbangi para Istri mereka masing-masing. Hanung Bramantyo sangat berhasil mengeksplor kemampuan akting para pemainnya difilm ini dari yang biasanya terlihat "biasa" menjadi "luar biasa". Banjirnya para cameo dalam film ini pun semakin memperkuat & memperlucu Film Hijab ini. Mulai dari artis senior seperti Jajang C. Noor hingga "Artis Instagram" yang tengah populer yaitu Dijah Yellow!
Sisi product-placement yang biasanya cukup mengganggu dalam sebuah film, di Film Hijab ini tampil begitu rapi dan malahan tidak terlihat seperti product-placement. Ini nih yang namanya Product-Placement dalam sebuah film! Visualisasi & Musik scoring pun tampil begitu memikat disepanjang film. Sangat colorful dan enak dipandang. Soundtrack yang disajikan oleh Andien pun mengalun dengan indah disepanjang film. 
Overall, Film Hijab sangat memuaskan bagi saya & pastinya Recommended banget untuk ditonton dibioskop. Jika kamu kangen komedi khas Film Jomblo (2006) segeralah menonton Film Hijab ini! dijamin PUAS! Film Hijab sudah masuk List 15 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2015 ini Versi Gue :D



[9.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment