Saturday 7 October 2017

[Spoiler Alert] Penjelasan Film Pengabdi Setan (2017)



Setelah nonton #PengabdiSetan untuk yang kedua kalinya, baru kerasa banget beberapa plothole dan bloopers dalam ceritanya. Beberapa pertanyaan yg menggantung ketika pertama kali nonton juga jadi terjawab semua.
Kali ini aku bakalan sedikit explained beberapa pertanyaan #PengabdiSetan yang berhasil aku cerna setelah nonton untuk yang kedua kalinya. Postingan ini pasti banyak SPOILER nya. Jadi kalau belum nonton Film #PengabdiSetan please skip postingan ini.

1. Soal percakapan antara Bapak (Bront Paralae) dan Ibu (Ayu Laksmi) sebelum Ibu meninggal. Terdengar sekilas bahwa si Bapak berbicara supaya Ibu bisa mengikhlaskan dan anak-anak bisa hidup dengan tenang. Tapi anehnya, setelah si Ibu "bangkit" dan "datang lagi" ke rumah menjemput anaknya.
Ketika adegan Ian seperti ditarik oleh kekuatan dengan berpegangan pada pintu, Si Bapak justru meminta maaf kepada Si Ibu, Ia berteriak "Maafkan aku Mawarni jika aku selama ini punya salah.."
Aku jadi beranggapan, jika si Bapak ini juga bisa jadi salah satu anggota sekte sesat soal kesuburan, namun ia berusaha untuk tobat dan keluar dari lingkaran sekte sesat itu. Hal itu terlihat ketika orang-orang berpayung hitam datang, si Bapak teriak sambil membawa pisau "Mau ngapain lagi kalian, kalau mau mengambil anak-anak, kami tidak akan diam, kalian harus langkahi dulu saya.." Padahal Rini (Tara Basro) belum bilang ke si Bapak soal isi surat revisi Budiman (Egy Fedly) yang ia dapatkan dari Hendra (Dimas Aditya).



2. Soal dialog antara Budiman dan Hendra ketika di Rusun. Budiman menjelaskan isi soal surat revisi yang menerangkan bahwa para pengikut sekte sesat itu sebetulnya adalah mengambil anak terakhir dari Mawarni (Si Ibu) yang merupakan titisan setan, bukan untuk dijadikan tumbal. Surat revisi itu ia berikan kepada Hendra dan harus sesegera mungkin disampaikan kepada Rini. Usai Hendra berangkat, Budiman mendapatkan tamu yang terus menggedor pintu rusunnya. Aku yakin itu adalah Batara (Fachri Albar), salah satu anggota sekte sesat yang ada kota dan tinggal satu rusun dengan Budiman.
Anggota sekte sesat tak mau semua rencana mereka berantakan, Siapapun yang mencoba menghalangi rencana mereka pasti akan berakhir dengan kematian. Hendra, tewas kecelakaan ketika melihat bayangan orang sedang berlari ditengah jalan dan Sang Nenek tewas karena ia sudah LEBIH TAU bahwa Ian adalah anak titisan setan.

3. Soal Budiman yang tiba-tiba datang menjemput dan menyelamatkan keluarga Suwono ketika final terror dari mayat-mayat hidup. Aku beranggapan, Budiman telah di brainwash usai Batara mendatangi Budiman di rusunnya. Terbukti, rusun keluarga Suwono langsung tetanggaan dengan Batara (Fachri Albar) dan Darminah (Asmara Abigail).

4. Soal Bondi (Nasar Annuz) yang tiba-tiba kesurupan lalu tiba-tiba sadar diri. Ia dirasuki oleh arwah sang nenek yang ingin mencoba melidungi cucu-cucu serta anaknya dari Ian (Muhammad Adhiyat). Makanya Bondi ketika kerasukan ingin sekali membunuh Ian. Dan arwah nenek juga lah yang membantu Bapak, Rini, Toni dan Bondi bisa terbebas dari mayat-mayat hidup yang berhasil menjemput Ian.



5. Soal Ustadz sama sekali tidak membantu Rini ketika diganggu setan. Banyak orang sedikit kecewa ketika posisi Ustadz dalam film ini sangat useless (termasuk gue). Tapi Joko Anwar disini mencoba menjelaskan bahwa Ustadz juga manusia biasa, yang masih bisa merasa shock dan sakit hati karena gara-gara keluarga Suwono lah, Hendra anak satu-satunya itu tewas. Apalagi jarak antara momentum keluarga Suwono kembali diterror mayat-mayat hidup ke momentum Hendra meninggal itu sangat dekat.

6. Soal Batara dan Darminah di ending film. Mereka bisa jadi pimpinan sekte sesat yang ada di kota. Mereka mempunyai anggota yang tersebar luas diseluruh pelosok Indonesia. Hal itu terlihat dari peta yang menempel di dinding serta adanya toples berisi ratusan butir biji saga merah yang tersimpan di rusun mereka. Butiran biji saga merah itu juga yang ditemukan oleh Rini usai mereka mengalami terror dari orang-orang yang mengenakan payung hitam pada malam hari.

7. Soal penggunaan butiran biji saga merah menurutku adalah sebagai penanda lokasi target, calon dan titisan anak setan itu berada dimana.


8. Batara dan Darminah sepertinya mempunyai rencana baru untuk keluarga Suwono setelah Mawarni berhasil membawa anak titisan setan itu dari tangan keluarga Suwono. Atau jangan-jangan punya rencana lain dengan anggota sekte sesat lainnya yang tersebar diberbagai pelosok di Indonesia?

9. Luasnya cakupan cerita yang sengaja dibuat oleh Joko Anwar pada film #PengabdiSetan ini sangat besar kemungkinan untuk dibuatkan kelanjutan ceritanya. Mengingat hype film ini begitu luar biasa. Baru seminggu tayang di bioskop bisa sukses tembus diatas 1.000.000 penonton, banyak reviewer dan kritikus Film Indonesia menyebut bahwa Film #PengabdiSetan ini salah satu Film Horror Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

10. Keseriusan dan dedikasi Joko Anwar membuat ulang Film #PengabdiSetan ini diapresiasi oleh Festival Film Indonesia 2017. Tak tanggung-tanggung, Film ini memborong 13 nominasi FFI yang akan diselenggarakan di Manado pada 11 November 2017 mendatang!


Joko Anwar memang LUAR BIASA! Ia selalu menghadirkan Film yang menjadi pembahasan dan perbincangan seru untuk dibahas terus menerus. Penonton dibiarkan dengan opini dan imajinasi mereka masing-masing usai menonton Film #PengabdiSetan!


[8.5/10Bintang]

45 comments:

  1. Abis nonton aku coba google pnjelasan utk bbrapa prtsnyaan di benak. And i found this. Masuk akal semua bro. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, baru juga nonton langsung cari review,

      Delete
    2. Sama banget... Aku juga penasaran beberapa plot.. Terutama plot trakhir... Gak ngerti hahahha

      Delete
  2. ada 2 lagi pertanyaan...
    1. Apakah Nenek sengaja bunuh diri supaya bisa "bunuh" Ian dan ngelindungin keluarganya ya?
    2. Sebenernya sang Ustadz meninggalnya kenapa sih??? kalo dibunuh sama mayat2 hidup kayanya agak absurd yah... Kalau ga salah sebelum banget adegan Ustad meninggal, ada scene tangan kecil (Ian?) ngambil pisau di meja sambil ketawa2... Apa maksudnya Ian yang bunuh Ustad?? Tapi kenapa ga ada pisau yang nancep di badannya Ustad sih??

    can anyone explain on the above pleaseee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. teori ku sama kayak dirimu sob....
      1. kemungkinan sang nenek udah tahu dengan kesehatannya , dia g bakalan bisa buat ngelindungin keluarganya (membunuh sang titisan) tepat waktu. sehingga dia bunuh diri (mengorbankan dirinya). waktu nonton film ini pertama kali awalnya berfikir 3x percobaan pembunuhan ian dilakuin oleh kelompok pengabdi setan,.. tapi setelah nonton kedua kalinya gw fix kalau bener nenek itu yg berusaha ngebunuh si ian sebelum usia nya ke 7. 3x percobaan itu dan dari awal bonie udah bilang g mau ngebunuh pas ngigo abis shock liat mayat nenek, 1. waktu nonton tv di rumah pak ustad (gagal oleh rini masuk dan mengambil pisaunya). 2. waktu di dalam sumur (gagal karena ada bapak) 3. pas adegan kursi roda terbang, itu buat misahin keluarga dengan ian trus menarik ian ke sumur, eh ternyata masih ada bonie dan angin itu berhenti ketika bonie deketin ian... , si nenek g mau ngorbanin keluarga yang lain... setelah 3x gagal akhirnya si nenek cuma bisa bantu nahan anggota keluarga yg lain (lihat di cermin) disitu pula aku baru sadar kalau hantu di cerita ini ada dua kubu
      2. pak ustadz kemungkinan besar mati oleh ian, waktu ngebunuh dia bukan lagi IAN tapi sudah jadi anak *****, itupun karena ga boleh ada saksi yg selamat (keluarga budiman sudah ada tugas menanti)

      tapi balik lagi itu semua teori penonton sih,... yang punya jalan cerita asli cuma bang joko anwar dan orang dibalik layar

      Delete
  3. Kalau menurut ane. Si nenek itu mati ada 2 kemungkinan. 1) Dia emang bener bener bunuh diri, 2) si nenek ini dibunuh sama ian. Makannya pas ian di toilet si nenek ngebales nyeburin ian kesumur😅

    Dan sbenernya mnurut ane kalau dibandingi setan si ibu sama setan si nenek itu sebernya lebih serem setan si nenek deh. Kalau ibu itu karna pakai baju putih kaya kuntilanak pada umumnya. Tp kalau si nenek itu lebih serem. Coba inget inget pas si nenek ada dikamar bonie dan ian. Pas si nenek ada diatas kepala bonie, dan ian lihat nenek itu. Secara tiba tiba sinenek langsung menoleh ian dengan wajah yg begitu seram. 1 lagi pas adegan si nenek nakutin ian di pintu saat adegan yg tangan hantunya keluar persis film the conjuring, ane pikir (saat lihat trailer) itu hantu ibunya. Ternyata tangan hantu neneknya. Yg paling serem dan berwarna hitam justru yg melindungi dari pada yg berwarna putih😆 #hitamputihtrans7

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurutku bukan ian yang membunuh nenek. Soalnya dari yang kutangkap dari filmnya (kemungkinan besar salah), si Ian itu jadi titisan iblis kalau sudah 7 tahun. Makanya Ian jadi aneh pas umurnya genap 7 tahun.

      Delete
  4. Gak ngerti endingnya doang sih film ini tuh..

    ReplyDelete
  5. Satu lg, kl emg bener Ian yg ngebunuh pak Ustadz, sejak Rini dan keluarga turun dari lantai atas, ga diliatin bagian Ian naik ke lantai atas kan? Kok tiba2 udh di lantai atas? Jeda waktunya pendek banget lagi. Dan ngegoroknya jg baru2 amet, tepat sebelum keluarga itu ketemu Ustadz yg baru aja digorok. Jgn2 Ian terbang ke lantai 2 😱

    ReplyDelete
  6. Kalau mnrt gue sih yg dateng kerumah budiman sbg tukang pijit itu si nenek,bukan si tukang pijit beneran,jd dia minta bantuan budiman buat dtg kerumahnya nolongin anak sama cucu2nya.
    Soalnya pas banget ada si nenek, ehh ada budiman juga. Secara kan mereka itu temen deket,tp sayang mereka gag pacaran 😂

    ReplyDelete
  7. Kalau mnrt gue sih yg dateng kerumah budiman sbg tukang pijit itu si nenek,bukan si tukang pijit beneran,jd dia minta bantuan budiman buat dtg kerumahnya nolongin anak sama cucu2nya.
    Soalnya pas banget ada si nenek, ehh ada budiman juga. Secara kan mereka itu temen deket,tp sayang mereka gag pacaran 😂

    ReplyDelete
  8. Ada yang ingat gak adegan Rini sempat mengambil piringan hitam lagu ibunya dan memutar dengan terbalik terdengar suara brisik aneh... itu relasinya ke adegan yang mana ya kok Rini tiba - tiba ada ide untuk melakukan itu. Dan ada yang tahu gak isi pesannya waktu piringan hitamnya diputar terbalik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntu kayanya ritual "pengajiannya" para sekte pengabdi setan deh. Abis kata2nya aneh gtu... again.. mungkin dibahas di sequelnya (mudah2an beneran ada sequelnya.. amiin)

      Delete
    2. Kalo jeli pas rini muter lagu dia ngelihat stiker di piringan agak terkelupas sedikit jadi langsung ada inisiatif gitu

      Delete
    3. ohh jadi gitu ya... aku baru tau, makasih atas penjelasannya. itu sangat membantu sekali

      Delete
  9. Oh jadi paham gue alurnya,endingnya membingungkan

    ReplyDelete
  10. buat gw yg suka film2 detail, menurut gw sih banyak pertanyaan di ini film, contohnya saat keluarga itu di datengin "zombies" , itu zombie dari mana datengnya, keluar dari kuburan?. terus stelah adegan itu selesai itu zombie kemana? masik lagi ke kuburan? . Klo mau sifatnya mistis mending mistis semua biar lebih scarry, misalnya pake sosok pocong. Penyampaian tentang sekte dan pengikutnya, klo menurut gw lebih bagus pake sedikit scene flashback tentang masa lalu ibunya, ini film kan ditonton bukan cuma sama kru yg udah tau scriptnya. Menurut gw film keren itu film yang penyampaian pesannya JELAS walau pake twist .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin film kan joko anwar, bukan kamu.. Klo mau sesuai dgn pemikiran kamu, kamu bikin aja film sndiri wkwk

      Delete
    2. kayaknya sengaja deh biar nanti keluar yang kedua

      Delete
    3. Justru filmnya yg bagus itu yg jalan ceritanya sulit ditebak, bikin penasaran. Gak mudah di cerna. Penontonnya wajib mikir. Klo males mikir nonton aja film horor indonesia yg ada esek eseknya wkwkwk...

      Delete
  11. Sepakat.. Film ini memang masih banyak menimbulkan pertanyaan.. Bisa jadi sebagai peluang bisnis supaya ada sekuelnya... Dan banyaknya tanda tanya itu bisa jadi kelebihan atau malah kekurangan... Karena malah jadi engga Jelas... Tapi.. Overall.. Film ini termasuk film buatan dalam negeri yang berkualitas.. Jika dibandingkan film bergenre sama...

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Waa sukak sama spoilernya.. Dan makasih juga buat beberapa komen yg bantu spoiler alert nya lbh dalam lagi.. Aku jd tahu sdkit2 maksud dari bbrp adegan yg mungkin krg aku fahamin. Hehe

    ReplyDelete
  14. Fix bakal ada lanjutan dari film ini
    Darminah dan suaminya akan berperan dalam film yg ke 2 nantinya.
    Biji itu menurutku sudah di campur ke makanan keluarga bapak saat ending film.
    Entah untuk apa nantinya pasti akan berlanjut ke dilm yg ke 2.

    ReplyDelete
  15. Kalau adegan petak umpet dengan si nenek dan si nenek meluk ian.mksdnya gmna?

    ReplyDelete
  16. Mungkin sang nenek belum ada rencana ngebunuhnya.

    ReplyDelete
  17. akhirnya gue paham kenapa ada fahri albar di akhir cerita joget2 hhaa.. good kesimpulan borr

    ReplyDelete
  18. Gue suka usaha si sutradara menghadirkan aroma dan situasi tahun 80 an awal bagi gue mengenai banget, disini gue langsung putuskan tuk menontonnya hingga tuntas.

    ReplyDelete
  19. Yg gak gue ngerti itu, peran pak ustad di adegan2 akhirnya. Dia bertamu ke rumah si bapaknya, buat kasi salam perpisahan. Terus diajak minum teh, eh tiba2 mati listrik. Habis itu mulai dah tuh terror hantunya kan. Semuanya kan pada tidur, habis itu diganggu semuanya jadi pada bangun. Eh pak ustadnya masih tidur di meja makan? Lucu kan... Ngapain coba dia tidur di meja makan rumah orang?. Abis itu malah dianya yg diganggu setan, dianya mati ato gak tu?

    ReplyDelete
  20. Pertanyaanku satu, dari awal kan Ian bisu, lalu adegan petak umpet bisa berhitung, kemudian adegan ia pegangan pintu mau ditarik angin Si Ian bisa teriak manggil Boni???

    ReplyDelete
  21. Yang diawal scene yang tiduran itu siapa? Nenek atau ibu?

    ReplyDelete
  22. Yang diawal scene yang tiduran itu siapa? Nenek atau ibu?

    ReplyDelete
  23. Kok aku kasian sama Ian ya.. 😊

    ReplyDelete
  24. iyan main petak umpet ama siapa? klo nenek mau ngebunuh ian, kok waktu main petak unpet nenek girang bangat peluk ian... 🤔

    ReplyDelete
  25. Di film ini sepertinya ada 2 setan.setan baik dan setan jahat.hehe..kl nurut ane gk mungkin nenek bunuh diri u/ jd setan supaya bisa bunuh ian.pasti nenek mati dibunuh ian dan ia jd tau setelah jd setan bahwa ian mrpkn titisan setan.taunya ya dikehidupan2 dunia setan disamping bls dendam ke ian & dia juga pgn menyelamatkan anak cucunya.so slm hidup dipastikan nenek tak tau menau tentang titisan setan

    Kira2 knp titisan setan mesti dibunh ? Kl udh lolos begini 7 tahun kira2 tugas dia apa didunia ini ya ?? Kl tebakan ane si fahri akbar ini raja setan bentuk manusia yg menebar benih titisan anak setan didunia, ya contohnya ke si ibu ini dan ian hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nenek udah tau kalo Ian bakal jadi titisan setan setelah 7 tahun bahkan sebelum si nenek meninggal. Nenek mau ngebunuh Ian sebelum Ian berusia 7 tahun soalnya kalo udah resmi 7 tahun kan bakal jadi titisan setan tuh, nanti dia bakalan ngebunuh dan membahayakan anggota keluarga dia yang lain. Makanya nenek mau ngebubuh Ian supaya menyelamatkan anaknya (si bapak) dan cucu cucunya yang lain. Terus ya, mana ada gt raja setan bentuk manusia..

      Delete
  26. diawal ada adegan ibu sedang tiduran itu, lagi baca apa ya?

    ReplyDelete
  27. Saya mau nanya memangnya kenapa nenek ingin ian mati sblm berusia 7 tahun? Toh sama aja nnti juga ian itu diambil sm setan. Kenapa ya?ada yg bisa menjawab? Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Supaya dia nggak mebahayakan keluarganya, kan kalo dia hidup sampe usia 7 tahun dia bakal jadi titisan setan kan? Nah Ian ini bisa aja ngebuhuh semua anggota keluarganya kalo udah jadi titisan setan.

    ReplyDelete
  29. Kenapa gak dibunuh wkt bayi aja yah, ngapain nunggu umur 7 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mnurut aku ya krn gk ada yg akan tau klo Ian anak terakhir. Kan perjanjiannya yg diambil itu anak terakhir. Klo aja si ibu msih bisa lahirin anak lagi kemungkinan bukan ian yg jd titisan. Sm seperti rini dan adik2nya yg lain. Siibu melahirkan lagi agar anak2 yg dia lahirin gk jadi titisan. Sygnya siibu sakit begitu dan Ian jadi anak terakhir.

      Delete