Friday 29 September 2017

[Review] Pengabdi Setan: Kematian Ibu Membawa Terror Mengerikan Untuk Keluarga!


#Description:
Title: Pengabdi Setan (2017)
Casts: Tara Basro, Bront Paralae, Ayu Laksmi, Endy Arfian, Nasar Annuz, M. Adhiyat, Dimas Aditya, Elly D. Luthan, Arswendi Beningswara, Egy Fedly, Asmara Abigail, Fachry Albar
Studio: Rapi Films & CJ Entertainment

#Synopsis:
Rini Suwono (Tara Basro) terlihat duduk cemas dan sangat berharap masih bisa mendapat royalti album-album ibunya, Mawarni Suwono (Ayu Laksmi) yang kini sudah terbaring sakit selama 3 tahun lebih. Namun sayang, usaha Rini untuk mendapatkan royalti itu gagal. Karena album penjualan album-album dari ibunya sudah sepi peminat. Ditengah kondisi keuangan yang tengah krisis, terpaksa sang ibu dirawat seadanya dirumah mereka. Sang ayah yaitu Suwono (Bront Paralae) bahkan menggadaikan sertifikat rumah mereka untuk bisa bertahan hidup menghidupi keluarga.
Rini mau tak mau harus bisa menjadi pengganti ibu untuk mengurus urusan keluarga dan ketiga adiknya yaitu Toni (Endi Arfian), Bondi (Nasar Annuz) dan Ian (M. Adhiyat). Satu-satunya cara sang ibu untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya untuk meminta bantuan yaitu menggunakan lonceng. Sesegera mungkin salah satu dari anak mereka ketika mendengar bunyi lonceng itu langsung membantu ibunya.
Suatu malam, Rini terbangun karena mendengar suara lonceng. Ketika ia mendatangi kamarnya, sang ibu tiba-tiba tak sadarkan diri lalu menghembuskan nafas terakhirnya. Kondisi sakit yang cukup aneh serta meninggal dalam kondisi yang tidak wajar membuat Bondi dan Ian merasa ketakutan usai ibu mereka dimakamkan. Kekhawatiran Rini semakin bertambah usai sang ayah memutuskan untuk pergi ke Kota untuk mencari nafkah. Otomatis dirumah itu menyisakan Rini, ketiga adiknya dan sang nenek (Elly D. Luthan) yang sehari-sehari menggunakan kursi roda.
Beberapa hari setelah kematian sang ibu dan kepergian sang ayah ke kota, Rini, Tony, Bondi dan Ian merasakan ada sesuatu yang mencoba mengganggu mereka. Rini berfikiran serealitis dan selogis mungkin meskipun sudah diberitahu oleh Hendra (Dimas Aditya) tentang adanya sosok misterius yang mencoba mengganggu kehidupan mereka.
Puncaknya, sang nenek tiba-tiba saja meninggal secara mengenaskan. Setelah kematian itu, Rini menemukan sebuah surat yang ditulis oleh sang nenek yang harus disampaikan pada temannya, Budiman (Egy Fedly). Isi surat tersebut berisi sebuah rahasia yang tidak diketahui oleh Rini dan ketiga adiknya. Sebuah rahasia besar yang dimana salah satu anggota keluarga Suwono terlibat dalam sebuah ajaran sekte sesat.



#Review:
Salah satu masterpiece Film Horror Indonesia pada era tahun 80'an yaitu PENGABDI SETAN (1980) yang diproduksi Rapi Films membuat sineas kenamaan Joko Anwar tertarik untuk membuat kembali Film itu di tahun 2017 ini. Salah satu alasan Joko Anwar membuat kembali film ini lantaran Film PENGABDI SETAN (1980) kala itu menjadi salah satu Film Horror yang paling membekas dalam dirinya ketika ia masih berusia remaja.
Film PENGABDI SETAN (2017) versi Joko Anwar ini (menurut yang sudah nonton versi 1980) mempunyai sedikit perbedaan dengan yang terdahulu. Aku sendiri agak kurang berani nonton versi 1980 karena banyak adegan yg konon bakalan susah buat dilupain. Haha.
Dalam versi terbarunya ini, Joko Anwar lebih mendekatkan filmnya ke arah yg lebih universal dan sedikit taste internasional. Hal itu terlihat lebih universal ketika unsur religi dalam Film PENGABDI SETAN (2017) versi terkini tidak terlalu dominan. Meski begitu, Joko Anwar tetap sukses menyajikan alur cerita yang tak kalah bagusnya dengan versi terdahulu. Plotline dari awal hingga akhir film terasa rapi meskipun ada beberapa bagian cerita masih penuh dengan tanda tanya. Namun hal tersebut tersebut bisa terselamatkan dengan APIK lewat atmosfer horror, jumpscared yg otentik serta plot twist yang cukup bikin shock! Atmosfer horror dalam Film PENGABDI SETAN (2017) sangatlah jempolan! Penggunaan properti, set lokasi yang NIAT, serta penggunaan suara-suara alam seperti hembusan angin, pintu berderit, bunyi lonceng, suasana rumah sepi sangat efektif mengundang bulukuduk merinding! Camera works dan sinematografi Film PENGABDI SETAN (2017) juga bekerja dengan baik dan mahal banget kelihatannya.


Support dari CJ Entertainment digunakan dengan amat baik oleh Joko Anwar dan Rapi Films disini. Tak heran jika Film PENGABDI SETAN (2017) menjadi Film Indonesia PERTAMA yang bisa tayang dalam format 4DX di jaringan CGV Cinemas.
Jumpscared yang dihadirkan Joko Anwar juga tak boleh dianggap murahan. Disini beliau dengan apik menghadirkan serentetan jumpscared yang dimana beberapanya sangat original dan otentik! Gak pernah gue menemukan jumpscared sesimple itu dalam Film Horror Indonesia atau Luar Negeri manapun! Applause!!! Ditengah atmosfer yang tidak mengenakan itu, Joko Anwar tak lupa menghadirkan beberapa sisi humor untuk pencair suasana, mulai dari gigolo, tukang pijat hingga upil semuanya terasa related dengan humor sehari-hari. Meskipun menurutku sisi humor ini ada yang tidak pada tempatnya.
Jajaran pemain memberikan penampilan yang pas! Tara Basro tampak meyakinkan sebagai seorang kakak tertua yang sangat jauh dari sisi keagamaan. Sosok Bapak Suwono yang diperankan aktor asal Malaysia, Bront Paralae berasa terlalu kemudaan menjadi seorang ayah bagi Rini dan ketiga adiknya. Haha. Sosok Hendra yang diperankan Dimas Aditya yang konon sebagai orang yg diam diam menyukai Rini ini juga minim eksplorasi. Sosok Bondi juga tampil agak aneh. Tiba-tiba kayak kesurupan, lalu tiba-tiba jadi kembali seperti biasa. Tapi untungnya ia punya jeritan yang cukup bikin kaget! Ternyata dia toh yang ngejerit! Haha. Pemain terbaik dalam Film PENGABDI SETAN (2017) ini jatuh pada Ayu Laksmi (Sang Ibu) dan Muhammad Adhiyat (Ian). Gue gatau harus bagaimana lagi, aku dan penonton lain dibuat terpesona oleh akting mereka!


Plot twist yang dihadirkan cukup cemerlang meskipun berasa terlalu cepat dihadirkan dan buru buru diselesaikan dipenghujung film. Endingnya memang mampu melampaui tingkat keseraman dari film terdahulunya. Joko Anwar memvisualkan bangkitnya setan (yang sangat khas Indonesia)  mengerubungi rumah Suwono dengan mencekam, ditambah beberapa adegan ala-ala film horror luar! Keren!
Overall, Film PENGABDI SETAN (2017) ini boleh banget dibilang sebagai salah satu Film Horror Indonesia terbaik sepanjang masa! Standar Horror di Film Indonesia menjadi semakin tinggi lagi usai kemarin dilakukan dengan sempurna oleh Film BADOET (2015)!


[8.5/10Bintang]

1 comment:

  1. Sosok Bondi yg aneh itu karena kemasukan arwah neneknya tuh ... Kan neneknya pengen banget njauhin si Iyan dari keluarganya. Makanya si Iyan selalu diganggu arwah neneknya. Sementara yg lainnya selalu diganggu ibunya ...

    ReplyDelete