Wednesday 25 November 2015

[Review] The Hunger Games Mockingjay Part 2: Akhir Kisah Katniss Melawan The Capitol





#Description:
Title: The Hunger Games: Mockingjay Part 2 (2015)
Casts: Jennifer Lawrence, Liam Hemsworth, Josh Hutcherson, Julianne Moore, Natalie Dormer, Sam Claflin, Donald Shuterland, Woody Harrelson, Philp Seymour Hoffman, Stanley Tucci, Willow Shield, Jena Malone, Elizabeth Banks, Mahershala Ali,
Director: Francise Lawrence
Studio: Lionsgate, Color Force


#Trailer:

Official Trailer The Hunger Games: Mockingjay Part 2 (2015)


#Synopsis:
Dimulai ketika District 13 berhasil membebaskan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) dari tahanan The Capitol yang dipimpin Presiden Snow (Donald Shuterland). Namun ternyata Peeta sudah di cuci otak sehingga ia sangat membenci dan ingin membunuh Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence). Karena menurut Peeta, Katniss-lah penyebab dari semua hal yang telah terjadi.
Disisi lain, The Capitol yang dipimpin oleh Presiden Snow terus mengalami tekanan dari para pemberontak. Khususnya dari District 13 yang dipimpin oleh Presiden Alma Coin (Julianne Moore). Karena terus didesak, Presiden Snow kemudian memutuskan memasang perangkap yang biasa ia pasang di arena Hunger Games di area The Capitol. Tujuannya untuk menahan serangan dari District 13. Awalnya Katniss dilarang oleh Presiden Coin untuk ikut terjun ke lapangan, namun karena ia mempunyai niat ingin balas dendam pada Snow, ia memutuskan tetap ikut bersama rombongan lainnya yang dipimpin oleh Captain Boggs (Mahershala Ali) untuk menyerang dan menghancurkan The Capitol.
Dengan bantuan alat pendeteksi perangkap bernama Ho-Lo, rombongan Katniss berhasil melalui beberapa perangkap yang dipasang The Capitol. Namun rupanya perangkap Hunger Games yang dipasang jumlahnya mencapai ribuan dan tersebar diseluruh sudut area The Capitol. Satu persatu dari rombongan Katniss harus gugur karena perangkap itu. Katniss dibuat murka dan semakin membenci Snow setelah melihat satu persatu rekannya berguguran. 
Langkah Katniss dan beberapa rekannya yang tersisa semakin dekat menuju kediaman Presiden Snow. Disaat yang bersamaan pula warga sipil yang tinggal di area The Capitol di-intruksikan untuk mengungsi ke kediaman Snow untuk menghindari serangan para pemberontak.
Namun diluar dugaan Katniss dan Gale, para pemberontak sudah berhasil menguasai area kota The Capitol dan terus membombardir kediaman Snow dengan senjata dan bom. Aksi pemberontak yang terus membombardir area The Capitol membuat banyak warga sipil tewas termasuk salah satu orang yang sangat dilindungi oleh Katniss yaitu adiknya, Primrose (Willow Shield).
The Capitol kini jatuh ke tangan para pemberontak. Kini, orang yang sangat ingin dihancurkan oleh Katniss yaitu Snow berada didepan mata dan siap untuk dieksekusi. Sang Mockingjay yaitu Katniss diberi kepercayaan oleh Presiden Coin untuk menjadi eksekutor Snow.
Dengan rasa balas dendam yang masih menyala dan membara pada Presiden Snow, Katniss akhirnya membuat keputusan. Sebuah keputusan yang cukup mengejutkan dan diluar dugaan.




#Review:
Akhirnya, perjuangan Katniss Everdeen sang Mockingjay telah usai. Semua rasa penasaran yang banyak diberikan pada series sebelumnya terbayar lunas di seri Mockingjay Part 2 ini.
Sama halnya dengan bagian pertamanya yaitu THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 1 (2014) intense action di MOCKINGJAY PART 2 (2015) ini tidak terlalu mendominasi. Namun beruntung, Francise Lawrence berhasil menyajikan ke-minimalisan action ini dengan baik dan ngena. Contohnya part perjalanan menuju istana Presiden Snow dikemas penuh dengan ketegangan. Minimnya action, membuat porsi drama politik, propaganda dan karakter Katniss Everdeen menjadi mendominasi, namun dominasi ketiganya itu semakin terasa kuat di MOCKINGJAY PART 2 (2015) dibandingkan di bagian pertamanya. Namun sisi drama yang menguras emosi kurang tereksplor dengan baik dan cenderung malah hanya sekilas saja. Andaikan part karakter Primrose meninggal lebih dieskplor emosinya dijamin akan membuat MOCKINGJAY PART 2 (2015) ini semakin emosional. Satu hal lagi yang membuat sedikit kecewa yaitu kostum serba merah yang dipakai Katniss Everdeen pada poster karakter MOCKINGJAY PART 2 (2015) tidak digunakan ketika didalam film. Padahal kostumnya bagus banget!


Jennifer Lawrence semakin Girl-on Fire pada MOCKINGJAY PART 2 ini. She's totally perfect with long black-hair! Karakter Katniss Everdeen akan menjadi sosok "superhero" atau panutan baru yang sangat berkesan dan akan dikenang sebagai karakter dalam film paling memukau sepanjang sejarah. Kejutan manis yang dihadirkan diending film merupakan jalan terbaik yang dipilih oleh Francise Lawrence sebagai penutup terbaik untuk salah satu Film Dystopian terbaik, terbesar dan tersukses dalam sejarah film yaitu THE HUNGER GAMES.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment