Friday 6 November 2015

[Review] Misterius: Kali Ini Giliran Terror Sumiyati Yang Menghantui



#Description:
Title: Misterius (2015)
Casts: Elfrita Belliana, Sofia Adios, Lia Waode, M. Iqbal, Ayub Darjam
Director: Muhammad Yusuf
Studio: Triple A Films, Bali Bumerang Films


#Trailer:

Official Trailer Misterius (2015)


#Synopsis:
Lestari (Sofia Adios) ibu dari dua orang anak ini tiba-tiba saja mendapatkan mimpi buruk. Ia bermimpi didatangi oleh sosok perempuan misterius kerumahnya. Mimpi buruk tersebut menjadi kenyataan. Setelah ia terbangun tidurnya, ia benar-benar melihat sosok penampakan perempuan itu dirumahnya. Kedua anaknya yang bernama Wulan (Elfritha Belliana) dan Agus (Ayub Darjam) juga mengalami hal serupa. Mereka diterror oleh sosok perempuan misterius itu. Bahkan membuat Agus kehilangan kesadaran dan mati suri setelahnya.
Tidak tahan dengan terror yang terus menghantui, Lestari kemudian meminta bantuan pada Pak Gozali (M. Iqbal) seorang paranormal untuk mengusir terror dari perempuan misterius itu. Setelah menelusuri dan menggunakan kemampuannya, Pak Gozali membuka rahasia dan penyebab keluarga Lestari diterror oleh perempuan misterius itu. Sosok itu adalah Sumiyati (Lia Waode). Seorang anak yatim piatu yang tak lain dan tak bukan adalah mantan karyawan Lestari. Sumiyati ternyata tewas bunuh diri dirumah sederhana yang tak jauh dari rumah Lestari.
Mengapa Sumiyati menterror keluarga Lestari? Misteri apakah yang tersembunyi dibalik kematian Sumiyati?


#Review:
Muhammad Yusuf is back! Setelah cukup berhasil menterror pecinta horror Indonesia lewat ANGKER (2014). Kini di tahun 2015 beliau kembali menghadirkan horror terbaru nya berjudul MISTERIUS yang konon merupakan salah satu Film Horror Indonesia yang cukup ditunggu kehadirannya.
Dan pada 5 November 2015 kemarin, Film yang (kembali) dibintangi Lia Waode dan M. Iqbal ini tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia. Lantas, bagaimanakah dengan hasil MISTERIUS kali ini?
Untuk segi cerita, masih menggunakan formula fim horror pada umunya yaitu keluarga kecil yang diterror oleh mahluk tak kasat mata. Muhammad Yusuf kembali menunjukkan kemampuannya dalam bercerita yang konon terinspirasi dari kisah nyata ini. Meskipun untuk segi cerita, MISTERIUS ini masih kurang kuat dibandingkan ANGKER (2014). Namun beruntung,  Intense horror seperti biasanya berhasil terjaga dengan baik. Beberapa moment jumpscared nya pun lumayan membuat merinding dibeberapa bagian. Scoring musik dan penataan gambar kali ini juga tampak sangat rapi dibandingkan film sebelumnya.
Sama seperti ANGKER (2014), di MISTERIUS kali ini juga Muhammad Yusuf menggunakan formula khas nya yaitu "Insidious versi lokal". Sangat disayangkan, pengulangan yang dilakukan beliau ini tidak didukung oleh pemain yang memberikan penampilan terbaiknya. Andai saja Lia Waode kembali didaulat menjadi pemain utama mungkin akan jauh "lebih menyenangkan" ketika adegan "Insidious versi lokal" itu dilakukan.
Terlepas dari itu semua, MISTERIUS masih mempunyai nilai lebih untuk sebuah film horror. Scoring musik yang tidak berisik, gambar yang jauh lebih baik serta moment penampakan pada adegan "Insidious versi lokal" yang selalu bikin merinding.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment