Sunday 10 January 2016

[Review] The Danish Girl: Another Incredible Performance From Eddie Redmayne


#Description:
Title: The Danish Girl (2015)
Casts: Eddie Redmayne, Alicia Vikander, Adrian Schiller, Amber Heard, Emerald Fennell, Henry Pettigrew, Claus Bue, Ben Wishaw, Richard Dixon
Director: Tom Hooper
Studio: Focus Features, Artemis Pictures


#Trailer:

Official Trailer The Danish Girl (2015)


#Synopsis:
Ini kisah tentang sepasang suami istri yang berprofesi sebagai seniman pelukis. Mereka adalah Einar Wegener (Eddie Redmayne) dan Gerda Wegener (Alicia Vikander). Keduanya telah menikah selama 6 tahun namun belum dianugerahi momongan. Tapi mereka tak pernah mengeluh, mereka selalu terlihat bahagia dengan aktivitas mereka sebagai seorang seniman lukis.
Einar terkenal akan lukisan-lukisan alamnya, sedangkan Gerda terkenal akan lukisan-lukisan manusianya. Suatu hari, keadaan ekonomi keduanya dilanda krisis. Bahkan lukisan karya Gerda selalu ditolak oleh beberapa galeri untuk dipamerkan.
Tak mau menyerah, Gerda kemudian selalu memperbaiki lukisan-lukisannya. Suatu hari, ketika proses melukis seorang model bernama Elsa (Emerald Fennell) dengan mengenakan gaun indah berwarna biru, sang model datang terlambat. Padahal lukisan itu hampir 100% rampung. Karena tak mempunyai model lain, Gerda meminta bantuan pada suaminya untuk menggantikan Elsa sebagai model lukisan. Awalnya Einar menolak permintaan istrinya itu karena risih harus mengenakan stocking sang model tapi demi rasa cinta, Einar akhirnya mau menjadi model istrinya itu.
Suatu hari, Gerda mendapatkan undangan ke sebuah pesta dari Elsa. Gerda sudah bosan menghadiri pesta dengan sang suami. Ia kemudian iseng meminta sang suami untuk merubah penampilannya sebagai seorang perempuan. Demi sang istri, Einar selalu menuruti keinginan istri tercintanya itu.
Einar terus dilatih oleh sang istri untuk bisa menjadi perempuan. Einar diajari cara berjalan, cara berpakaian, atitude hingga merias wajah. Malam pesta pun tiba. Einar berhasil disulap menjadi seorang wanita cantik bernama Lily Elbe. Nama itu diberikan langsung oleh Elsa dan Gerda pada saat Einar menjadi model menggantikan Elsa pada waktu itu.
Semua mata tertuju Lily Elba. Mereka terpukau dengan kecantikan Lily. Gerda dan Elsa hanya bisa tersenyum dan tertawa melihat Einar kini berubah menjadi wanita cantik bernama Lily. Hingga seorang pria bernama Henry (Ben Wishaw) tertarik dan jatuh hati pada Lily. Einar sangat shocked ketika Henry berusaha menggodanya. Ia kemudian berhasil menghindar berkat bantuan sang istri dan langsung pergi meninggalkan pesta itu.
Gerda dan Einar kemudian memutuskan untuk menghentikan penyamaran Einar sebagai Lily Elba. Namun disisi lain lukisan-lukisan Gerda yang menggambarkan sosok Lily malah laku dipasaran dan disukai pecinta lukisan didunia. Tak hanya itu saja, didalam hatinya Einar muncul sebuah rasa nyaman ketika ia menjadi Lily. Muncul sebuah problematika diantara pasangan suami istri ini. Berbagai cara mereka lakukan untuk menghilangkan jati diri Lily pada diri Einar. Namun hasilnya selalu gagal. Jati diri Lily Elba semakin menguat pada diri Einar dan Einar malah lebih memilih ingin menjadi Lily daripada Einar.
Seiring berjalannya waktu, Gerda mau tak mau harus menerima pilihan yang dipilih oleh Einar. Bagaimanakah akhir kisah dari pasangan suami istri ini?


#Review:
Film-Film yang masuk deretan nominasi Oscar dan Golden Globe tahun 2016 sudah mulai tayang regular di beberapa bioskop dunia. Salah satunya adalah THE DANISH GIRL (2015) yang mempunyai kekuatan pada segi cerita dan pastinya para pemain.
Eddie Redmayne lagi dan lagi memberikan penampilan mengesankannya setelah beliau bermain dalam LES MISERABLES dan THE THEORY EVERYTHING. Beliau begitu MENJIWAI memerankan sosok perempuan bernama Lily Elba. Totalitas yang ia tampilkan sangat layak masuk deretan Nominasi Aktor Terbaik di Oscar maupun Golden Globe. Secara mengejutkan, Alicia Vikander juga memberikan penampilan memukaunya memerankan istri dari Einar. Ketegaran, ketabahan dan kepasrahannya sangat tampil meyakinkan banget. She's will be the next superstar in the future.
Dari segi sinematografi pun THE DANISH GIRL (2015) memberikan visual yang grande dan cantik. Sang cinematographer berhasil memvisualkan spot-spot indah di Eropa dengan gaya Instagram-able abis! Musik scoring yang mengiringi THE DANISH GIRL pun mengalun dengan indahnya disepanjang film.
Overall secara keseluruhan, THE DANISH GIRL memuaskan! Jajaran pemain adalah yang terbaik difilm ini!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment