Wednesday 15 November 2017

[Review] My Generation: Potret Generasi Millenials Dalam Memandang Dunia


#Description:
Title: My Generation (2017)
Casts: Alexandra Kosasie, Arya Vasco, Bryan Langelo, Lutesha, Aida Nurmala, Surya Saputra, Indah Kalalo, Ira Wibowo, Joko Anwar, Tyo Pakusadewo, Karina Suwandhi
Director: Upi
Studio: IFI Sinema


#Synopsis:
Sebuah video di Youtube tiba-tiba menjadi viral di sosial media. Video tersebut berisi empat orang sahabat bernama Orly (Alexandra Kosasie), Zeke (Bryan Langelo), Konji (Arya Vasco) dan Suki (Lutesha) yang mengutarakan pendapat tentang orangtua dan sekolah mereka. Gara-gara video itulah mereka berempat mendapatkan hukuman yaitu dilarang untuk berliburan ke Bali oleh orang tua mereka maisng-masing.
Mendapat hukuman bukannya membuat kapok, Orly, Zeke, Konji dan Suki malah sebaliknya. Mereka semakin kritis dan membuat video serta hal-hal onar berikutnya. Ditambah lagi dengan perbedaan sudut pandang antara keempat sahabat itu dengan orangtuanya masing-masing. Orly yang harus extra sabar menghadapi Ibunya (Indah Kalalo) yang hobi selfie dan tak mau ketinggalan zaman. Konji yang merasa sangat serba dilarang oleh kedua orangtuanya (Joko Anwar dan Ira Wibowo). Suki yang dianggap sebagai anak yang useless dan tak berguna oleh orangtuanya (Surya Saputra dan Aida Nurmala). serta Zeke yang malah dibiarkan oleh kedua orangtuanya (Tyo Pakusadewo dan Karina Suwandhi).
Perbedaan sudut pandang antara anak dan orangtua dalam melihat dunia menghadirkan konflik diantara anak dan orangtua. Tapi, dibalik segala perbedaan itu, mereka juga mau tak mau banyak hal yang harus diselesaikan bersama.

#Review:
Akhirnya gue bisa menyempatkan nonton film ini setelah menempuh perjalanan Bekasi-Karawang. Lantaran perhari ini, jatah layar untuk Film MY GENERATION (2017) di Bioskop Indonesia mulai berkurang drastis lantaran respon penonton bioskop nya sepi. Namun hal itu tak membuat gue mengurungkan niat. Gue percaya, karya-karya Upi sejauh ini belum ada yang mengecewakan.
Setelah bersenang-senang dengan sosok Boss yang super menyebalkan dalam Film MY STUPID BOSS (2016), salah satu sutradara perempuan terbaik Indonesia yaitu Upi Avianto tahun ini menghadirkan sebuah film drama anak remaja millenials lewat MY GENERATION (2017).
Upi memang terkenal dengan film-filmnya yang selalu mengangkat isu sosial yang sedang booming. Lewat Film MY GENERATION (2017) ini, beliau mencoba memotret kehidupan generasi millenials yang cukup related dengan keadaan zaman sekarang.
Perbedaan sudut pandang antara anak dan orangtua di zaman sekarang dalam melihat dunia disini terasa sangat mendalam. Konflik-konflik yang dihadirkan pun memang sering terjadi dikehidupan saat ini. Generasi millenials yang sekarang apa-apa lari ke sosial media begitu divisualkan dengan baik disini.
Namun yang cukup gue terkejut adalah, Upi menghadirkan nama-nama baru untuk jajaran pemeran utamanya. Hal ini sangatlah beresiko, mengingat Alexandra Kosasie, Bryan Langelo, Arya Vasco dan Lutesha belum mempunyai track filmografi sama sekali. Tapi disisi lain, keputusan ini boleh dibilang tepat juga, lantaran jika memakai nama-nama yang sudah famous, sisi generasi millenials nya mungkin tidak akan se meyakinkan Alexandra dan yang lainnya. Untungnya, keempat pemeran utama Film MY GENERATION (2017) ini tampil cukup memuaskan dengan gaya millenials nya. Ditambah lagi dukungan jajaran pemeran pendukung nya yang tampil cukup membantu sisi emosional film ini.
Yang sedikit disayangkan menurut gue adalah perwujudan sosok generasi millenials dalam film ini tergolong generasi millenials "kelas atas" saja. Remaja-remaja yang dimudahkan dalam segala hal dan fasilitas yang diberikan oleh orangtua mereka. Mungkin jika Film ini ditonton oleh orang-orang yang tinggal kota-kota metropolitan, hal-hal rebel yang dilakukan oleh keempat sahabat itu lumrah dilakukan. Tapi, terlepas dari hal itu, Upi tetap mencuri perhatian dengan mengangkat tema drama remaja yang anti-mainstream dan cukup menyentil kehidupan generasi millenials maupun generasi orangtua sekarang.
Jika era 2005-2008an generasi muda yang "rebel" diwakilkan oleh Film REALITA CINTA ROCK N ROLL dan RADIT & JANI, maka era sekarang mungkin Film MY GENERATION yang mewakilinya! Recommended local movie!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment