Tuesday 6 February 2018

[Review] Dilan 1990: Kisah Cinta Dua Remaja SMA Di Bandung



#Description:
Title: Dilan 1990 (2018)
Casts: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Gulio Parengkuan, Debo Andryos, Yuriko Angeline, Zulia Maharani, Refal Hady, Brandon Salim, Gusti Rayhan, Zara JKT48, Happy Salma, Farhan, Tikeu Priyatnakusuma, Ira Wibowo, Yati Surahman
Director: Pidi Baiq, Fajar Bustomi
Studio: Max Pictures, Falcon Pictures

#Synopsis:
Dua minggu berada di lingkungan sekolah baru di Bandung, tak membuat Milea (Vanesha Prescilla) kesulitan untuk beradaptasi. Ia merupakan siswi pindahan dari Jakarta. Dikelasnya, Milea ditaksir oleh ketua kelasnya yaitu Nandan (Debo Andryos). Namun Milea tidak pernah meresponnya lantaran ia sudah memiliki kekasih di Jakarta bernama Benny (Brandon Salim).
Namun suatu hari, disebuah jalan menuju ke sekolah, seorang siswa SMA dengan mengendarai sepeda motor bernama Dilan (Iqbaal Ramadhan) menghampiri dan mengajak berkenalan Milea dengan cara yang cukup unik. Hal itu membuat Milea menjadi sedikit penasaran dengan sosok Dilan. Tak hanya sampai disitu saja, usaha Dilan untuk membuat Milea tertarik kepadanya terus ia lakukan. Hubungan diantara keduanya pun semakin dekat.
Kedekatan keduanya ternyata tak selalu berjalan mulus. Milea selalu dibuat gelisah dengan sikap Dilan yang mempunyai rencana konvoi bahkan tawuran dengan genk motornya. Ia juga selalu terbakar cemburu ketika Dilan didekati oleh Susi (Steffi Zamora). Dilan pun demikian, ia merasa cemburu ketika Milea didekati oleh Kang Adi (Refal Hady) guru les private Milea. Selain rasa saling cemburu, keduanya juga terlibat berbagai konflik yang terjadi disekolah.
Mendengar kabar Milea tengah dekat dengan seorang siswa SMA di Bandung, membuat Benny ikut terbakar cemburu juga. Milea mengambil langkah tegas. Ia lebih memilih Dilan dan mengakhiri hubungannya dengan Benny.
Bagaimanakah kelanjutan kisah cinta Dilan dan Milea?

#Review:
Mendengar kabar novel laris karya Pidi Baiq akan diangkat ke layar lebar, membuat sebagian para penggemar novelnya dilanda kegelisahan. Mereka beranggapan versi filmnya tak akan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Daya imajinasi para pembaca novel karya Pidi Baiq ini memang sangat tinggi dan luas terhadap sosok Dilan dan Milea. Dan benar saja, ketika Falcon Pictures dan Max Pictures bekerjasama akan membuat film DILAN 1990 dan mengumumkan jajaran pemainnya, menimbulkan kontroversi di kalangan pecinta novel DILAN 1990. Keputusan Fajar Bustomi dan Pidi Baiq memilih Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai Dilan dan Milea dianggap kurang tepat karena tak sesuai dengan imajinasi para pembaca dan juga mereka berdua belum mempunyai track record bermain film yang banyak.
25 Januari 2018 akhirnya Film DILAN 1990 (2018) rilis di bioskop nasional. Secara mengejutkan, film ini tak kalah manisnya dengan versi novel. Dalam film ini, Bustomi dan Pidi memperkenalkan sosok Dilan dengan amat baik. Seorang panglima anak geng motor namun ia tetap lembut dan juga mempunyai "senjata" gombalan yang unik. Iqbaal dan Vanesha surprisingly tampil tidak terlalu mengecewakan memerankan sosok Dilan dan Milea. Chemistry keduanya terasa sungguh manis dan natural.
Dibuat sebagai jilid pembuka, Film DILAN 1990 (2018) hanya sebatas memperkenalkan dua karakter utamanya saja. Tak lebih. Yang cukup disayangkan adalah konflik-konflik yang muncul dalam film ini tidak terlalu digali lebih jauh. Beberapa pemain pendukung juga tidak diberi jatah cerita yang banyak. Hanya berfokus pada sosok siapa Dilan dan Milea. Beberapa hal-hal kecil yang cukup "mengganggu" menurutku adalah disepanjang film, Dilan dan Milea tak pernah memakai helm ketika berkendara.  Terus lagi konflik Dilan dengan guru BP dan orang-orang disekolahnya juga terasa cukup berlebihan dan selalu saja diselesaikan dengan amarah.
Untuk segi musik scoring dan sinematografi, menurutku ini adalah film yang paling baik dari Max Pictures dan juga Fajar Bustomi. Segala aspek baik itu gambar, scoring dan musik terasa sangat sederhana tidak berlebihan.
Overall, Film DILAN 1990 (2018) bisa menjadi salah satu film drama romantis yang akan iconic kedepannya. Congratulations sudah meraih 1.6juta lebih penonton dalam waktu kurang dari seminggu tayang di Bioskop!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment