Wednesday 25 November 2020

[Review] Run: Kasih Sayang Tak Biasa Dari Seorang Ibu Kepada Anaknya



#Description:
Title: Run (2020)
Casts: Sarah Paulson, Kiera Allen, Pat Healy, Sara Sohn, Sharon Bajer, Erik Athavale
Director: Aneesh Chaganty
Studio: Lionsgate, Hulu

#Synopsis:
Di usianya yang menginjak 17 tahun, Chloe Sherman (Kiera Allen) bercita-cita ingin masuk ke universitas impiannya. Meskipun kondisi tubuhnya tidak bisa berjalan dan mengandalkan kursi roda, Chloe selalu bersemangat untuk belajar. Keinginan untuk belajar dirumah pun didukung penuh oleh sang ibu yaitu Diane Sherman (Sarah Paulson). Ia selalu menjadi seorang ibu yang berusaha memberikan yang terbaik kepada anaknya. Diane bahkan rela menghabiskan banyak waktu menjadi guru bagi Chloe dalam mempelajari berbagai macam pelajaran sekolah.


Setiap tahunnya, Chloe selalu mendaftarkan diri untuk masuk ke Universitas. Namun kabar baik tak kunjung datang menghampirinya. Namun ia selalu optimis dan kembali belajar bereksperimen menghasilkan karya-karya elektronik sederhana di kamarnya yang kecil.
Hari demi hari terus dilalui oleh anak dan ibu ini. Hingga pada suatu hari, Chloe merasa letih karena berbagai kompilasi penyakit dalam tubuhnya tak kunjung sembuh. Chloe sendiri didiagnosis mengidap Diabetes, Arrythmia Hemochromatosis, Asma dan Paralisis. Kompilasi penyakit itulah yang membuat Chloe tidak bisa berjalan & tubuhnya gampang lemas. Ia kemudian mencoba mencari tahu soal obat-obatan yang selama ini dikonsumsi setelah dirinya tak sengaja menemukan sebuah obat baru dan nampak asing yang baru saja dibeli oleh ibunya.



Ia kemudian mempunyai ide untuk menanyakan perihal obat barunya itu dengan cara mengajak sang ibu pergi ke bioskop. Disaat menonton itulah, Chloe pura-pura izin ke toilet lalu bergegas pergi ke toko farmasi yang letaknya tak jauh dari bioskop. Setibanya disana, Chloe bertemu dengan apoteker Kathy Bates (Sharon Bajer) dan menanyakan soal obat bernama Trigoxin yang baru saja dibeli oleh ibunya. Alangkah terkejutnya Chloe disaat mendapat kenyataan jika obat yang dibeli ibunya itu merupakan obat untuk anjing yang bisa melemaskan otot dan digunakan untuk keadaan darurat saja. Disaat itulah asma Chloe kambuh, sang ibu langsung menghampirinya dan memberikan obat suntik pada Chloe agar ia pingsan.



Ketika tersadar, Chloe sudah berada di kamarnya yang terkunci. Kini ia semakin yakin ada yang tidak beres dengan ibunya. Chloe berusaha mencari pertolongan namun sayang akses komunikasi dan internet yang ada di rumah telah diputus oleh sang ibu. Bahkan akses naik turun tangga untuk Chloe pun ikut dihancurkan oleh sang ibu agar Chloe tidak bisa kabur. Akankah Chloe berhasil memecahkan sosok sang ibu yang mempunyai rahasia?


#Review:
Sutradara Aneesh Chaganty sukses mencuri perhatian lewat debut perdananya dalam menggarap film layar lebar yang berjudul SEARCHING (2018). Kali ini Aneesh kembali menghadirkan sebuah film thriller terbaru berjudul RUN (2020) yang dibintangi aktris populer Sarah Paulson. Lewat film ini, Aneesh lagi-lagi sukses mengajak penonton untuk ikut memecahkan misteri tentang seorang ibu yang over-protective kepada anaknya. Sensasi gregetan disepanjang durasi film kembali dihadirkan dengan sangat baik oleh Aneesh dalam film ini.


Untuk segi cerita, premis soal kasih sayang ibu-anak yang "salah" ini memang sudah banyak dijumpai dalam film-film layar lebar terdahulu, tapi ditangan Aneesh, naskah film RUN (2020) menjadi sangat kuat sekaligus menegangkan berkat permainan emosi dan akting jempolan dari dua bintang utama film ini yaitu Sarah Paulson dan Kiera Allen. Cukup banyak adegan yang sangat berhasil memacu adrenalin penonton. Perkara adegan menelepon, pergi ke apotek dan memanjat atap rumah yang dilakukan Chloe menjadi moment-moment paling luar biasa dalam film ini. Big applause and respectful untuk Kiera Allen! Aku kira dia hanya akting eh ternyata dia penyandang disabilitas betulan. Tak heran jika selama performa menjadi Chloe Sherman, penonton sangat bisa merasakan emosi dan memberikan simpati luar biasa kepadanya. Performa bintang Sarah Paulson pun tak perlu diragukan lagi, perannya sebagai Diane Sherman, ibu yang memiliki jiwa psikopat sukses dilakukannya dengan sangat baik.


Babak akhir yang akhirnya membongkar sosok sang ibu menurutku eksekusinya memuaskan. Secara keseluruhan, film RUN (2020) ini benar-benar padat dan mempunyai klimaks cerita yang to the point. One of the best thriller-horror movie of the year so far.


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment