Tuesday 30 January 2024

[Review] The Beekeeper: Aksi Peternak Lebah Memberantas Kejahatan Tipu Online!

 


#Description:
Title: The Beekeeper (2024)
Casts: Jason Statham, Emmy Raver-Lampman, Josh Hutcherson, Jeremy Irons, Bobby Naderi, Jemma Redgrave, Enzo Cilenti, David Witts, Taylor James, Phylicia Rashad
Director: David Ayer
Studio: Miramax, Metro Goldwyn Mayer Studios, Amazon MGM Studios


#Synopsis: 
Seorang pensiunan guru bernama Eloise Parker (Phylicia Rashad) hidup mandiri di pinggiran kota dengan ditemani oleh Adam Clay (Jason Statham) yang menyewa gudang dan sebagian lahan kecil milik Eloise untuk beternak lebah. Adam sangat berterima kasih karena Eloise telah bersedia menampung dirinya sebagai peternak lebah dan memberikan tempat tinggal yang layak tak jauh dari gudang.


Suatu ketika di siang hari, Eloise menjadi korban penipuan transaksi online dan harus kehilangan semua uang yang ada di rekeningnya, termasuk dana organisasi amal yang mencapai lebih dari dua juta Dollar Amerika Serikat. Eloise terkejut karena tak menyangka dirinya terkena jebakan penipuan online. Karena frustasi berat, Eloise mengambil keputusan bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri. Malam harinya, Adam datang ke rumah Eloise untuk memberikan satu toples madu. Ia terkejut saat melihat Eloise sudah tak bernyawa dan Adam pun ditangkap oleh agen FBI bernama Verona Parker (Emmy Raver-Lampman) yang merupakan anak dari Eloise. Tuduhan Adam sebagai pelaku pembunuhan tidak terbukti karena Eloise resmi dinyatakan melakukan bunuh diri.


Setelah Adam dinyatakan tak bersalah, Verona meminta maaf dan mengungkapkan jika mendiang ibunya itu menjadi korban penipuan online. Namun sayang sindikat penipuan online ini sulit dilacak oleh pihak FBI, sehingga membuat Verona pesimis bisa mendapat keadilan bagi ibunya itu. Adam tak tinggal diam, ia langsung menghubungi sebuah organisasi misterius bernama Beekeepers untuk melacak keberadaan dari komplotan penipuan online tersebut.
Tak membutuhkan waktu lama, Adam berhasil mendapatkan alamat lengkap para penipu yang berada di perusahaan call center bernama United Data Group dan dikelola oleh Mickey Garnett (David Witts). Tak membutuhkan waktu lama, Adam tiba disana dan langsung membakar habis kantor milik Mickey.



Kejadian tersebut akhirnya sampai ke telinga pimpinan United Data Group yaitu Derek Danforth (Josh Hutcherson). Adam mengancam akan segera menemukan keberadaan Derek dan menghancurkannya. Ancaman tersebut membuat Derek sangat ketakutan, ia terpaksa meminta bantuan pada mantan direktur CIA yaitu Wallace Westwyld (Jeremy Irons) untuk melindungi dirinya dan juga seluruh aset yang menjadi sumber kekayaannya. Wallace sendiri merupakan orang kepercayaan keluarga Derek untuk mengelola keamanan perusahaan Danforth Enterprises, termasuk keamanan untuk Jessica Danforth (Jemma Redgrave) ibu dari Derek sekaligus presiden Amerika Serikat yang baru saja dilantik.


Semua benteng pertahanan yang dikeluarkan oleh Wallace berhasil dikalahkan oleh Adam. Verona beserta rekannya, Matt Wiley (Bobby Naderi) dan agen FBI dibuat heran dengan apa yang dilakukan oleh Adam. Mereka ikut penasaran tentang siapa sesungguhnya Adam Clay, karena tidak terdaftar dalam database manapun. Mampukah Adam menyelesaikan misinya untuk mendapat keadilan bagi Eloise?


#Review:
Aktor spesialis film laga yaitu Jason Statham kembali hadir meramaikan bioskop di awal tahun ini lewat film berjudul THE BEEKEEPER (2024). Bagi para pecinta film action, film yang turut dibintangi Josh Hutcherson ini disutradarai oleh David Ayer, kreator film FURY (2014) dan SUICIDE SQUAD (2016). Sejak perilisan perdana di bioskop pada pertengahan Januari lalu, film THE BEEKEEPER (2024) sukses mencetak blockbuster dengan pendapatan secara global sebesar 106 juta Dollar Amerika Serikat.


Untuk segi cerita, film THE BEEKEEPER (2024) menggunakan treatment sederhana yang sekilas mengingatkan penonton akan film JOHN WICK (2014). Jika di film yang dibintangi Keanu Reeves itu kehilangan anjing kesayangannya, di film THE BEEKEEPER (2024) ini amarah karakter Adam Clay terpancing karena kematian Eloise Parker dan menuntut balas dendam dengan melakukan hal-hal berbahaya. Untungnya, sang penulis skenario yaitu Kurt Wimmer tak sepenuhnya mengikuti formula yang ada di franchise film 'John Wick' untuk mengembangkan cerita di film ini. Alur cerita sangat rapi dan intensitas ketegangan serta tantangan yang dilewati Adam Clay semakin meningkat dari awal sampai akhir film. David Ayer berhasil menjaga tempo cerita agar penonton tidak bosan. Yang tak kalah menarik bagiku, definisi The Beekeeper dan sarang lebah yang ada di film ini juga tak disangka bisa terkoneksi dengan apa yang dilakukan oleh Adam Clay demi Eloise Parker. Penjelasan tentang organisasi serta motivasi dari setiap karakter di film ini benar-benar matang dan kuat.
Untuk jajaran pemain, penampilan Jason Statham di film ini terasa seperti ajang menebus dosa dari beberapa film yang dibintanginya di tahun lalu. Serangkaian adegan aksi serta range emosi yang ditampilkan di film ini sangat realistis dan mudah dicintai oleh para penonton. Penampilan Josh Hutcherson sebagai villain yang punya banyak channel untuk melindungi bisnisnya pun memuaskan. 
Overall, film THE BEEKEEPER (2024) menjadi pembuka film action Hollywood terbaik di tahun ini dan menjadi salah satu film terbaik yang dibintangi oleh Jason Statham. Good job!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment