Wednesday 24 April 2013

[Review] Mamá: Kasih Ibu Sepanjang Masa Versi Horror


#Description
Title: Mamá (2013)
Casts: Jessica Chastain, Nikolaj Coster-Waldau, Megan Charpentier, Isabelle Nélisse, Daniel Kash, Javier Botet, Jane Moffat
Director: Andrés Muschietti
Studio: Universal Pictures


#Trailer:

Official Trailer Mama (2013)


#Synopsis:
(SPOILER ALERT) Dua anak kecil sekaligus kakak beradik bernama Lily & Victoria (Megan Charpentier & Isabelle Nélisse) menjadi korban permasalahan ekonomi yang dialami oleh keluarga nya. Sang ayah bernama Jeffrey yang sudah tak tahan dengan kondisi ini membunuh Istri nya kemudian kabur membawa Lili & Victoria yang entah kemana tujuannya. Akan tetapi, ketika di perjalanan, mobil yang mereka kendarai jatuh ke jurang. Beruntung, ketiga nya selamat dan ketika mencari tempat perlindungan dari dinginnya salju, mereka menemukan sebuah kabin tua. Merasa moment yang pas, Jeffrey pun berencana bunuh diri di kabin tersebut dengan lebih dahulu membunuh Lily & Victoria. Ternyata, ketika akan membunuh anaknya, Jeffrey ternyata diserang oleh mahluk misterius. Lily & Victoria bingung dengan hilangnya Jeffrey dan mereka tinggal disana bersama sosok misterius tersebut.
Lima tahun kemudian, Lucas (Nikolaj Coster-Waldau) mendapatkan kabar mengejutkan. Selama bertahun bertahun mencari jejak dimana keponakan nya terbayar sudah. Victoria & Lily ditemukan hidup disebuah kabin tua ditengah hutan namun dengan kondisi yang sangat mengenaskan, perilaku mereka seperti hewan liar. Mereka dibawa, diawasi dan direhabilitasi dibawah Psikiater bernama Dr. Dreyfuss (Daniel Kash). Hasil penelitian sementara yang dilakukan Dr. Dreyfuss mengatakan bahwa Lily & Victoria selama lima tahun tinggal disana mereka menciptakan sosok teman imajinasi yg mereka beri nama "Mama".
Dr. Dreyfuss menyarankan kepada Lucas beserta kekasihnya Annabel (Jessica Chastain) untuk merawat Lily & Victoria disebuah rumah yang sudah Dr. Dreyfuss sediakan.
Victoria termasuk cepat beradaptasi kembali menjadi "manusia sebenarnya" sedangkan Lily masih saja bertingkah liar layaknya hewan. Annabel mulai merasakan keganjilan dirumah tersebut seperti melihat bayangan hitam yang mengawasi, lampu yang tiba tiba mati kemudian menyala, dan suara nyanyian nyanyian aneh yang terdengar dari kamar Lily & Victoria.
Beberapa fakta menyeramkan pun berhasil diungkap Dr. Dreyfuss. "Mama" yang sering diucapkan Lily & Victoria bukanlah sosok imajinasi melainkan arwah penasaran seorang ibu yang mencari keberadaan anaknya dan menemukan pengganti anaknya pada Lily & Victoria yang ditemukannya didalam kabin tua lima tahun yang lalu. "Mama" pun mulai cemburu dengan kasih sayang yang diberikan Lucas & Annabel pada  Lily & Victoria, bahkan tak segan segan "Mama" bisa menyakiti siapapun yang mencoba menghalangi curahan kasih sayangnya pada Lily & Victoria.


#Review:
Ketika film ini dirilis awal tahun lalu, banyak review dari reviewers di dunia maya memuji film horror ini. Harus diakui Mama ini memang bagus dalam semua aspek. Horror nya pas tak berlebihan.
Untuk segi cerita, Mama ini lumayan unpredictable, karena endingnya seperti kisah dongeng. Diawal film menuju pertengahan, intense ketegangan nya cukup menyeramkan  dimana sosok "Mama" ditampilkan secara sekilas dan membuat penasaran. Akan tetapi, menuju ending kisah ini seperti berubah haluan menjadi kisah dongeng yang mengharukan ketika terbongkar siapa sosok "Mama" sebenarnya dan itu semua terkesan terburu buru untuk disudahi.
Untuk segi casts, penampilan artis cilik Megan Charpentier & Isabelle Nélisse sebagai Lily & Victoria sangat total,dan terlihat alami. Lihat saja scene ketika mereka masih liar sungguh natural sekaligus mengenaskan. Kehadiran Jessica Chastain difilm ini terlihat hanya sebagai pelengkap saja tetapi dengan akting yang tidak mengecewakan juga.
Untuk segi sinematografi dan visual effect, film ini memberikan visualisasi klasik dimana unsur kelam dan gelap sangat terasa disetiap scene. Two thumbs up untuk efek CGI pada sosok "Mama" yang terlihat menyeramkan pada tiap scene nya.
Overall, Film Mama ini mempunyai cerita yang kreatif dan menunjukkan bahwa memang benar kasih ibu memang tak terhingga sepanjang masa meskipun berbeda alam. Oia, penasaran juga bagaimana kelanjutan kisahnya yang konon kabarnya Universal Studios akan membuatkan sekuelnya!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment