Thursday 30 May 2013

[Review] Sang Kiai: Sebuah Film Perjuangan & Nasionalisme Yang Religius


#Description:
Title: Sang Kiai (2013)
Casts: Ikranagara, Adipati Dolken, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Meriza Febriani, Dimas Aditya dll
Director: Rako Prijanto
Studio: Rapi Films



#Trailer:


#Synopsis:
Kisah Sang Kiai dimulai pada tahun 1942, tepatnya pada saat kedatangan Jepang ke Indonesia. Awalnya Rakyat Indonesia gembira ketika Jepang datang ke Indonesia karena Jepang menyuarakan bahwa mereka adalah saudara tua. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Tujuan sesungguhnya Jepang ke Indonesia adalah menjajah bukan untuk membebaskan Indonesia dari jajahan Belanda. Rakyat kembali terjajah dan Jepang berhasil menjajah Rakyat Indonesia. 
Penjajahan Jepang menyebar ke seluruh Pulau Jawa, Puncaknya ketika Hasyim Asyari (Ikranagara) Ketua Pesantren Tebuireng ditangkap oleh penjajah Jepang karena dituduh telah memicu kerusuhan di Pabrik Cukir. Pesantren Tebuireng terpaksa merelakan kepergian Hasyim Asyari karena tak bisa melawan penjajah Jepang yang lengkap dengan senjata modern. Untuk sementara waktu kepemimpinan Pesantren Tebuireng dipimpin oleh Wahid Hasyim (Agus Kuncoro).
Hari demi hari dilewati, para santri dan pengurus di Pesantren Tebuireng membuat rencana yang lebih diplomatis dan halus untuk melawan Jepang dan membebaskan Hasyim Asyari. akan tetapi Tiga Santri Tebuireng yaitu Harun (Adipati Dolken), Khamid (Royhan Hidayat), dan Abdi (Ernestan Samudra) mempunyai rencana berbeda yaitu dengan kekerasan dalam mengusir Jepang. Ternyata rencana Harun tersebut salah dan malah membuat semakin banyak korban berjatuhan.
Jepang pun membebaskan Hasyim Asyari. Tetapi Jepang membuat rencana baru untuk menaklukan Rakyat Indonesia yaitu membuat gerakan Masyumi yang dipimpin Hasyim Asyari dengan program melipat gandakan hasil bumi.Yang tujuannya untuk memperbanyak stok hasil bumi untuk berperang dengan sekutu. Rupanya Hasyim Asyari juga mempunyai rencana lain dalam keikutsertaan nya dalam gerakan Masyumi.


#Review:
Setelah sosok BJ Habibie, Soegija dan Ahmad Dahlan diangkat ke layar lebar, kini sosok Pendiri Nahdatul Ulama K.H Hasyim Asyari diangkat ke layar lebar oleh sutradara Rako Prijanto. Ketika saya membeli tiket dihari dan jam pertama tayang di Bioskop satu satunya di Tasikmalaya, Film Sang Kiai ini mendapat respon yang sangat besar! Terbukti di jam pertama tayang seat penonton dari A-H FULL! Mayoritas penonton tadi kebanyakan dari kalangan bapak bapak ibu ibu dan juga keluarga.
Untuk segi cerita, Film Sang Kiai ini seperti Film Soegija, dimana bukan sebuah Film Biografi yang menceritakan satu tokoh semasa hidupnya. Film ini ceritanya kompleks, tentang perjuangan kemerdekaan, pendidikan dan keagamaan. Mungkin karena ceritanya kompleks, sosok dan kisah  KH Hasyim Asyari tidak  terlalu menonjol justru kisah perjuangan dan tokoh pendukung lain yang lebih menonjol dan mencuri perhatian dalam Film Sang Kiai ini.
Untuk segi cast, Pak Ikranagara begitu apik dan tenang dalam memerankan KH Hasyim Asyari. Ibu Christine Hakim juga cukup pas memerankan Istri dari KH Hasyim Asyari. IMO Karakter Fiktif Harun yang diperankan Adipati begitu mencuri perhatian sepanjang film ini. Sisi Heroik dan Akting nya begitu total dan natural. Penampilan nya sangat berbeda dari film film yg ia bintangi sebelumnya.
Untuk segi setting lokasi dan waktu, Film ini begitu detail. Suasana tahun 40-50an terlihat natural, pemandangan hamparan sawah, stasiun kereta uap begitu detail. Jangan lewatkan juga adegan peperangan di film ini begitu fantastis! Sound dan Visual nya begitu menggelegar! Tetapi Visual Efek ketika karakter Dimas Aditya memanjat atap rumah masih sangat kasar. Selebihnya memukau! Sangat wajar biaya produksi film ini yang konon katanya memakan milyaran.
Two Thumbs Up untuk Soundtrack Sang Kiai yang dibawakan Ungu ini, begitu menyentuh dan membuat merinding!
Overall, Film Sang Kiai sangat layak untuk ditonton dibioskop! Ini Film Perjuangan Indonesia penuh dengan edukasi!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment