Thursday 20 June 2013

[Review] Refrain: Antara Cinta & Sahabat


#Description:
Title: Refrain (2013)
Casts: Afgan, Maudy Ayunda, Chelsea Elisabeth Islan, Maxime Bouttier, Stephanie Nepa, Aditya Firmansyah
Director: Fajar Nugros
Studio: Maxima Pictures



#Trailer:



#Synopsis:
Ini kisah tentang dua sahabat Niki (Maudy Ayunda) cewek gaul, girly yang juga anggota cheers di sekolahnya dan Nata (Afgan) cowok cuek, realistis, gemar menyimpan perasaan tapi mempunyai bakat dalam bidang musik. Bersahabat sejak dari anak anak ternyata ada warna yang berbeda ketika mereka menginjak bangku SMA. Hadir sosok Annalise (Chelsea Elisabeth Islan) yang merupakan anak pindahan dari sekolah lain yang mempunyai hobi fotografi. Niki langsung akrab dengan Annalise ketika tahu kalau Annalise itu anak dari seorang Super Model Dunia yang diidolakan nya.
Ketiga nya pun menjadi bersahabat dekat, setiap ada tugas mereka selalu mengerjakan bersama sama, sampai waktu senggang pun mereka selalu habiskan bersama. 
Dari kebersamaan dimasa puber itu ternyata menghadirkan sebuah perasaan suka satu sama lainnya. Nata memendam perasaan pada Niki tetapi dia tidak berani mengutarakannya, sama dengan Annalise, menyimpan rasa sayang pada Nata tetapi tidak berani juga mengutarakannya.
Ketika Nata akan menyampaikan perasaan nya pada Niki, Niki sudah duluan jadian dengan Oliver (Maxime Bouttier) Kapten Tim Basket dari sekolah lain. Nata pun mengatasi kecemburuan dan kegalauan nya dengan diam dan mencurahkan semua perasaan nya dalam selembar kertas yang dibungkus dengan amplop biru karena tidak ingin merusak persahabatan mereka. Annalise pun demikian, dia hanya diam dan hanya mengkoleksi semua foto Nata dan "Obat Cacing" yang diberikan Nata.
Semua perasaan mereka terbongkar ketika Nata dan Niki mengunjungi Annalise yang tidak masuk sekolah. Persahabatan mereka pun renggang. Nata dan Niki saling menjauh, Niki ingin menganggap Nata hanya sebatas sahabat saja dan memilih Oliver. Tetapi Annalise bisa menerima keputusan Nata dan mereka pun tetap bersahabat.
Setelah mengetahui perasaan Nata, Niki pun menjadi dilema, Oliver pun mulai kecewa dengan sikap Niki yang berubah. Untuk mengatasi patah hati nya, Nata pun berencana setelah lulus SMA akan melanjutkan studi ke Austria untuk melupakan Niki. Akankah Cinta Nata dan Niki bersatu?


#Review:
Untuk segi cerita, Film Refrain ini tergolong ringan yaitu tentang kisah cinta yang bermula dari persahabatan. Meskipun sangat klise, beruntung Fajar Nugros dan Haqi Achmad cukup berhasil membuat kisah cinta ini menjadi lebih indah, menarik dan tidak berlebihan. Lihat saja penggambaran masa masa SMA di film ini begitu terasa kuat ditambah dengan konflik konflik sederhana ala anak sekolahan. Indahnya persahabatan ketiga karakter utama difilm ini juga begitu terasa dan mencuri perhatian! Salah satunya itu pada saat adegan bolos sekolah. Akan tetapi kehadiran Geng Helena cukup terasa mengganggu dan jatuhnya seperti FTV.
Untuk segi casts, kualitas akting seorang Maudy Ayunda memang semakin meningkat dan memukau. Memerankan sosok Niki yang girly, genit dan gaul begitu natural diperankannya. Difilm kedua nya, Afgan juga terlihat ada peningkatan nya walaupun ada beberapa ekspresi yang masih terlihat sama akan tetapi ekspresi galau yang ditunjukkan oleh Afgan cukup berhasil dilakukannya. Debut Chelsea Elizabeth Islan juga cukup meyakinkan dalam memerankan Annalise, Ekspresi sedihnya cukup terasa dan natural.
Untuk segi setting lokasi, tidak ada masalah cukup pas dengan pengambilan gambar yang memikat, akan tetapi ketika setting lokasi berpindah ke Austria, sangat disayangkan kualitas gambarnya sangat kurang tertata rapi dengan baik. Product placement pembersih muka dalam Film Refrain ini juga ada dibeberapa part yang cukup mengganggu.
Untuk segi Music Scoring cukup pas. Cinta Datang Terlambat dari Maudy Ayunda begitu "menusuk nusuk hati" ketika dimainkan dalam film ini. Untuk lagu "Sabar" dari Afgan ada disatu part terlalu lama dimainkan dan mengganggu dialog antar karakter & untuk lagu "Refrain" yang dibawakan Nata di Austria begitu Indah!
Overall, terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, Film Refrain ini cukup menarik dan layak disaksikan dibioskop, siap siap juga dengan dialog dialog "jleb" yang diucapkan dari Nata, Niki dan Annalise disepanjang film yang sukses diracik oleh Fajar Nugros dan Haqi Achmad!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment