Thursday 5 December 2013

[Review] 99 Cahaya Dilangit Eropa: Menelusuri Kejayaan Islam Di Benua Eropa



#Description:
Title: 99 Cahaya Dilangit Eropa (2013)
Casts: Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Raline Shah, Geccha Tavvara, Dewi Sandra, Nino Fernandez, Alex Abbad, Marissa Nasution, Dian Pelangi, Hanum Rais, Fatin Shidqia
Director: Guntur Soeharjanto
Studio: Maxima Pictures



#Trailer:



#Synopsis:
Hanum Rais (Acha Septriasa) merasa bahagia bisa menemani Sang Suami, Rangga Almahendra (Abimana Aryasatya) melanjutkan pendidikannya di Wina Austria. Akan tetapi kebahagiaan tersebut mulai memudar setelah 3 bulan, dimana Hanum mulai tampak bosan dengan suasana Wina Austria dan berniat kembali pulang ke Indonesia. Ketika diperjalanan tak sengaja Hanum melihat seorang wanita berjilbab yang ditolak ketika akan melamar pekerjaan disebuah toko dan mereka pun berkenalan. Wanita tersebut bernama Fatma Pasha (Raline Shah) seorang agen muslim yang tinggal di Wina Austria. 
Perkenalan Hanum dengan Fatma Pasha rupanya membuat Hanum semakin penasaran dengan sosok Fatma Pasha yang begitu sabar dalam menghadapi semua masalah dan begitu kuat iman nya ditengah sebuah negara yang dimana Islam adalah minoritas. Disinilah awal mula Hanum diajak mengenal sejarah islam di Benua Eropa oleh Fatma beserta anaknya Aesha (Geccha Tavvara).
Disisi lain, Rangga Almahendra dituntut harus bisa bersabar dalam menghadapi lingkungan disekitar kampusnya yang memang sangat minim tentang nuansa islam. Konflik konflik dilematis tentang sholat, puasa, kepercayaan dan kekuatan iman mencoba datang mengganggu Rangga.
Akankah Hanum dan Rangga bisa bertahan disebuah benua yang mayoritas akan umat muslim? Bagaimana dengan keteguhan iman mereka ketika banyak godaan menghampiri?


#Review:
Bulan Desember 2013 telah tiba! Salah satu Film Indonesia Bulan Desember 2013 yang sangat ditunggu akhirnya dirilis hari ini 5 Desember 2013 yaitu 99 Cahaya Dilangit Eropa! Diangkat dari Novel Best Seller karya sepasang suami istri Hanum Rais & Rangga Almahendra.
Untuk segi cerita, diawal Film 99CDLE ini kita diajak seperti berwisata menelusuri jejak islam di Benua Eropa. Ternyata dibalik megahnya Benua Eropa terdapat sebuah sejarah kemenangan muslim turki didaratan Eropa mulai dari sebuah bukit di Austria yang merupakan saksi bisu kejayaan Islam di Eropa, kemudian lafadz tauhid dalam simbol simbol agama non-muslim, hingga misteri mengapa patung Napoleon di Gerbang Brandenburg yang menghadap lurus ke barat. Mungkin scene sepanjang menelusuri jejak islam ini terlalu lambat beruntung akting Acha Septriasa, Raline Shah, Abimana Aryasatya hingga Dewi Sandra cukup berhasil membuat segar. Menuju pertengahan hingga akhir scene klimaks cukup berhasil menguras emosi disajikan dalam film ini.
Untuk segi casts seperti biasa jajaran bintang papan atas hadir dalam film ini. Chemistry Acha-Abimana sebagai pasangan suami istri cukup pas meskipun ada dibeberapa scene terlihat kurang, Chemistry antara ibu-anak yang dilakukan Raline Shah dan Geccha Tavvara cukup meyakinkan. Akting pendukung film ini seperti Nino Fernandez, Alex Abbad, Marissa Nasution, Pemain Bule hingga Dewi Sandra cukup mencuri perhatian. Terutama Dewi Sandra. she's totally awesome! Oia kehadiran Fatin Shidqia dalam film ini sangat berhasil membuat satu studio terkejut! Tebak apa yang dia lakukan?! :D
Untuk segi visualisasi dan musik, 99CDLE ini berhasil menggambarkan indahnya benua eropa begitu bening dan tajam. Music scoring yang dimasukkan kedalam film cukup pas dan grande. CAN'T WAIT FOR 99 CAHAYA DILANGIT EROPA PART II!
Overall, Sangat disayangkan jika melewatkan Film 99 Cahaya Dilangit Eropa dibioskop! Ayo rasakan Islamic Europe Experience!

[7.5/10Bintang]

2 comments:

  1. mungkin maksudnya minoritas kali ya, bukan mayoritas :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak sorry typo! x_x but thanks for correcting :) *brb editing*

      Delete