Sunday 5 January 2014

[Kaleidoskop] 9 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2013



Akhirnya.. Tahun 2013 telah usai. Dan pemenang Top #1 Box Office Indonesia 2013 jatuh kepada Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (Soraya Films). Namun, tak hanya TKVDW saja yang sukses mencuri perhatian dan dipuja-puji oleh kritikus film, ditahun ini menurut saya ada beberapa Film Indonesia lainnya juga yang sukses mencuri perhatian, berikut 9 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2013 versi saya..



1. Belenggu (2013) [8/10Bintang]
Film Indonesia bergenre thriller psikologis karya sutradara Upi ini sukses mencuri perhatian saya dan mungkin beberapa penikmat Film Indonesia lainnya diawal tahun 2013 lalu. Cerita tentang pembunuhan sadis yang dilakukan oleh seseorang berkostum kelinci disebuah kota kecil. Belenggu dimainkan dengan sederet aktor aktris terbaik seperti Abimana Aryasatya, Imelda Therinne, Laudya Cynthia Bella, Jajang C. Noer, Verdi Solaiman dan Bella Esperance.
Belenggu berhasil mendapatkan beberapa piala penghargaan dibeberapa ajang penghargaan perfilman indonesia seperti dari Indonesia Movie Awards 2013, Festival Film Indonesia 2013, Piala Maya 2013 dll.

2. Samudra Hotel 308 (2013) [7.5/10Bintang]
Film Indonesia bergenre horror karya Jose Poernomo ini sukses memberikan angin segar untuk genre horror indonesia dimana selama beberapa tahun ini film horror indonesia sudah tercemar dengan sensualitas dan komedi. Cerita tentang kisah mistis kamar 308 yang konon dihuni oleh Nyi Roro Kidul. Samudra Hotel 308 dimainkan oleh Shandy Aulia, Denny Sumargo, Kartika Putri, Gilang Dirga, Sylvia Fully, Kimberly Ryder, Marcell Domits.
Prestasi yang berhasil dicapai Samudra Hotel 308 ialah tayang di Screamfest International Festival di Los Angeles Amerika Serikat dan berada di posisi No.8 Top #10 Box Office Indonesia 2013.

3. Moga Bunda Disayang Allah (2013) [7.5/10Bintang]
Film Indonesia bergenre drama keluarga karya Jose Poernomo yang tayang dimusim libur lebaran 2013 ini sukses mencuri perhatian saya. Diangkat dari Novel karya Tere Liye ini bercerita tentang seorang pria pemabuk yang harus mengajarkan seorang anak perempuan dari keluarga kaya raya yang tidak bisa berbicara, mendengar dan melihat. Dimainkan oleh Fedi Nuril, Chantika Zahra, Shandy Aulia, Alya Rohali dan Donny Damara.

4. 9 Summers 10 Autumns (2013) [9/10Bintang]
Film Indonesia bergenre drama keluarga karya salah satu sutradara terbaik di Indonesia, Ifa Isfansyah ini sukses membuat saya terkagum kagum. Diangkat dari Novel yang berjudul sama ini bercerita tentang perjalanan seorang anak yang berasal dari Batu Jawa Timur meraih kesuksesan hingga bisa bekerja di Amerika Serikat. Dimainkan secara apik oleh Ihsan Tarore, Dewi Irawan, Alex Komang, Dira Sugandi.
Prestasi yang diraih Film 9 Summers 10 Autumns ini masuk dan menang nominasi dibeberapa ajang penghargaan bergengsi untuk perfilman indonesia seperti Festival Film Indonesia 2013, Festival Film Bandung 2013, Piala Maya 2013 dll.

5. Air Mata Terakhir Bunda (2013) [8/10Bintang]
Film Indonesia bergenre drama keluarga karya Endri Pelita ini sukses membuat saya terharu ketika menontonnya. Bercerita tentang seorang ibu yang membesarkan kedua anak laki-lakinya ditengah bencana lumpur lapindo yang menimpa mereka. Dimainkan secara emosional dan menjiwai oleh Happy Salma, Vino G Bastian dan Rizky Hanggono.
Meskipun tergolong Film Indonesia yang sepi penonton dan tidak masuk Top #10 Box Office Indonesia 2013. Tetapi dijamin akan menyesal sekali kalau tidak menonton film ini. 

6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013) [9/10Bintang]
Film Indonesia bergenre biografi dan drama karya sutradara berbakat Hanung Bramantyo sukses membuat masyarakat Indonesia penasaran dengan film ini. Bercerita tentang sosok Soekarno dari masa kecil hingga era proklamasi kemerdekaan ini dieksekusi dengan baik dan memuaskan oleh Hanung Bramantyo. Dimainkan secara apik oleh Ario Bayu, Maudy Koesnaedy, Lukman Sardi, dan Tika Bravani.
Meskipun ada beberapa pihak yang tidak menyukai karya Hanung Bramantyo ini hingga membawa nya ke jalur meja hijau, tapi tetap Film Soekarno sampai postingan ini dibuat, penonton nya masih ramai.

7. Laura & Marsha (2013) [8.5/10Bintang]
Film Indonesia bergenre drama roadmovie karya sutradara Dinna Jasanti ini sukses membuat saya terpukau disepanjang film. Bercerita tentang dua orang sahabat yang melakukan tour wisata keliling Benua Eropa. Dimainkan secara totalitas oleh Adinia Wirasti dan Prisia Nasution. Terima kasih Dinna Jasanti telah membuat saya ingin pergi ke Eropa!
Film Laura & Marsha ini sukses masuk nominasi dibeberapa ajang penghargaan perfilman indonesia. Puncaknya, Adinia Wirasti menang sebagai Aktris Utama Terbaik di Festival Film Indonesia 2013.

8. Refrain (2013) [7.5/10Bintang]
Film Indonesia bergenre drama romantis karya sutradara Fajar Nugros ini bercerita tentang persahabatan, percintaan dan cinta segitiga yang sederhana khas remaja masa kini. Diangkat dari teenlit laris berjudul Refrain karya Winna Effendi. Dimainkan oleh Maudy Ayunda, Afgan dan Chelsea Islan. Dialog-dialog yang cukup "ngena" dari Haqi Achmad ini membuat saya bolak-balik menonton kebioskop untuk film ini hingga lima kali.
Sampai postingan ini dibuat, Film Refrain berada di No.10 Top #10 Box Office Indonesia 2013.

9. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013) [9/10Bintang]
Salah satu Film Indonesia ditahun 2013 yang paling saya antisipasi dan ditunggu-tunggu akhirnya rilis 19 Desember 2013 lalu. Bercerita tentang kasih tak sampai akibat adat istiadat ini sukses membuat saya dan mungkin penonton lainnya terharu sepanjang film. Dimainkan secara sempurna oleh aktor-aktris muda berbakat Herjunot Ali, Pevita Pearce dan Reza Rahadian. Dengan durasi panjang, chemistry pemain utama yang memikat serta cerita klasik yang luar biasa tak heran sampai postingan ini dibuat, TKVDW berhasil meraih 1.000.000 penonton lebih diseluruh Indonesia dan menjadi No.1 Top #10 Box Office Indonesia 2013.

Overall, dari ke-9 Film Indonesia diatas saya memutuskan bahwa Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah Film Indonesia Paling BERKESAN dan MENCURI PERHATIAN ditahun 2013.

0 comments:

Post a Comment