Tuesday 28 January 2014

[Review] The Philosophers: Mari Bereksperimen Filosofi & Pikiran



#Description:
Title: After The Dark (2014)
Casts: Bonnie Wright, James D'Archy, Sophie Lowe, Maia Mitchell, Katy Findlay, Daryl Sabara, Rhys Wakefield, Freddie Storma, Eryn Moriarty, Cinta Laura Kiehl, Jacob Artist, George Blagden, Hope Olaide, Phillipa Coulthard, Toby Sebastian, Melissa Le-Vu, Abhi Sinha.
Director: John Huddles
Studio: An Olive Branch Production, Surya Citra Televisi (SCTV)



#Trailer:



#Synopsis:
20 pelajar remaja sekolah internasional di Jakarta mendapatkan tantangan dari Dosen Filosofi mereka, Mr. Zimit (James D'Arcy) untuk bereksperimen bagaimana menghadapi dan bertahan hidup dari bencana reaktor nuklir dalam sebuah bunker. Akan tetapi bunker tersebut disediakan hanya untuk 10 orang dari 20 orang tersebut. Tujuannya untuk mempertahankan ras manusia dibumi. Mau tak mau hanya 10 orang saja yang mempunyai "keahilan" yang kuat yang bisa masuk kedalam bunker tersebut. Eksperimen pertama dimulai dikawasan Candi Prambanan, Jawa Tengah. Dalam Eksperimen pertama ini rupanya gagal, 10 orang yang masuk kedalam bunker tidak mampu bertahan untuk hidup karena "keahlian" kuat saja tak cukup untuk bertahan. Eksperimen kedua kembali mereka lakukan yaitu dikawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Sang Dosen menambahkan sifat dan karakter kedalam diri murid-muridnya. Seperti hal nya eksperimen pertama, hanya yang mempunyai "keahilan" lebih yang bisa masuk kedalam bunker. Dalam eksperimen kedua, awalnya terlihat cukup berhasil dengan menambahkan karakter dan sifat kedalam 10 orang muridnya akan tetapi muncul permasalahan kecil yang akhirnya eksperimen kedua pun gagal.
Di eksperimen terakhir, mereka lakukan di Pulau Belitong, Bangka Belitung. Setelah mengalami kegagalan selama dua eksperimen kebelakang, Petra (Sophie Lowe) yang merupakan anak terpintar dikelas tersebut memutuskan untuk memimpin misi eksperimen ini. Ia lebih memilih teman-teman nya yang sebelumnya dianggap remeh akan "keahlian" yang dimiliki, kini terpilih menjadi 10 orang yang masuk kedalam bunker tersebut. Bagaimana kah nasib ke-10 orang yang masuk kedalam bunker, dan bagaimana nasib ke-10 orang lainnya yang tidak terpilih dieksperimen terakhir ini?!


#Review:
Setelah sempat tertunda perilisan nya di Indonesia yang tidak diketahui penyebabnya, kini jadwal tayang The Philosophers (yang judul versi DVDnya adalah After The Dark) sudah resmi ditentukan yaitu 12 Juni 2014. Film kerjasama USA dan Indonesia yang ikut dibantu oleh Stasiun TV Swasta SCTV ini menghadirkan cerita yang mungkin akan cukup "berat" ditonton oleh orang awam. Film ini mengajak para penonton nya untuk ikut berfikir, bereksperimen dan berimajinasi tentang filosofi bagaimana, apa yang harus dilakukan untuk bertahan hidup ketika suatu bencana dahsyat datang, dan harus memilih siapa yang harus bertahan, dibunuh, membunuh atau pergi menjauh. Ditambah dialog-dialog yang begitu kompleks dan filosofis sekali. Selain bereksperimen tentang bagaimana harus bertahan hidup, Film ini juga memberikan nuansa dan kisah romantis yang dihadirkan dari kedua puluh muridnya. Meskipun boleh dibilang kisah romantis nya hanya sebagai pemanis saja. 
The Philosophers hadir dengan sederetan bintang bintang muda yang hampir semua tampil begitu cantik, menarik dan memikat. Kehadiran Cinta Laura Kiehl sebagai pemeran pendukung patut apresiasi meskipun hadir hanya sesaat saja. 
Dengan setting lokasi di beberapa kawasan liburan di Indonesia seperti Candi Prambanan, Gunung Bromo hingga Pulau Belitong menjadikan film ini terlihat begitu cantik dan indah. 
Overall bagi penyuka film filosofis dan fans Cinta Laura Kiehl sepertinya The Philosophers cukup wajib untuk ditonton.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment