Wednesday 6 August 2014

[Review] Hijrah Cinta: Perjalanan Cinta Ustadz Gaul





#Description:
Title: Hijrah Cinta (2014)
Casts: Alfie Alfandy, Revalina S. Temat, Wieke Widowati, Piet Pagau, Ananda Omesh, Valentino, Vika Effendy, Abidzar Gifary, Surya Insomnia
Director: Indra Gunawan
Studio: MVP Pictures & Dapur Films



#Trailer:



#Synopsis:
Jefri Al-Buchori (Alfie Alfandy) adalah seorang pemain sinetron yang cukup sering wara-wiri dilayar kaca pada tahun 90'an, ditengah kehidupan sebagai seorang pesohor, ia terjerumus kedalam pergaulan yang bebas. Tiap malam ia selalu habiskan untuk berhura-hura dan puncaknya ia berpesta narkoba beserta temannya, Yosi (Ananda Omesh) yang merupakan akibat ia kabur dan diusir oleh Umi (Wieke Widowati) dan Abi (Piet Pagau).
Disisi lain hadir Pipik Dian Irawati (Revalina S. Temat) seorang model majalah cantik asal Semarang kagum dan ngefans pada Jefri ketika ia melihatnya di televisi. Teman Pipik yaitu Gugun Gondrong (Valentino) yang merupakan teman dekat Jefri mengingatkan pada Pipik kalau Jefri bukanlah orang baik-baik.
Namun entah mengapa Pipik merasakan jika ia dekat Jefri, bisa membuatnya lebih baik. Hingga suatu ketika, Jefri dan Pipik menikah atas desakan Umi Jefri tujuannya untuk menghindari fitnah dari tetangga sekitar. Perjalanan cinta Jefri & Pipik hadapi begitu berat sebelum dan sesudah menikah, berkali-kali Jefri terkena sakaw, kekurangan biaya untuk menikah, lepas jilbab demi modal nikah, kondisi ekonomi yang semakin menipis hingga masalah Jefri dengan barang haram narkoba.
Bisakah Pipik menemani dan menjadi saksi berubahnya sosok Jefri? Bagaimana pula akhir cerita dari sosok Ustadz yang dikenal gaul ini?

#Review:
Wafatnya Almarhum Ustadz Jefri Al-Buchori pada April 2013 lalu sempat membuat Indonesia berduka. Kepergian Ustadz gaul ini menyisakan duka yang amat dalam tak hanya untuk keluarga yang ditinggalkan, akan tetapi para jemaah dan masyarakat muslim di Indonesia juga ikut dirundung duka.
Rumah produksi MVP Pictures yang bekerjasama dengan Dapur Films (Hanung Bramantyo) mempersembahkan sebuah film biografi perjalanan sosok Almarhum Ustadz Jefri Al-Buchori yang disutradarai oleh Indra Gunawan untuk memeriahkan Libur Lebaran 2014.
Dengan cerita yang berdasarkan kisah nyata perjalanan Almarhum Ustadz Jefri Al-Buchori & Umi Pipik yang sedikit ditambah unsur dramatik (seperti yang disebutkan diawal film) film Hijrah Cinta ini cukup baik dalam bercerita.
Alfie Alfandy yang diplot memerankan Ustadz Jefri Al-Buchori tampil sangat memuaskan. Gesture dan gaya bicara yang ia hadirkan benar-benar mirip seperti Almarhum Uje. Bahkan jika memejamkan mata, suara beliau amat mirip dengan Uje dan susah dibedakan. Satu studio tadi bahkan sepakat serentak bilang "Wah, mirip banget sama Uje.." Revalina S. Temat kembali tampil baik memerankan Umi Pipik yang bersahaja, lembut sekaligus rapuh. Casts pendukung lain juga tampil cukup meyakinkan.
Meskipun bagian Scoring Musik agak sedikit "berlebihan" dibeberapa bagian, akan tetapi setting nuansa 90'an nya begitu baik dan detail. Properti seperti ponsel jadul, majalah-majalah hingga uang jadul cukup meyakinkan.
Endingnya pun ditutup dengan klimaks ketika video liputan sosok Almarhum Uje dimakamkan dengan iringan lagu Hijrah Cinta yang dinyanyikan begitu apik oleh Rossa.
Overall, film Hijrah Cinta merupakan sebuah film biografi yang sangat berhasil dalam menggambarkan sosok yang difilmkan! Semoga Hijrah Cinta bisa sesukses Biografi Habibie Ainun (2012) & Soekarno (2013).


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment