Friday 1 August 2014

[Review] The Quiet Ones: Eksperimen Menciptakan Hantu Berbahaya



#Description:
Title: The Quiet Ones (2014)
Casts: Jared Harris, Sam Claflin, Olivia Cooke, Erin Richard, Rory-Fleck Byrne, Laurie Calvert
Director: Josh Pogue
Studio: Hammer Films, Exclusive Media Group, Lionsgate



#Trailer: 



#Synopsis:
Professor Joseph Coupland (Jarred Harris) adalah seorang dosen sekaligus professor ahli fisika di Oxford University yang mempercayai hal-hal supranatural. Ia kemudian mencoba sebuah eksperimen pengusiran setan dari tubuh seorang perempuan bernama Jane Harper (Olivia Cooke) yang konon didalam tubuh perempuan ini terdapat sosok supranatural bernama Evie. 
Ia kemudian merekrut 3 orang mahasiswa dikampusnya untuk melancarkan eksperimen ini. Mereka adalah Brian McNaill (Sam Claflin), Krissi Dalton (Erin Richard) dan Harry Abrams (Rory-Fleck Byrne). Jane Harper merupakan korban kerasukan mahluk supranatural yang dikenalkan oleh Krissi pada Professor Joseph.
Dilantai atas rumahnya, Professor Joseph melakukan eksperimen pertamanya pada Jane Harper dengan bantuan ketiga mahasiswa nya. Kejadian diluar logika pun mereka berlima alami. Sosok Evie hadir melalui boneka yang diberikan Professor Joseph pada Jane. Alhasil, tetangga disekitar rumah Professor Joseph merasa terganggu akan kegaduhan yang terjadi dirumah Professor Joseph. Treatment yang diberikan pada Jane Harper tergolong aneh yaitu menyekap nya diruangan dan mendengarkan musik yang kencang.
Kemudian, Professor Joseph memutuskan untuk memindahkan lokasi eksperimen kesebuah rumah tua yang lama tak berpenghuni dan jauh dari keramaian. Professor Joseph meyakini jika kejadian yang dialami oleh Jane berasal dari hal-hal negatif yang ada di pikiran dan lingkungan sekitarnya. Setiba nya dirumah tua, Harry dan Brian memasang alat-alat telekinesis untuk mendeteksi dan memantau hal-hal ganjil yang terjadi diseluruh penjuru rumah.
Hari demi hari berlalu, banyak kejadian ganjil yang mereka berlima rasakan dirumah tersebut, hingga suatu malam sosok Evie akhirnya benar-benar bangkit dengan menunjukkan simbol pemujaan setan pada mereka berlima hingga mengancam keselamatan Professor Joseph berserta yang lainnya.


#Review:
Awal semester tahun 2014 ini sepertinya industri film hollywood untuk genre horror sedang mengalami penurunan. Jumlah yang dirilis secara global pun bisa dihitung dengan jari. Salah satunya The Quiet Ones yang telah rilis di USA & UK pada bulan April 2014 lalu, belum diketahui kapan akan rilis di Indonesia.
Seperti pada horror pengusiran setan pada umumnya, The Quiet Ones tampil beda dengan menambahkan unsur Found Footage agar terlihat seperti nyata yang dipegang oleh Sam Claflin ini ternyata tampil begitu baik dan berhasil membuat saya takut. Olivia Cooke yang memerankan Jane Harper juga tampil meyakinkan dengan hadir sebagai seorang perempuan yg mempunyai dua sifat berbeda sekaligus.
Dengan nuansa 70'an The Quiet Ones ini sedikit mengingatkan pada The Conjuring yang sukses dipasaran tahun 2013 lalu. Konsep cerita yang tidak baru dan sangat mudah ditebak menjadikan The Quiet Ones hanya tampil sebagai horror yang cukup untuk sekali ditonton. Efek jumpscare nya hanya terjadi dipertengahan menuju ending saja.
Overall, The Quiet Ones bukanlah sebuah Film Horror Terbaik ditahun ini, kita tunggu tanggal rilis resmi nya di Indonesia.


[6.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment