Monday 2 March 2015

[Review] The SpongeBob Movie: Sponge Out Of Water: Resep Krabby Patty Lagi-Lagi Dicuri



#Description:
Title: The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (2015)
Casts: Tom Kenny, Bill Fagerbakke, Rodger Bumpass, Clancy Brown, Carolyn Lawrence, Mr. Lawrence, Antonio Banderas
Director: Paul Tibbitt
Studio: Nickelodeon, Paramount Pictures



#Trailer:

Official Trailer The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (2015)



#Synopsis:
Plankton (Mr. Lawrence) tak henti-hentinya berusaha untuk mencuri resep rahasia Krabby Patty dari Krusty Krab milik Mr. Eugene Crab (Clancy Brown). Segala cara ia lakukan demi mendapatkan resep itu. Plankton melancarkan perang besar-besaran hingga membuat robot raksasa untuk melawan Mr. Crab. Dibantu oleh koki tercinta & terbaik di Bikini Bottom yaitu SpongeBob SquarePants (Tom Kenny) Mr.Crab selalu berhasil mempertahankan resep rahasianya dari tangan licik Plankton.
Suatu hari, Plankton berhasil menyusup kedalam bunker tempat penyimpanan kertas resep rahasia Krabby Patty. Tinggal satu langkah lagi menuju keberhasilan, aksi Plankton ketahuan dan terdeteksi oleh mesin pengawas. Suasana panik (seperti biasanya) terjadi di restoran. Seluruh akses keluar masuk ditutup secara otomatis. SpongeBob lah orang pertama yang melihat aksi jahat Plankton ketika mencuri resep tersebut. Keduanya pun saling berebut botol kecil yang berisikan resep rahasia Krabby Patty. Namun mengejutkan, tiba-tiba botol tersebut langsung hilang dari tangan keduanya bagaikan sulap. 
Mr. Crab tak mempercayai begitu saja kalau resep rahasianya hilang. Ia meyakini kalau itu hanya trik yang dilakukan oleh Plankton. Plankton pun heran karena memang benar bukan ia yang melakukan & SpongeBob juga melihatnya dengan mata kepalanya sendiri kalau botol berisikan resep rahasia tersebut hilang begitu saja bagaikan sulap. Mr.Crab menjadi kecewa lantaran SpongeBob malah memihak pada Plankton. Ia tak menyangka karyawan terbaiknya malah membela musuh bebuyutannya.
Hilangnya resep rahasia Krabby Patty membuat warga Bikini Bottom menjadi kacau. Terjadi kekacauan dimana-mana. Semua penduduk semakin mencari keberadaan SpongeBob & Plankton yang kabur entah kemana. SpongeBob & Plankton rupanya pergi menjauhi Bikini Bottom untuk menyelidiki kemana hilangnya resep rahasia tersebut. SpongeBob membutuhkan beberapa orang untuk membantu menyelidiki hilangnya resep rahasia Krabby Patty. Namun warga Bikini Bottom termasuk sahabatnya Patrick Star (Bill Fagerbakke), Shandy Cheeks (Carolyn Lawrence), Squidward Tentacles (Rodger Bumpass) belum bisa mempercayai SpongeBob sepenuhnya karena mereka masih kecewa dengan sikap SpongeBob yang lebih membela Plankton.
Disisi lain, muncul seorang Bajak Laut bernama Burger-Beard The Pirates (Antonio Banderas). Ia berhasil mencuri sebuah buku dipulau yang tepat berada diatas Bikini Bottom. Buku tersebut mempunyai kelebihan bisa merubah kejadian hanya dengan menulis cerita apa yang diinginkan.
Rupanya dengan buku tersebutlah, si Bajak Laut bisa mencuri resep rahasia Krabby Patty tanpa harus bersusah payah menyelam atau mendatangi Bikini Bottom. Ia kemudian membuka sebuah kedai Burger dipinggir pantai. Aroma burger tersebut tercium oleh SpongeBob. Dibantu oleh Plankton, Patrick, Shandy, Mr. Crab & Squidward mereka kemudian keluar dari lautan dan mencari si Bajak laut tersebut. Didukung dengan kekuatan super yang mereka dapatkan, bisakah mereka merebut kembali resep rahasia Krabby Patty?


#Review:
Setelah sukses pada SPONGEBOB SQUAREPANTS: THE MOVIE (2004) lalu, kini Nickelodeon bekerjasama dengan Paramount Pictures kembali membuat sebuah film panjang adaptasi dari Kartun TV SpongeBob SquarePants. Jika pada film pertamanya full 2D seperti pada kartun TV, kali ini di THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE OUT OF WATER, Nickelodeon memberikan sentuhan live action 3D seperti Alvin & The Chipmunks dan The Smurfs.
Untuk segi cerita, Paul Tibbitt kali ini mengembangkan cerita tentang persaingan abadi antara Plankton dan Mr.Crab dalam mencuri resep rahasia Krabby Patty dengan lebih luas, easy dan berwarna. Jadi ceritanya tidak terlalu serius dan mudah untuk diikuti oleh segala usia. Unsur komedinya pun berhasil mengundang tawa lewat tingkah laku dan gerak gerik para penduduk Bikini Bottom. 
45 menit awal film, THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE OUT OF WATER masih setia mengikuti seri kartun TV yaitu menggunakan 2D & itu tidak terlalu menjadi masalah karena diversi film ini gambar dan ceritanya jauh lebih niat dan matang dibandingkan dengan versi televisi. Dan 30 menit menuju akhir film. Barulah live action 3D nya mulai disuguhkan. Namun sayang ada beberapa adegan CGI nya masih terlalu kasar, padahal ini film termasuk Animasi Hollywood. Yang cukup mengganggu juga menurut saya adalah ketika SpongeBob dan kawan-kawan menjadi superhero. Visualisasinya terlalu berlebihan. Padahal cukup dengan apa adanya tanpa menjadi superhero, SpongeBob dan teman-temannya sudah sangat menggemaskan.
Overall, secara keseluruhan THE SPONGEBOB: SPONGE OUT OF WATER cukup memuaskan. Jika kamu penggemar SpongeBob SquarePants film ini tidak boleh dilewatkan.



[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment