Sunday 14 January 2018

[Kaleidoskop] 13 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2017



Tahun 2017 boleh menjadi tahun bangkitnya genre horror-thriller di industri film Indonesia. Menurut data dari website PialaMaya.com dan filmindonesia.or.id tercatat terdapat puluhan judul film horror yang menghiasi bioskop Indonesia sepanjang tahun ini dari total 107 film Indonesia yang dirilis pada tahun 2017. Tapi justru hanya beberapa yang memenuhi sebagai sebuah film horror Indonesia yang baik. Salah satu diantaranya yaitu film PENGABDI SETAN (2017) karya sutradara Joko Anwar sangat sukses mendapat respon positif baik dari kritikus maupun pecinta film Indonesia. Hype dari film yang dibintangi Tara Basro dan Bront Paralae ini sukses meraih jumlah 4.206.103 penonton diseluruh Indonesia dan menjadikannya sebagai Film Horror Indonesia Terlaris Sepanjang Masa dan Film Indonesia Terlaris di tahun 2017. Kesuksesan film PENGABDI SETAN (2017) ini juga turut melambungkan karakter hantu Ibu yang diperankan oleh Ibu Ayu Laksmi menjadi sangat populer di tahun ini. Beberapa film horror lainnya yang dirilis tahun ini juga yang tampil cukup memuaskan. Diantaranya: THE DOLL 2 (2017), GERBANG NERAKA (2017) dan MATA BATIN (2017).
Tak hanya genre horror saja yang cukup sukses menyita perhatian pecinta film Indonesia. Genre drama adaptasi novel best seller juga menghiasi layar bioskop. 
Berikut adalah 13 Film Indonesia paling berkesan #VersiGue yang ditonton di bioskop disepanjang tahun 2017:


Kelanjutan dari cerita rumah tangga antara Pras, Arini dan Meirose yang kali ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo sukses dihadirkan penuh dengan konflik yang menguras emosional. Ditambah lagi dengan hadirnya sosok Syarief yang dibintangi Reza Rahadian yang semakin menambah konflik itu tersendiri. Meskipun berakhir dengan sad ending, film yang sukses meraih 1.6 juta penonton ini meninggalkan kesan yang baik. Ditambah lagi dengan deretan soundtracknya yang sangat bagus. Yang paling mengesankan yaitu lagu Dalam Kenangan yang dinyanyikan oleh Krisdayanti.





Sebuah drama komedi kali ini dihadirkan oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko. Dibintangi cukup apik dengan chemistry yang memikat antara Chicco Jerikho dan Lala Karmela. Film ini bercerita tentang perjalanan persalinan seorang istri beserta keluarga besarnya. Tio Pakusadewo dan Sarah Sechan juga memberikan penampilan yang mencuri perhatian disepanjang film.


3. Galih & Ratna (9 Maret 2017)



Sebuah film drama romantis yang diadaptasi dari film legendaris Galih & Ratna yang kali ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi dan dibintangi oleh Sheryl Sheinafia dan Refal Hady. Tak hanya tampil manis namun juga cukup mengesankan kisah cinta Galih & Ratna versi terkini nya ini.


Setelah tersiar lama kabar akan novel Trinity Traveler diangkat ke layar lebar, akhirnya Tujuh Bintang Sinema menghadirkan perjalanan traveling Trinity ke layar bioskop dengan sutradara Rizal Mantovani. Dengan mengambil beberapa lokasi di tempat wisata yang populer di dunia dan Indonesia, Rizal sangat sukses memanjakan mata penonton disepanjang film. Maudy Ayunda, Rachel Amanda dan Anggika Borlsterli tampil cukup memikat dan mencuri perhatian. Salah satu Film Indonesia terfavorit tahun ini.

5. Dear Nathan (23 Maret 2017)


Film drama remaja anak SMA adaptasi teenlit populer ini ternyata tak sepenuhnya seperti film drama remaja anak SMA kebanyakan. Ditangan Indra Gunawan, film ini tampil tak hanya manis namun juga mempunyai cerita yang cukup kuat. Jefri Nichol dan Amanda Rawles terlihat sangat menjiwai memerankan sepasang kekasih dalam film ini. Film terbaik untuk mereka berdua ada disini.


Sulit rasanya tak memasukkan film arahan Hanung Bramantyo ini ke dalam daftar Film Indonesia paling mengesankan tahun ini. Didukung oleh deretan aktor aktris papan atas mulai dari Dian Sastrowardoyo hingga Christine Hakim serta menghadirkan cerita sosok perempuan emansipasi wanita yang sangat kuat dan begitu emosional, Film Kartini sangat layak mendapat penghargaan diberbagai ajang penghargaan film nasional beberapa waktu yang lalu.


Adaptasi dari novel best seller karya Ika Natassa ini merupakan salah satu Film Indonesia yang paling ditunggu tahun 2017. Dibintangi oleh Reza Rahadian dan Adinia Wirasti, film ini sangat penuh dengan konflik yang menguras emosional ditambah dengan chemistry antara Reza dan Asti yang begitu memukau. Soundtrack Sekali Lagi yang dibawakan oleh Isyana Sarasvati juga sangat ke dalam inti cerita.

8. Sweet 20 (25 Juni 2017)


Sebuah Remake Resmi dari Film asal Korea Selatan berjudul MISS GRANNY (2014). Film yang disutradarai oleh Ody C. Harahap ini tampil sangat menghibur dan merupakan Film Lebaran terbaik di tahun ini. Tatjana Saphira memberikan performa terbaiknya disini. 

Sekuel dari perjalanan dua sahabat Ben & Jody dalam membangun kedai Filosofi Kopi berlanjut. Dimana kali ini, Angga Dwimas Sasongko menambahkan sedikit konflik cinta didalamnya. Turut dibintangi Luna Maya dan Nadine Alexandra, sekuel Filosofi Kopi ini tak hanya manis namun juga hangat dengan konflik serta skenario yang memikat.


10. The Doll 2 (20 Juli 2017)


Sekuel dari horror semi slasher dari HitMaker Studios ini tampil semakin menggila. Kali ini dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali, film The Doll 2 (2017) menjadi salah satu film horror terfavorit tahun ini. Meskipun mempunyai twist yang terlalu mengada-ngada, tapi untungnya terselamatkan oleh terror serta adegan slasher yang oke.

Semua element horror dalam film arahan Joko Anwar ini tampil sangat maksimal. Skenario yang tak murahan, sinematografi yang begitu memikat serta sound musik yang sangat efektif memberi efek ngeri, menjadikan film Pengabdi Setan (2018) ini menjadi film horror terfavorit tahun ini. Tak heran juga film ini menjadi film horror Indonesia pertama yang sukses tembus diatas 4 juta penonton diseluruh Indonesia.



Sebuah kisah cinta anak SMA yang tak biasa sukses disajikan oleh Edwin dalam film Posesif (2017). Lupakanlah film-film drama anak SMA yang berseliweran disepanjang tahun ini. Disini Edwin mengemas perjalanan cinta Lala dan Yudhis begitu memikat sekaligus mencekam. Akting serta chemistry kedua pemainnya begitu sempurna. Salah satu Film Indonesia terfavorit tahun ini. Nostalgia dengan lagu hitsnya Sheila On 7 yakni Dan.. terbayar sudah disini.

13. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (16 November 2017)


Sutradara spesialis film-film festival dan arthouse yakni Mouly Surya, tahun ini menghadirkan sebuah film drama tentang perempuan tangguh dan kuat di daratan Sumba yang dibintangi oleh Marsha Timothy dan Dea Panendra. Cerita dibagi dalam empat babak serta mengangkat genre ala western dengan citarasa lokal, film ini sangat sukses menggambarkan perjuangan Marlina dalam mencari keadilan. Sangat layak mendapatkan banyak penghargaan diberbagai ajang penghargaan baik nasional maupun internasional.


Film Indonesia Terfavorite:
1. Posesif
2. Trinity The Nekad Traveler
3. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
4. Sweet 20
5. Pengabdi Setan
6. Kartini

Film Indonesia Drama Komedi Terfavorite:
1. Sweet 20
2. Susah Sinyal
3. Bukaan 8
4. The Guys
5. 5 Cowok Jagoan

Film Indonesia Horror Thriller Terfavorite:
1. Pengabdi Setan
2. Mata Batin
3. The Doll 2
4. Gerbang Neraka
5. Mereka Yang Tak Terlihat

Film Indonesia Berekspetasi Tinggi Tapi Tampil Tidak Memuaskan:
1. Ayat-Ayat Cinta 2
2. Danur
3. Jailangkung
4. Petak Umpet Minako
5. Jomblo

Film Indonesia Paling Mengecewakan:
1. The Curse
2. Hantu Jeruk Purut Reborn
3. Warkop DKI Reborn Part 2
4. Keluarga Tak Kasat Mata
5. Rafathar The Movie

Sutradara Terfavorite:
1. Joko Anwar
2. Edwin
3. Mouly Surya
4. Hanung Bramantyo
5. Rizal Mantovani
6. Rocky Soraya
7. Ody C. Harahap

Aktor Utama Terfavorite:
1. Adipati Dolken (Posesif)
2. Reza Rahadian (Critical Eleven)
3. Jefri Nichol (Dear Nathan)
4. Chicco Jerikho (Filosofi Kopi 2: Ben & Jody)
5. Refal Hady (Galih & Ratna)

Aktris Utama Terfavorite:
1. Adinia Wirasti (Critical Eleven)
2. Dian Sastrowardoyo (Kartini)
3. Tatjana Saphira (Sweet 20)
4. Marsha Timothy (Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak)
5. Luna Maya (The Doll 2)
6. Laudya Cynthia Bella (Surga Yang Tak Dirindukan 2)
7. Maudy Ayunda (Trinity The Nekad Traveler)
8. Putri Marino (Posesif)
9. Adinia Wirasti (Satu Hari Nanti)

Aktor Pendukung Terfavorite:
1. Reza Rahadian (Surga Yang Tak Dirindukan 2)
2. Yayu Unru (Posesif)
3. Dwi Sasono (5 Cowok Jagoan)
4. Ganindra Bimo (Moamar Emka Jakarta Undercover)
5. Bront Paralae (Pengabdi Setan)
6. Darius Sinathrya (Susah Sinyal)

Aktris Pendukung Terfavorite:
1. Dewi Irawan (Ayat-Ayat Cinta 2)
2. Citra Prima (Mata Batin)
3. Christine Hakim (Kartini)
4. Dea Panendra (Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak)
5. Ayu Laksmi (Pengabdi Setan)
6. Luna Maya (Filosofi Kopi 2: Ben & Jody)

Akting Paling Mencuri Perhatian:
1. Widyawati (Sweet 20)
2. Niniek L. Kariem (Sweet 20)
3. Sarah Sechan (Bukaan 8)
4. Ringgo Agus Rahman (Satu Hari Nanti)
5. Roby Tremonty (Chrisye)

Chemistry Terfavorite:
1. Adipati Dolken & Putri Marino (Posesif)
2. Reza Rahadian & Adinia Wirasti (Critical Eleven)
3. Marsha Timothy & Dea Panendra (Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak)
4. Jefri Nichol & Amanda Rawles (Dear Nathan)
5. Jefri Nichol & Caitlin Halderman (Surat Cinta Untuk Starla)
6. Dian Sastrowardoyo & Christine Hakim (Kartini)

Soundtrack Terfavorite:
1. Dalam Kenangan - Krisdayanti (Surga Yang Tak Dirindukan 2)
2. Sahabat Sejati - Chicco Jerikho & Rio Dewanto (Filosofi Kopi 2: Ben & Jody)
3. Dan - Sheila On 7 (Posesif)
4. Kelam Malam - The Spouse (Pengabdi Setan)
5. Bulan Dikekang Malam - Rossa (Ayat-Ayat Cinta 2)
6. Sekali Lagi - Isyana Sarasvati (Critical Eleven)
7. By My Side - Rendy Pandugo (Susah Sinyal)
8. Teduhnya Wanita - Raisa (Ayat-Ayat Cinta 2)

Poster Film Indonesia Terfavorite:
1. Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak
2. Critical Eleven
3. Petak Umpet Minako
4. Filosofi Kopi 2: Ben & Jody
5. Posesif

Film Indonesia Yang Tidak Ditonton Di Bioskop Tapi Sukses Membuat Penasaran:
1. Negeri Dongeng
2. Istirahatlah Kata-Kata
3. Ziarah
4. Turah
5. Banda: The Forgotten Trail
6. Night Bus

0 comments:

Post a Comment