Friday 16 February 2018

[Review] Black Panther: Melihat Sesuatu Yang Berbeda Dari Afrika Yaitu Wakanda!



#Description:
Title: Black Panther (2018)
Casts: Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Martin Freeman, Letitia Wright, Florence Kasumba, Daniel Kaluuya, Winstone Duke, Andy Serkis, Angela Bassett, Sterling K. Bone, Forest Whitaker, Connie Chiume, John Kani.
Director: Ryan Coogler
Studio: Marvel Studios

#Synopsis:
Wakanda merupakan sebuah tempat tersembunyi di wilayah Afrika yang mempunyai kemajuan teknologi sangat pesat. Hal tersebut berasal dari meteor Vibranium yang jatuh di wilayah tersebut jutaan tahun yang lalu. Enam suku yang ada di Afrika kemudian melakukan ritual pertarungan untuk menjadi raja dan menguasai Vibranium di Wakanda. Hingga ritual tersebut dimenangkan oleh suku Wakanda dari keturunan T'Chakka (John Kani).
Waktu berlalu. Saat ini Wakanda dipimpin oleh King T'Chakka. Namun naas, ketika sidang PBB di Amerika, ia tewas meregang nyawa akibat peperangan antara Avengers. Hal itu membuat T'Challa (Chadwick Boseman) dirundung duka yang amat mendalam dan harus kembali ke negaranya untuk menjadi penerus takhta kerajaan.
Ketika dalam masa pimpinannya, T'Challa mendapat kabar dari anak buahnya yakni Aya (Florence Kasumba), terjadi insiden pencurian senjata berbahan Vibranium di museum benda bersejarah di Inggris. Setelah dilacak oleh Shuri (Letitia Wright), adik kandung T'Challa, pencurian itu dilakukan oleh komplotan Ulysses Klaue (Andy Serkis) yang merupakan salah satu musuh team Avengers. Mereka berencana untuk menjual senjata Vibranium itu di wilayah Korea.
Mendengar kabar tersebut, T'Challa (Black Panther) langsung bergegas untuk menghentikan aksi kejahatan Klaue dengan ditemani Nakia (Lupita Nyong'o) dan Aya. Tapi aksi T'Challa untuk menghentikan Klaue ternyata gagal. Rupanya aksi Klaue itu dibantu oleh Erick N'Jadaka (Michael B. Jordan). Seorang penduduk Wakanda yang telah lama tinggal di Amerika dan menyimpan sebuah rahasia dan dendam yang amat besar pada penduduk Wakanda. N'Jadaka juga mempunyai kekuatan yang tak kalah hebatnya dengan T'Challa. Ia bahkan berencana untuk menggulingkan dan mengambil alih takhta T'Challa di Wakanda.
Akankah Black Panther bisa menghentikan rencana N'Jadaka yang mempunyai julukan Killmonger?


#Review:
Tahun ini tepat 10 tahun sudah Marvel Cinematic Universe berjalan. Belasan judul film Marvel telah dirilis dan mayoritas memberikan penampilan yang tidak mengecewakan. Bahkan dari film satu ke film lainnya, kualitasnya itu semakin meningkat.
Sebagai film pertama MCU di tahun ini, BLACK PANTHER (2018) berhasil tampil sebagai film solo Marvel yang sangat memukau. Sang sutradara berhasil mem-visualkan wilayah fiktif di Afrika bernama Wakanda dengan kemajuan informasi dan teknologinya yang mengesankan. Baru kali ini, sepanjang sejarah aku nonton film Marvel atau superhero atau Hollywood lainnya sekalipun baru kali ini menemukan film yang menaikkan kelas dan derajat Afrika. Coogler ingin menunjukkan bahwa Afrika dan orang berkulit hitam pun mampu bersaing dengan dunia.
Tak sampai disitu saja kekagumanku pada film BLACK PANTHER (2018). Disini juga, para karakter perempuan memberikan kontribusi yang mengesankan pada filmnya. Dan film ini juga menjadi film pertama Marvel yang mempunyai karakter perempuan banyak. Sederet aktris ternama dari Afrika seperti Lupita Nyong'o, Letitia Wright, Danai Gurira dan yang lainnya memberikan performa apik juga mencuri perhatian!
Untuk segi skrip pun, film BLACK PANTHER (2018) mempunyai unsur keluarga, politis, kultur dan budaya yang kuat. Disini sangat dijelaskan dengan baik seperti apa itu Wakanda beserta dengan kulturnya. Motif villain utama Black Panther juga terasa emosional dan juga rasional. Di post credit pun ketika T'Challa berpidato, sisi politisnya terasa oke dan semakin inginku berteriak "Wakanda Forever!".
Untuk segi visual, film BLACK PANTHER (2018) tak perlu diragukan lagi. Visualisasi Wakanda begitu apik antara pemandangan alamnya yang memukau serta kemajuan teknologinya yang pesat. Iringan musik bernuansa etnik juga turut hadir menghiasi sepanjang film BLACK PANTHER (2018). Oia, lupa. Sang sutradara juga sangat memanusiakan sosok T'Challa. Dibalik kostum Black Panthernya yang super keren, terdapat karakter yang sama seperti orang pada umumya. Kekurangan film ini menurutku cuma satu sih, gak ada bocoran sama sekali tentang Infinity War. Tapi disisi lain, keputusan itu bisa dimaklumi karena pengenalan sosok Black Panther dan Wakanda nya sangat memukau.
Overall, It's very good started to MCU in this year. Black Panther is outstanding!


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment