Tuesday 3 April 2018

[Review] A Quiet Place: Bertahan Hidup Dengan Tak Bersuara


#Description:
Title: A Quiet Place (2018)
Casts: Emily Blunt, John Krasinski, Millicents Simmonds, Noah Jupe, Leom Russom, Cade Woodwards, Doris McCarthy
Director: John Krasinski
Studio: Paramount Pictures

#Synopsis:
Populasi penduduk di New York, Amerika Serikat dari hari ke hari makin berkurang drastis dan hampir lenyap. Penyebabnya adalah munculnya sosok-sosok misterius yang dimana akan memangsa mangsanya jika mengeluarkan suara. Hari ke-89, keluarga Lee Abbott (John Krasinski) pergi ke kota dari rumah persembunyian mereka untuk mengambil obat-obatan serta keperluan sehari-sehari. Dalam kesunyian itu, ia mengajak Istrinya, Evelyn Abbott (Emily Blunt) beserta ketiga anaknya, Marcus (Noah Jupe), Regan (Millicents Simmonds) serta  Beau (Cade Woodwards). Kota New York benar-benar menjadi kota mati. Tak ada satupun orang yang bisa keluarga Lee temui disepanjang perjalanan. Mereka sukses bisa bertahan hidup dipinggiran kota dengan cara mempelajari serta memahami tingkah polah sosok misterius tersebut. Ketika menuju kembali ke rumah, naas. Salah satu anggota keluarga Abbott tewas diserang karena mengeluarkan suara dari barang yang ia bawa.


Akibat kejadian itu, keluarga Abbott dirundung duka. Mereka tak ingin anggota keluarga lainnya menjadi korban berikutnya. Hari demi hari, bulan demi bulan berlalu. Tak terasa mereka sudah melewati kehidupan tanpa suara selama satu tahun lebih. Sang ayah tetap berusaha mencari bantuan dengan peralatan radio yang ia rakit sendiri serta membuat alat bantu pendengaran untuk anaknya, Regan. Ditengah keheningan tanpa suara, ada kebahagiaan yang menyelimuti keluarga Abbott. Evelyn kini tengah hamil. Sang ayah memutuskan melatih anaknya, Markus yang penakut untuk bisa memahami situasi lingkungan sekitar rumah mereka dan melindungi ibunya jika sang ayah tengah pergi.
Suatu hari, ketika sang ayah mengajak Markus untuk pergi ke sungai, serta Regan sedang mengunjungi makam adik kecilnya, perut Evelyn mengalami kontraksi dirumahnya. Ia lalu bergegas pergi ke basement untuk bersembunyi.  Karena panik serta tak kuasa menahan rasa sakit, Evelyn tak sengaja membuat kegaduhan dan memancing sosok misterius itu datang ke rumahnya.
Mampukah Evelyn menghindar dari sosok misterius itu?

#Review:
Film Horror/Thriller Hollywood yang mempunyai premise cerita yang menggunakan larangan/aturan/kode-kodean yang cukup menarik perhatian menurutku masih sedikit jumlahnya. Terakhir ku dibuat tak bisa bernafas disepanjang film ketika nonton DON'T BREATHE (2016) dan 10 CLOVERFIELD LANE (2016). Gila emang dua film itu mempunyai premise yang cukup unik dan dieksekusi dengan amat baik. Tahun ini Paramount Pictures giliran menghadirkan film yang serupa tapi tak sama berjudul A QUIET PLACE (2018). Yang dimana kali ini, si film punya peraturan "If you make a sound, they hunt you..". Hal ini cukup membuatku penasaran ditambah lagi dimainkan oleh salah satu aktris favoritku Emily Blunt. Tak hanya itu saja, materi promosi mulai dari trailer, game-movie sampai posternya semakin harus jadi tontonan wajib di bioskop. Dan hari ini, 3 April 2018, sudah tayang reguler di bioskop Indonesia.
Untuk segi cerita, film ini memang tak ada bedanya dengan film-film bertema survival. Beberapa part bahkan mengingatkan ku pada film THE MIST (2007). Paruh pertama, film ini terasa cukup lambat dalam introducing apa yang sedang terjadi serta pengenalan karakternya. Ditambah lagi film ini sesuai dengan tagline nya, minim banget bersuara. Tapi hal tersebut emang sukses sih bikin ku ikut terdiam dan sesak disepanjang film. Untungnya ditengah kesunyian itu, atmosfer horror lewat kemunculan sosok misterius yang "malu-malu" muncul diawal juga sukses memberikan rasa tegang dan penasaran. Menuju paruh pertengahan, barulah "taring" film ini dikeluarkan. Bukan cuma sensasi tegang saja yang ditebar, sisi dramatis serta simpati sukses banget dihadirkan lewat para karakternya masing-masing. Disini sang sutradara yang merupakan suami asli dari Emily Blunt (ku baru tahu barusan banget usai buka IMDb haha) ini menghadirkan sisi emosional masing-masing karakter dengan kuat. Sang ayah digambarkan amat baik sebagai kepala keluarga yang selalu melindungi keluarganya, sang ibu yang super tangguh meskipun dalam keadaan hamil, kakak beradik yang mempunyai perbedaan sifat namun tetap melindungi satu sama lain menjadi moment yang cukup hangat ditengah atmosfer ketegangan.


Seperti yang sudah disebutkan diatas, faktor utama ku ingin menonton film ini adalah Emily Blunt. Tak perlu diragukan lagi kualitas beliau mah. Totalitas. Gila sih adegan bath tub sama basement itu, ngeri dan ngilu banget ngeliatnya. Rasanya ingin teriak sekencang-kencangnya tapi ditahan. Takut si sosok misterius itu juga muncul beneran haha. 
Aku juga suka banget cara film ini mengakhiri filmnya. Hampir 50:50 antara happy dan sad. Meskipun sangat berpotensi untuk ada sekuel berikutnya tapi aku lebih setuju jika film ini sudah saja seperti ini.


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment