Thursday 29 March 2018

[Review] Teman Tapi Menikah: Kisah Cinta Yang Bermula Dari Pertemanan


#Description:
Title: Teman Tapi Menikah (2018)
Casts: Adipati Dolken, Vanesha Prescilla, Cut Beby Tsabina, Denira Wiraguna, Diandra Agatha, Refal Hady, Rendi John, Shara Virisya, Sari Nila, Sarah Sechan
Director: Rako Prijanto
Studio: Falcon Pictures

#Synopsis:
Ditto (Adipati Dolken) tak menyangka salah satu aktris remaja yang ia idolakan dan selalu ia tonton sinetronnya yaitu Ayudia (Vanesha Prescilla) ternyata satu sekolah dan satu kelas ketika bangku SMP. Ditto pun berusaha untuk menjadi sahabat terbaiknya Ayu ketika di sekolah. Dan semua harapan Ditto terkabul, mereka menjadi sahabat dekat hingga duduk bangku SMA. Kedekatan mereka berdua sudah tidak ada rasa jaim sama sekali. Masing-masing dari mereka selalu bercerita tentang kehidupan serta kisah cintanya. 
Kebersamaan yang Ditto dan Ayu lalui bersama sejak zaman duduk di bangku SMP membuat Ditto mulai sayang dan menaruh perasaan pada Ayu, namun ia belum berani mengutarakannya. Ditambah lagi saat itu Ayu sedang dekat dengan Darma (Rendi John) seorang gitaris dari band di sekolah mereka. Tak mau dirundung cemburu, Ditto kemudian berpacaran dengan Mili (Cut Beby Tsabina). Awalnya berjalan lancar, tapi tak berapa lama, hubungan mereka berakhir. Usai putus dari Mili, Ditto kemudian berpacaran dengan Acha (Diandra Agatha). Tapi seperti sebelumnya, hubungan mereka kandas. Ditto merasa tidak punya feeling yang besar baik itu pada Mili atau Acha. Rasa sayang yang ia miliki hanya untuk Ayu.
Hingga waktu pun berlalu, Ditto dan Ayu kini sudah lulus SMA. Ayu memutuskan untuk fokus di dunia akting di Jakarta. Sementara itu, Ditto melanjutkan untuk kuliah di Bandung. Ia merasa sedih karena harus berpisah jarak dengan Ayu. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, rutinitas kuliahnya, Ditto perlahan mulai bisa melupakan Ayu dan bisa membuka hatinya pada Dilla (Denira Wiraguna), salah satu anak kampus yang tak sengaja bertemu di perpustakaan.
Hubungan Ditto dan Dilla berjalan lancar hingga menginjak tahun keempat. Disisi lainnya, Ayu pun kini sudah berbahagia dengan Rifnu (Refal Hady). Karena lama tak berjumpa, Ditto dan Ayu akhirnya memutuskan untuk bertemu dengan membawa pasangan masing-masing. Dan secara mengejutkan, sifat serta kelakuan Ditto dan Ayu ketika bertemu kembali, tidak ada perubahan sama sekali. Hal ini membuat pasangan dari mereka menaruh curiga dan juga cemburu.
Usai pertemuan itu, Dilla memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Ditto. Dilla sangat memahami bahwa sebetulnya selama empat tahun mereka berpacaran, hati dan cinta Ditto tidak sepenuhnya untuk Dilla. Melainkan untuk Ayu. Mendengar kabar Ditto dan Dilla putus, membuat Ayu heran karena penyebab putus Ditto dengan pasangannya selalu saja sama. Disaat yang sama juga, Ditto akhirnya memutuskan untuk mengungkapkan perasaannya kepada Ayu setelah ia mencoba menyembunyikannya selama 12 tahun lamanya.
Tapi sayang, Ditto terlambat. Ternyata Ayu sudah mempunyai berencana akan bertunangan dengan Rifnu. Hal itu tak membuat Ditto bersedih, ia malah lega akhirnya bisa mengungkapkan perasaannya pada Ayu meskipun itu terlambat. Lalu, bagaimanakah akhir cerita Ditto dan Ayu?

#Review:
Usai euforia kesuksesan luar biasa Film DILAN 1990 (2018) pada Januari lalu yang bekerjasama dengan Max Pictures, Falcon Pictures akhir Maret ini kembali tertarik mengadaptasi novel ke layar lebar. Kali ini diangkat dari novel karya pasangan selebriti Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion berjudul TEMAN TAPI MENIKAH.
Dengan jarak yang tak terlalu jauh dengan Film DILAN 1990 (2018), beberapa pihak banyak yang menduga karakter Ayu yang diperankan oleh Vanesha Prescilla ini hanya untuk memancing respon pro kontra terutama dari fans Dilan-Milea dan Ditto-Ayu. Ditambah lagi, kedekatan Adol-Vanesha yang digembar-gemborkan sebelum film rilis, terasa hampir mirip dengan strategi yang pernah dilakukan Iqbaal-Vanesha di film DILAN 1990 (2018). 
Terlepas dari entah itu gimmick promosi atau real terjadi, Film TEMAN TAPI MENIKAH (2018) ini boleh banget dibilang salah satu Film Drama Indonesia Terbaik yang pernah dibuat. Alur cerita yang dihadirkan oleh sang penulis skenario serta sutradara terasa begitu mengalir, sesuai pada porsinya dan tak lupa juga manis. Meskipun sebetulnya berakhir dengan cheesy, tapi sang penulis skenario dan sutradara bisa mengakhiri ceritanya dengan amat baik disini. Aku suka banget!
Tak cuma itu saja, Rako Prijanto juga menggambarkan sosok Ayu-Ditto dari zaman SMP sampai menikah masih menggunakan aktor-aktris yang sama. Perubahan sikap, sudut pandang serta kelakuan mereka ada progress signifikan dari SMP hingga dewasa. Chemistry antara Adol serta Vanesha juga menjadi hal terkuat di film ini. Tek-tok dialog diantara keduanya begitu klop banget. Progress akting Vanesha dalam film ini naik signifikan dibandingkan film sebelumnya. Jajaran pemain pendukung pun yang mayoritas pemain pendatang baru di industri Film Indonesia, tampil semakin menguatkan dan memeriahkan perjalanan cinta Ditto-Ayu. Jajaran para mantan dari Ditto-Ayu pun cukup sukses mencuri perhatian dengan segala sikapnya yang cukup related dengan realita. Refal Hady dan Denira Wiraguna menurutku tampil paling mengesankan. Mereka mampu mengaduk emosi penonton ketika harus dihadapkan dengan Ditto-Ayu. Aku jadi berimajinasi, karakter Rifnu ini harus dibuat spin-off nya. Ku jadi penasaran, siapa aja sebetulnya deretan para mantan Ditto dan Ayu di kehidupan nyata. Haha.
Yang kusuka berikutnya adalah tata artistik film TEMAN TAPI MENIKAH (2018) begitu catchy dan enak dipandang. Kostum Adol-Vanesha serta pemain pendukung lainnya begitu pas banget tidak berlebihan. Urusan musik serta soundtrack juga film ini begitu kece. Tapi maaf, aku lebih mencintai lagu-lagu karya Ditto dan Ayudia difilm ini daripada soundtrack utama yang dinyanyikan oleh Iqbaal. Haha.
Overall, TEMAN TAPI MENIKAH (2018) surprisingly is really good movie about teenagers love story. Salah satu yang terbaik yang pernah dibuat!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment