Thursday 7 June 2018

[Review] Jurassic World Fallen Kingdom: Menyelamatkan Kembali Dinosaurus


#Review:
Title: Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)
Casts: Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Isabella Sermon, James Cromwell, Daniella Pineda, Justice Smith, Rafe Spall, Geraldine Chaplin, Toby Jones, Jeff Goldblum, Ted Levine, BD Wong
Director: J.A. Bayona
Studio: Universal Pictures, Legendary Pictures, Amblin Entertainment

#Synopsis:
3 tahun usai ditutupnya wahana Jurassic World yang terletak di pulau Nubla Islar, gunung aktif yang berada di pulau tersebut kini sedang mengalami aktivitas vulkanik pada level berbahaya dan diprediksi akan meletus dalam waktu dekat. 
Mendengar berita buruk tersebut, salah satu orang dibalik kejayaan Jurassic World yakni Benjamin Lockwood (James Cromwell) berencana untuk memindahkan populasi para dinousaurus ke sebuah pulau baru yang terbebas dari kurungan dan juga campur tangan manusia. Dibantu asistennya, Eli Mills (Rafe Spall) mereka mencari tahu informasi dan keberadaan Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) salah satu orang penting dan mengetahui setiap detail dan spesies dinosaurus yang ada di Jurassic World. Mendengar rencana Benjamin yang akan melestarikan hewan purbakala itu, Claire merasa senang dan tertarik untuk ikut membantu project tersebut. Ia kembali mengajak Owen Grady (Chris Pratt) sang peneliti dan penjinak dinosaurus untuk terlibat dalam project tersebut. Tak hanya itu saja, mereka juga dibantu dua peneliti muda lainnya yakni Zia (Daniella Pineda) dan Franklin (Justice Smith).
Claire beserta rombongannya kemudian terbang ke pulau Nubla Islar. Sesampainya disana, mereka merasakan flashback kejadian tiga tahun lalu ketika melihat kondisi Jurassic World yang sudah hancur dan kini diambang lenyap juga akibat ancaman letusan gunung berapi. Ketika menjelajah Jurassic World, Owen kembali bertemu dengan Blue, dinosaurus yang berhasil ia jinakkan yang kini sudah tumbuh besar. Ketika Owen mencoba untuk melakukan kontak dengan Blue, rombongan keamanan yang mengawal Owen dan yang lainnya menembak dan membius Blue. Ternyata dibalik rencana yang sedang dibangun Benjamin, ada rencana tersembunyi  lainnya yang sedang dijalankan oleh Eli. Ia mencoba mengambil beberapa spesies dinosaurus yang langka untuk dilelang dengan harga fantastis dan juga tengah mengembangbiakan satu spesies dinosaurus baru yang konon jauh lebih pintar dari Blue bernama Indoraptor. Para dinosaurus yang ditampung tersebut dilelang di sebuah ruangan rahasia di kediaman Benjamin.
Mampukah Claire, Owen, Zia dan Franklin menghentikan aksi Eli yang akan menjual para dinosaurus untuk dijadikan "senjata" masa depan?

#Review:
Kesuksesan film JURASSIC WORLD (2015) yang dirilis tiga tahun lalu tak membuat Universal Studio untuk melanjutkan kisahnya. Namun bayang-bayang kekhawatiran nasib sebuah sekuel itu selalu ada. Aku adalah salah satu orang yang cukup khawatir akan nasib sekuel JURASSIC WORLD: FALLEN KINGDOM (2018) ini. Terlebih, ada beberapa sekuel atau film monster yang dirilis pada musim spring-summer disana seperti sekuel PACIFIC RIM UPRISING (2018) dan RAMPAGE (2018) tampil tidak sesuai dengan apa yang aku harapkan. 
Tapi untungnya, sekuel film ini tampil masih sama bagusnya, bahkan mempunyai sedikit perbedaan dalam segi tone film dengan film pertamanya. Plotline yang dihadirkan sebetulnya masih cukup klise tentang penyelamatan hewan, pengkhianatan dan balasan apa yang telah dilakukan karakter antagonis dalam film ini, beberapa moment juga hadir terasa cukup over-dramatis. Tapi dibalik itu semua, sang sutradara menutup segala ke-klisean film ini dengan menghadirkan atmosfer horror yang cukup creepy dan kelam. Aku suka banget cara sang sutradara menghadirkan moment jumpscared lewat para dinosaurus dalam film ini tanpa basa-basi. Beberapa moment tersebut aku yakin bisa jadi memorable moments ever untuk franchise film Jurassic. Beberapa karakter pemain dalam film ini pun tampil cukup memuaskan. Starlord yang memerankan Owen serta Bryce sebagai Claire masih mampu menjaga dengan baik kharisma mereka dari film pertamanya. Isabella Sermon yang memerankan cucu dari Benjamin Lockwood tampil cukup mencuri perhatian disepanjang film. Aku suka banget tingkah lakunya dalam film ini.
Music scoring, visual efek serta tata lighting dalam film ini juga sukses membuatku terkesan. Ketiga aspek ini sangat diperhatikan dengan amat baik oleh sang sutradara untuk menghadirkan moment-moment creepy yang pastinya akan memorable. Beberapa spesies dinosaurus dalam film ini tampil tidak se-variatif jilid pertamanya. Bahkan untuk Indoraptor yang menjadi musuh antagonis utama film ini pun diberi jatah tampil sebentar banget. Film ini jauh lebih menekankan pada perjalanan Owen dan kawan-kawan untuk menghentikan aksi Eli saja.
Overall, JURASSIC WORLD: FALLEN KINGDOM (2018) tampil memuaskan sebagai sebuah blockbuster summer movie tahun ini. Recommended!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment