Saturday 10 June 2023

[Review] Influencer: Harap Berhati-hati Dengan Apa Yang Kamu Ikuti



#Description:
Title: Influencer (2023)
Casts: Emily Tennant, Cassandra Naud, Rory J. Saper, Sara Canning
Director: Kurtis David Harder
Studio: Jackrabbit Media, Diamond Cutter Films, Superchill, Shudder


#Synopsis:
Madison (Emily Tennant) adalah seorang Influencer di sosial media asal California yang sedang Traveling ke Thailand. Setiap harinya, Madison selalu membagikan segala aktifitasnya termasuk posting Content Endorsement beberapa produk yang ia bawa. Meskipun liburan kali ini tidak ditemani oleh sang pacar, yaitu Ryan (Rory J. Saper) tak membuat Madison sedih. Ia masih bisa melakukan semuanya seorang diri.
Suatu malam, Madison tak sengaja berkenalan dengan seorang perempuan bernama CW (Cassandra Naud) yang menyelamatkan Madison dari obrolan tidak penting seorang pria yang mencoba merayu Madison.
Perkenalan Madison dan CW terjalin begitu cepat dan langsung akrab satu sama lain. CW kemudian bersedia menjadi Tour Guide dan membawa Madison jalan-jalan ke tempat wisata tersembunyi di Thailand. Mendengar hal tersebut membuatnya sangat senang dan semakin tak sabar untuk jalan-jalan di esok hari. Sebelum matahari terbit, CW dan Madison pergi dari Resort untuk menikmati pemandangan indah di tebing pantai. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan keliling Bangkok dan menikmati aneka kuliner Street Food. 
Waktu semakin larut, CW dan Madison memutuskan untuk pulang ke Resort. Setibanya disana, Madison terkejut melihat kamarnya sudah terbuka dan berantakan. Setelah dicek, Madison kehilangan paspor yang tersimpan di laci meja. Madison kemudian meminta bantuan pada CW untuk membuat laporan ke staff Resort dan kedutaan. Namun sayang, proses laporan tersebut tidak bisa cepat diselesaikan. Penggantian paspor sementara pun memakan waktu paling lambat tujuh hari. Dengan sangat terpaksa Madison memperpanjang tinggal di Thailand meskipun ia harus merelakan salah satu pekerjaan bersama Ryan yang harus diselesaikan dua hari lagi. CW pun berinisiatif menawarkan Madison tinggal di Resort pribadinya agar menghemat biaya.
Sambil menunggu pengurusan paspor sementara, CW mengajak Madison untuk menikmati indahnya laut sekaligus mengunjungi salah satu pulau terpencil yang sering dikunjunginya. Madison tentunya sangat senang bisa berliburan lebih lama dan kini punya teman baru juga di Thailand. Dengan mengenakan Speedboat kecil, mereka berdua meluncur menuju ke pulau terpencil itu. Setibanya disana, Madison tidak bisa menggunakan sama sekali ponselnya karena tidak ada sinyal. Untungnya Madison tak mempermasalahkan hal tersebut dan moment pergi ke pulau juga menjadi ajang istirahat bagi dirinya dari dunia sosial media.
Waktu terus berjalan dan semakin gelap. CW dan Madison menghabiskan banyak minuman alkohol disana. Keesokan paginya, CW diam-diam bangun lalu pergi meninggalkan Madison seorang diri di pulau tersebut. Setelah berhasil melarikan diri, setibanya di Thailand, CW menggunakan identitas Madison untuk menjalankan aksinya. Agar tidak menimbulkan kecurigaan, CW juga mengakses akun sosial media Madison seolah-olah tidak terjadi apa-apa.
Kini, CW menjelema menjadi sosok Madison dan berencana untuk mencari korban baru. Disaat dirinya hampir berhasil mengelabui korban baru, CW dikejutkan dengan sebuah fakta yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Akankah semua kebohongan CW terbongkar?


#Review:
Platform Streaming SHUDDER memang surganya untuk para pecinta film horror maupun thriller. Yang terbaru, film berjudul INFLUENCER (2023) baru saja rilis pada akhir Mei kemarin setelah tayang perdana di festival film Brooklyn di bulan Oktober tahun lalu. Yang membuatku penasaran, film ini berhasil mendapat Fresh Certified dari Rotten Tomatoes dengan skor mencapai 91%.


Untuk segi cerita, film INFLUENCER (2023) hadir dengan premis yang terbilang fresh dan menarik sih. Plot dibuka dengan Daily Life seorang Influencer sosial media dengan pendekatan cukup realistis dengan dunia Influencer saat ini. Karakter Madison sesekali tampak menikmati pekerjaannya itu. Tapi disisi lain, ia juga menampakan rasa bosan dan menampilkan ekspresi palsu demi para pengikut setianya di sosial media. Mungkin untuk sebagian penonton, pendalaman karakter Madison disini terlalu main aman dan kurang ekspresif, jika dibandingkan dengan kondisi para Influencer saat ini yang mayoritas too much dan juga heboh. Plot semakin menarik dan bikin penasaran setelah hadirnya karakter CW yang diperankan oleh Cassandra Naud. Jujur, agak gak ngerti kenapa sih namanya cuma dua huruf doang, kalau untuk penyebutan aja sih sudah biasa kan, cuma ini tuh sampai filmnya selesai, penonton tetap dibuat penasaran kepanjangan atau nama lengkap dari CW itu siapaa? Hahaha.
Kehadiran karakter CW surprisingly membawa film ini yang awalnya terasa drama dan membosankan, jadi bikin penasaran. Sepak terjang yang dilakukannya itu benar-benar terniat dan juga reasonable. Sensasi Thriller yang memacu adrenaline penonton perlahan dibangun dan itu semua bikin gregetan! Puncak keseruan film ini semakin meningkat saat sang penulis cerita menghadirkan kejutan tak terduga. Asli, aku yang nonton ikutan kalang-kabut juga sih kalau ada di posisi itu wkwkw. Cassandra Naud suprisingly menjelema menjadi karakter yang obsesif dan aura misterinya kuat banget. 
Yang cukup disayangkan dari film INFLUENCER (2023) ini kurangnya eksplorasi dari karakter CW. Bahkan untuk motivasi dan tujuan dia melakukan hal tersebut tidak terjelaskan dengan baik. Greget banget sih asli, karena cerita film ini masih banyak celah yang bisa dikembangkan. Sutradara dan tim penulis naskah malah lebih memilih main aman.
Overall, film INFLUENCER (2023) jadi salah satu Hidden Gems memuaskan yang tak sengaja aku temukan di aplikasi SHUDDER. Elemen misteri, thriller dan horrornya benar-benar nge-blend! Keren!



[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment