Tuesday 30 April 2024

[Review] Menjelang Ajal: Akhir Yang Tragis Bagi Pengguna Jin Penglaris Untuk Usaha!



#Description:
Title: Menjelang Ajal (2024)
Casts: Shareefa Daanish, Daffa Wardhana, Caitlin Halderman, Syakeel Fauzi Aisy, Ruth Marini, Michael Olindo, Dewi Pakis, M. N. Qomaruddin, Deni Saputra
Director: Hadrah Daeng Ratu
Studio: Rapi Films, Skymedia, Legacy Pictures, Rhaya Flicks


#Synopsis:
Setelah kematian suaminya, kondisi finansial keluarga Ibu Sekar (Shareefa Daanish) jadi serba kesulitan. Ditambah lagi, ia harus membesarkan ketiga anaknya yaitu Dani (Daffa Wardhana), Ratna (Caitlin Halderman) dan Dodi (Syakeel Fauzi). Untuk biaya sehari-hari dan sekolah ketiga anaknya, Ibu Sekar membuka usaha warung nasi di pasar. Agar usahanya laris dan banyak pembeli, Ibu Sekar terpaksa mengambil jalan pintas dengan mendatangi dukun yaitu Mak Ambar (Dewi Pakis) untuk meminta penglaris usahanya. Dalam waktu singkat, warung nasi Ibu Sekar menjadi laris dan ramai pembeli.


Seiring berjalannya waktu, kondisi ekonomi keluarga Ibu Sekar perlahan mulai membaik. Namun sayang, keinginan Ibu Sekar agar Dani kuliah gagal terwujud karena Dani ingin fokus membuka usaha bengkel kendaraan bersama rekannya. Ibu Sekar semakin kesal dan kecewa dengan keputusan anak pertamanya itu. Ia pun mengusir Dani dari rumah jika tidak mau lagi menuruti perkataannya. Setelah Dani memutuskan pergi dan tinggal di bengkel temannya, Ibu Sekar sangat berharap jika Ratna dan Dodi bisa menjadi anak yang berbakti kepada orangtua dan tidak mencontoh kakaknya itu.
Suatu hari, warung nasi Ibu Sekar mendadak sepi pembeli. Sekalinya ada yang membeli makanan disana, orang tersebut marah karena nasi dan lauk yang ia beli di warung nasi basi dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Ibu Rodiah (Ruth Marini) yang bekerja membantu Ibu Sekar di warung pun ikutan heran karena semua lauk dan nasi yang ia masak pada hari itu semuanya sudah matang dan tidak basi. Kejadian tersebut membuat Ibu Sekar khawatir dan yakin ada kaitannya dengan jin yang selama ini menolongnya untuk melariskan usaha warung nasinya itu.


Ibu Sekar kemudian langsung mendatangi Mak Ambar untuk meminta pertolongan, namun sayang saat tiba di rumahnya, Mak Ambar ternyata sudah meninggal. Ibu Sekar panik dan ketakutan karena hanya Mak Ambar lah yang bisa menolongnya dari jin penglaris itu. Sepulang dari rumah Mak Ambar, kondisi kesehatan Ibu Sekar perlahan mulai menurun. Kulit di sekujur tubuhnya mulai memerah. Hal tersebut membuat Ratna dan Dodi khawatir. Keadaan jadi semakin mencekam karena setiap malamnya Ibu Sekar mengalami kerasukan. Bahkan Dodi bisa melihat dengan jelas jika sang ibu sudah dikuasai oleh jin yang selalu mengikutinya.



Melihat kondisi ibunya yang semakin parah, Ratna akhirnya menghubungi Dani untuk segera pulang. Setibanya di rumah, Dani terkejut melihat ibunya yang sudah berbeda drastis. Atas saran dari pemilik bengkel, Dani meminta bantuan pada Ustadz dan jamaahnya untuk menyembuhkan sang ibu. Akankah Ibu Sekar bisa kembali normal seperti sedia kala?


#Review:
Rapi Films semakin produktif menghadirkan film-film horror di bioskop. Yang terbaru, film MENJELANG AJAL (2024) siap tayang di bioskop mulai 30 April mendatang. Film ini merupakan kolaborasi kedua antara Rapi Films dengan Hadrah Daeng Ratu, setelah SIJJIN (2023). Aku berkesempatan hadir pada acara Gala Premiere film MENJELANG AJAL (2024) yang sukses digelar pada Jum'at (26/4) lalu di Cinema XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Pada kesempatan tersebut, Deni Saputra selaku penulis skenario dan cerita film ini mengungkapkan jika film MENJELANG AJAL (2024) diambil berdasarkan dari kisah nyata yang pernah dialami oleh salah satu kenalannya. Bahkan, Deni Saputra menjadi melihat secara langsung kejadian tersebut sampai kenalannya itu menghembuskan nafas terakhirnya. Yang tak kalah menarik, kembalinya Shareefa Daanish bermain dalam film horror dengan rating 17 tahun keatas menjadi daya tarik tersendiri film ini.


Untuk segi cerita, film MENJELANG AJAL (2024) memang masih menggunakan formula tentang perjanjian dengan setan yang sudah banyak sekali kita temukan di film-film horror. Meskipun demikian, duet Bu Hadrah dengan Kang Deni Saputra kali ini memberikan sentuhan baru karena motif dari plot keluarga Ibu Sekar lebih spesifik yaitu tentang penglaris usaha warung nasi. Selain itu, selain elemen horror, film ini juga memiliki kejutan lain yaitu dengan menghadirkan elemen slasher dan gore yang disimpan di babak akhir cerita. Yang cukup disayangkan bagiku dari film MENJELANG AJAL (2024) ini yaitu alur cerita secara keseluruhan masih mudah ditebak oleh penonton. Jump scared yang dihadirkan juga tidak menawarkan yang baru. Pendalaman karakter dan dinamika cerita yang ada di film ini seharusnya bisa lebih eksploratif lagi, ketimbang memilih main aman. Sepertinya Bu Hadrah masih berada di zona nyamannya untuk urusan hal ini.



Untuk jajaran pemain, penampilan Shareefa Daanish sebagai Ibu Sekar sudah jelas menjadi bintang paling bersinar di film ini. Beliau sukses menghidupkan karakternya dengan maksimal ditambah lagi effort menjadi Ibu Sekar yang kerasukan dengan segala atraksi dan gesture gilanya serta didukung dengan make-up yang benar-benar proper. Moment kerasukan Ibu Sekar dengan menggunakan dialog Bahasa Sunda oleh Shareefa Daanish juga sangat on-point dan tidak maksa. Deni Saputra yang memang Urang Sunda Asli berhasil menuliskan dengan baik dialog-dialog sunda nya di film ini.


Overall, film MENJELANG AJAL (2024) memang tak memberikan hal yang baru untuk film horror Indonesia, namun jika kamu rindu dengan atraksi gila dari Shareefa Daanish ketika kesurupan, film ini tak boleh dilewatkan!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment