Thursday 10 October 2013

[Review] Manusia Setengah Salmon: Hidup Itu Harus Move-On!



#Description:
Title: Manusia Setengah Salmon (2013)
Casts: Raditya Dika, Kimberly Ryder, Eriska Rein, Bucek Deff, Dewi Irawan, Mosidik, M Griff, Insan Nur Akbar, Lana & Lani Girlly.
Director: Herdanius Larobu
Studio: Starvision Plus


#Trailer:



#Synopsis:
Mama Dika (Dewi Irawan) dan Papa Dika (Bucek Deff) sudah jenuh dengan rumah yang mereka tempati dan ingin sekali menjualnya pindah ke rumah yang berada dipinggiran kota. Namun, kelima anak mereka sempat menolak terutama Dika (Raditya Dika) yang bersihkeras tidak mau pindah dengan alasan sudah merasa nyaman. 
Esok harinya seusai bermain futsal bersama teman-temannya, Dika berkenalan dengan Patricia (Kimberly Ryder) yang ternyata merupakan teman sekelas sewaktu menginjak dibangku SMP. Pertemuan yang tidak sengaja disebuah parkiran tersebut ternyata membuat Dika & Patricia menjadi dekat lalu jadian.
Hadir juga sosok Sugiman (Insan Nur Akbar) supir pribadi baru Dika yang mempunyai masalah dalam aroma tubuhnya yang membuat Dika kebingungan.
Satu persatu permasalahan mulai hadir, Dika dikejar-dikejar deadline naskah dari editornya yang bertubuh subur (Mosidik), lalu Mama beserta Dika cukup kesulitan mencari rumah yang pas untuk keluarga mereka, kehadiran Jessica (Eriska Rein) membuat Dika kembali terjebak dalam nostalgia yang membuat Patricia cemburu dan sempat hubungan mereka kandas, kemudian hubungan Papa Dika dengan Dika yang semakin berjarak, hingga permasalahan mengenai aroma tubuh Sugiman yang membuat dika semakin kebingungan menghadapi sopir barunya tersebut;.
Pada akhirnya Dika menyadari bahwa perjalanannya untuk berpindah rumah, serta konflik konflik dalam hidupnya memberi pelajaran kepada Dika untuk harus ikut berpindah juga dari kenangan masa lalu agar membuat Dika menjadi lebih Dewasa.


#Review:
Setelah kesuksesan Cinta Brontosaurus (Fajar Nugros, 2013) yang sampai saat ini masih bertahan di posisi puncak Box Office Film Indonesia 2013, Kini Raditya Dika kembali hadir melalui film ketiganya ditahun ini berjudul Manusia Setengah Salmon yang merupakan adaptasi dari Novel yang Raditya Dika tulis.
Untuk segi cerita, Film Manusia Setengah Salmon ini boleh dibilang sebagai Film Keluarga dan cukup berbeda jauh dari cerita pertama nya yaitu Cinta Brontosaurus yang fokus terhadap kisah cinta Dika. Cerita tentang kehidupan keluarga Dika beserta konflik-konflik "konyol" begitu terasa disepanjang film ini. Kisah cinta Dika-Patricia-Jessica serta problem bersama supir pribadi Dika ini mungkin hanya sebagai pelengkap saja. 
Walaupun akting Raditya Dika masih terlihat "sama" dengan film-film sebelumnya, tetapi Raditya Dika ini mempunyai kelebihan dalam melontarkan dialog-dialog humor tapi cerdas juga romantis atau menjelek-jelekkan dirinya sendiri dan selalu berhasil mengundang senyum disepanjang film. Casts lain yang dipasangkan dengan Raditya Dika seperti Kimberly Ryder, Eriska Rein juga terlihat pas mendampingi karakter Dika. Casts pendukung lain seperti Dewi Irawan, Bucek Deff, M.Griff dan Insan Nur Akbar sukses selalu mencuri perhatian disepanjang film. Kehadiran deretan Cameo (Artis langganan Starvision) dalam film ini makin memeriahkan cerita seperti Sylvia Fully, Marrisa Jeffryna, Dinda Hauw, Egi John, Titi Qadarsih dll.
Untuk segi visual dan musik, boleh dibilang Manusia Setengah Salmon ini jauh lebih baik dari seri film pertamanya Cinta Brontosaurus. Gambar begitu jernih dan halus meskipun ada sedikit di scene out-door yang ngeblur serta musik yang cukup catchy disepanjang film.
Overall, Manusia Setengah Salmon adalah Film Raditya Dika yang cukup menghibur dengan segala macam konflik didalamnya. Satu pertanyaan untuk Raditya Dika, sama seperti yang Editor tanyakan kepada Dika dalam film ini "Apakah Raditya Dika akan tetap konsisten seperti ini?" Biasa nya jika terlalu "sama" dan berturut turut akan timbul kesan monoton dan jenuh. Let's see! :)

[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment