Saturday 22 November 2014

[Review] The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014): The Girl On Fire Is Katniss The Mockingjay


#Description:
Title: The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014)
Casts: Jennifer Lawrence, Liam Hemsworth, Josh Hutcherson, Julian Moore, Natalie Dormer, Sam Claflin, Donald Shuterland, Woody Harrelson, Philp Seymour Hoffman, Stanley Tucci
Director: Francise Lawrence
Studio: Lionsgate, Color Force


#Trailer:

Official Trailer The Hunger Games: Mockingjay Part 1 (2014)


#Synopsis:
Aksi Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) pada pagelaran Quarter Quell The Hunger Games yang ke-75 mau tak mau harus diakui mengubah segalanya. Hubungan The Capitol yang dipimpin oleh President Snow (Donald Shuterland) dengan semua district pun semakin memanas dan memburuk berkat aksi Katnis yang "memberontak" pada saat pagelaran tersebut.
Sebuah district yang sudah merencanakan untuk melakukan pemberontakan yaitu District 13 mencoba mengambil moment yang telah dibuat Katniss Everdeen untuk meluaskan rencana yang akan mereka lakukan ke semua district yang berada dibawah naungan The Capitol dengan mengajak Katniss dan menjadikannya sebagai simbol pemberontakan. Rencana tersebut kemudian mendapat respon yang baik dari President Coin (Julian Moore) pimpinan District 13.
Awalnya ajakan Plutarch Heavensbee (Philip Seymour Hoffman) pada Katniss untuk menjadi simbol pemberontakan ditolak. Namun aksi The Capitol yang terus memborbardir semua district termasuk District 12, tempat kelahiran Katniss, Peeta Mellark (Josh Hutcherson) & Gale Hawthrone (Liam Hemsworth) membuat Katniss langsung setuju dan ikut kedalam team District 13 untuk memberontak The Capitol sekaligus menyelamatkan Peeta yang hilang secara misterius setelah Quarter Quell The Hunger Games yang ke-75.
Ditemani oleh Gale, Katniss kemudian bertemu dengan beberapa relawan dari District 13 salah satunya adalah Cressida (Natalie Dormer). Cressida dan relawan lainnya kemudian mengusulkan Katniss untuk membuat sebuah "iklan" ajakan kepada semua district untuk melawan The Capitol. Untuk meyakinkan penduduk district, Mereka pun mengunjungi beberapa district yang sudah hancur oleh The Capitol. 
Rencana "iklan" tersebut rupanya diketahui oleh The Capitol. Mereka pun terus memantau dan menghancurkan setiap tempat dimana Katniss berada. Disaat yang bersamaan pula sosok Peeta Mellark muncul & membuat kehebohan serta amarah dari seluruh district.


#Review:
Kesuksesan seri kedua Film THE HUNGER GAMES: CATCHING FIRE (2013) membuat orang yang menontonnya semakin dibuat penasaran akan kelanjutan aksi Katniss Everdeen ini. Tak hanya memancing rasa penasaran, visual dan segi action Catching Fire pun terasa sangat grande dan memukau.
Ditahun 2014 ini kelanjutan dari Catching Fire akhirnya dirilis dan dibelah menjadi dua bagian! Bagian pertama dirilis pada 21 November 2014 dan bagian kedua dirilis pada 21 November 2015 mendatang. Sama seperti sebelumnya, Mockingjay kembali memberikan rasa penasaran ketika ending film selesai. Namun sayang, intense action dalam film ini sangatlah sedikit. Ini sangat jauh berbeda dengan seri sebelumnya dimana porsi action nya begitu banyak dan keren.
Minimnya action yang dihadirkan ditutup dengan banyaknya dialog dan scene propaganda pada setiap adegan. Intrik-intrik politik & propaganda sangat mendominasi disepanjang film. Layaknya sebuah kampanye politik, Katniss Everdeen berhasil hadir sebagai sosok yang patut menjadi pimpinan sebuah kelompok masyarakat.
Jennifer Lawrence pun tampil semakin memukau dan heroik di Mockingjay kali ini,. Semangat nya begitu membara dan layak diberi julukan Girl on Fire. Jika di Catching Fire disuguhi dengan banyaknya pemain baru, di Mockingjay ini akan hadir pemain-pemain lama dan sedikit pemain baru yang tampil kuat satu sama lain. Porsi Gale yang dimainkan Liam Hemsworth pun jauh lebih banyak pada series ini. Chemistry yang dihadirkan lewat karakter Katniss & Gale pun ampak begitu manis dan cocok #TeamKatnissGale
Overall, The Hunger Games: Mockingjay Part 1 akan sedikit meruntuhkan ekspetasi kamu jika mengharapkan action yang dahsyat. Sepertinya sang sutradara "sengaja" menyimpan adegan-adegan action yang memukau di Final Chapter Mockingjay Part 2 yang dirilis tahun depan. can't wait!!


[7/10Bintang]

*NB: Jika kamu kehabisan tiket THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 1 di Bioskop, jangan dulu pulang atau sedih.. Saya rekomendasikan untuk menonton Film ANGKER (2014) kenapa? Karena ini merupakan 100% Pure Film Horror Indonesia.

0 comments:

Post a Comment