Tuesday 9 February 2016

[Review] The Boy: Cerita Tersembunyi Di Balik Boneka Brahms



#Description:
Title: The Boy (2016)
Casts: Lauren Cohan, Rupert Evans, Jim Norton, Diana Hardcastle, Ben Robson, Jett Klyne, Lily Pater, James Russell. Stephanie Lemelin
Director: William Brent Bell
Studio: STX Entertainment, Lakeshore Entertainment, Huayi Brothers Pictures, Vertigo Entertainment


#Trailer:

Official Trailer The Boy (2016)


#Synopsis:
Greta Evans (Lauren Cohan) sedang mengalami permasalahan dalam keluarga bersama Cole (Ben Robson). Ia kemudian memutuskan untuk terbang ke Inggris untuk menenangkan diri sendirian. Atas usulan dari temannya Sandy (Stephanie Lemelin), Greta akan tinggal dan bekerja sebagai asisten rumah tangga disebuah rumah besar milik keluarga Mr. Heelshire (Jim Norton) dan Mrs. Heelshire (Diana Hardcastle). Di dalam rumah yang bagaikan istana dongeng ini, Greta diharuskan mengurus anak semata wayang keluarga Heelshire bernama Brahms ketika Mr & Mrs Heelshire pergi untuk berliburan.
Namun, Greta terkejut dan menganggap sebuah lelucon ketika Malcolm (Rupert Evans) yang merupakan petugas pengantar makanan ke kediaman keluarga Heelshire mengenalkan Brahms padanya. Brahms ternyata sebuah boneka porselen. Orangtua dari Brahms menginginkan Greta bisa mengurus Brahms dengan baik dan mengikuti seluruh peraturan yang telah dibuat. Diantaranya yaitu: Jangan memutar musik kencang, Jangan tinggalkan Brahms sendirian dan Beri ciuman selamat malam sebelum tidur.
Pada awalnya Greta, mengabaikan Brahms, namun kemudian hal-hal aneh mulai menghampiri Greta. Ia mulai mimpi buruk, merasakan hal-hal aneh dan puncaknya ia merasakan terror misterius didalam rumah itu.
Siapakah yang meneror Greta? Apakah benar boneka porselen bernama Brahms itu adalah pelakunya?


#Review:
Film horror yang menggunakan Boneka sebagai jualan terror-horrornya mungkin bukanlah hal yang baru. Sebut saja Chucky (1988) boneka yang iconic itu, kemudian baru-baru ini Annabelle (2014) yang sukses berkat muncul sebagai "cameo" dalam Film Horror Terlaris Sepanjang Masa, The Conjuring (2013) yang meskipun Film Annabelle itu cukup mengecewakan. Kali ini sutradara William Brent Bell menghadirkan sebuah horror yang memberikan terrornya lewat sebuah boneka porselen berwujud anak laki-laki yang diberi nama Brahms.
Dengan premis cerita yang klasik dan sudah banyak ditemukan pada film horror lainnya, THE BOY tampil lumayan menjanjikan diawal film. Kita diajak ikut mempercayai dan ikut menggila bahwa boneka Brahms itu benar-benar hidup berkat akting meyakinkan dari Jim Norton dan Diana Hardcastle. Meskipun akting dari Lauren Cohan yang berperan sebagai Greta tidak terlalu mencolok sebagai seorang asisten rumah tangga yang jiwanya sedang terancam.
Perlahan tapi pasti, misteri pun mulai ditebar dipertengahan film. Meskipun minim jumpscared, The Boy masih bisa memberikan sensasi horror yang oke dengan bantuan creepy-nya si boneka Brahms, set lokasi yang meyakinkan dan efek musik yang menyeramkan.
Menuju akhir film, THE BOY memberikan plot-twist yang cukup oke dan diluar ekspetasi. Entah ini disebut twist yang bagus atau jelek, keseluruhan horror dan jumpscared yang diberikan THE BOY lumayan baik.


[7.5/10Bintang]

1 comment: