Wednesday 24 April 2019

[Review] Avengers Endgame: Penghujung Kisah Infinity Saga dan Thanos


#Description:
Title: Avengers: Endgame (2019)
Casts: Robert Downey Jr, Josh Brolin, Chris Evans, Scarlett Johansson, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Paul Rudd, Jeremy Renner, Karen Gillan, Brie Larson, Don Cheadle, Benedict Wong, Danai Gurira, Gwyneth Paltrow, Bradley Cooper
Director: Anthony Russo & Joe Russo
Studio: Marvel Studios

#Synopsis: [SPOILER ALERT]
Usai Thanos (Josh Brolin) melakukan decimation dengan Infinity Gauntletnya, separuh populasi dari alam semesta benar-benar menghilang menjadi debu. Kekalahan team Avengers membuat seluruh anggota yang selamat dari decimation putus asa. Tony Stark (Robert Downey Jr) dan Nebula (Karen Gillan) terombang ambing di angkasa usai kalah melawan Thanos di Planet Titan. Begitu juga dengan Steve Rogers (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Natasha (Scarlett Johansson), Bruce Banner (Mark Ruffalo), James Rhodes (Don Cheadle), Okoye (Danai Gurira) dan Rocket (Bradley Cooper) yang harus menerima kekecewaan atas kekalahan di Wakanda dan hilangnya rekan-rekan Avengers mereka oleh efek decimation Thanos.


Ditengah keputusasaan itu, untungnya Nick Fury (Samuel L. Jackson) sempat berhasil menghubungi Carol Danvers (Brie Larson) untuk meminta pertolongan sebelum ia menghilang menjadi debu. Dengan bantuan Carol, akhirnya Tony dan Nebula bisa kembali ke bumi. Setibanya di bumi, Tony memutuskan untuk pensiun menjadi Iron Man. Ia tak kuasa untuk melawan kekuatan Thanos yang semakin powerful usai mendapatkan Infinity Gauntlet.


Hingga lima tahun berlalu, efek decimation Thanos membuat kehidupan di bumi makin sepi. Steve, Natasha, Bruce dan James terus berusaha mencari cara untuk mengembalikan orang-orang yang hilang. Hadirnya Nebula di bumi cukup membantu team Avengers yang tersisa untuk melacak keberadaan Thanos. Dibantu Carol Danvers dengan over powernya, team Avengers yang tersisa langsung mendatangi tempat persembunyian Thanos. Namun sayang, setibanya disana, Infinity Gauntlet bersama dengan Infinity Stonesnya sudah hancur oleh Thanos sendiri karena usai melakukan decimation, Infinity Gauntlet itu semakin membuat dirinya kesakitan bahkan nyaris merenggut nyawanya. Tidak terima dengan ucapan Thanos, Thor semakin marah dan tanpa pikir panjang ia langsung memenggal kepala Thanos dengan Strombreaker. Kematian Thanos itu tak berpengaruh karena efek decimation yang ditimbulkan ternyata tidak hilang.



Harapan kembali muncul usai Scott Lang (Paul Rudd) yang terjebak di Quantum Realm akhirnya tak sengaja bisa keluar. Scott yang ternyata sudah terkurung selama lima tahun didalam Quantum Realm dibuat tak percaya apa yang sudah terjadi di muka bumi. Dilanda kebingungan, Scott kemudian mendatangi markas Avengers untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sekaligus memberikan informasi seputar Quantum Realm. Scott yakin bahwa Quantum Realm ini memiliki keunikan tersendiri yaitu perbedaan waktu yang sangat drastis dengan bumi. Scott dinyatakan hilang sudah lima tahun lamanya, tapi selama terjebak didalam Quantum Realm, ia hanya menghabiskan lima jam saja. Scott yakin jika mereka bisa mengendalikan dimensi waktu yang ada di Quantum Realm itu maka mereka bisa melakukan time travel untuk mendapatkan enam Infinity Stones dimasing-masing tempat sebelum jatuh ke tangan Thanos. Steve lalu mengajak Natasha, Scott dan Bruce untuk menemui Tony Stark. Karena mereka yakin dengan ilmu pengetahuan dan peralatan canggih milik Tony, ide dan rencana time travel dengan menggunakan Quantum Realm akan berhasil. Namun sayang, lima tahun usai kekalahan Avengers melawan Thanos membuat Tony tetap kekeuh untuk pensiun sebagai Iron Man dan lebih memilih hidup sederhana bersama dengan keluarga kecilnya yang kini sudah mempunyai anak perempuan, buah cintanya dengan Pepper Potts (Gwyneth Paltrow). Penolakan Tony tidak membuat Steve dan yang lainnya putus asa. Mereka pun berinisiatif melakukan percobaan time travel sendiri ini yang dikomandoi oleh Bruce, tanpa bantuan teknologi dari Tony.



Tapi ternyata, percobaan itu gagal. Mereka belum berhasil melakukan time travel dengan benar. Untungnya, tak lama setelah itu Tony datang ke markas Avengers yang memutuskan untuk membantu dan membuatkan alat time travel yang sudah ada dan dikombinasikan dengan teknologi yang dimilikinya. Steve dan yang lainnya kini semakin ada harapan dan optimis usai kembalinya Tony ke markas Avengers. Maka dari itu untuk melakukan time travel, Steve, Natasha, Rocket Raccoon, James langsung mencari dan menghubungi team Avengers lain yang sudah memiliki kehidupannya masing-masing. Rocket dan Hulk menemui Thor yang saat ini hidup dalam ketenangan bersama dengan penduduk Asgard yang tersisa, yaitu Valkyrie (Tessa Thompson) dan Korg (Taika Waititi). 
Lima tahun tak ada aktifitas itu membuat kondisi Thor mengalami perubahan postur tubuh yang drastis. Natasha terbang ke Tokyo menemui Hawkeye (Jeremy Renner) yang kini berubah menjadi Ronin, seorang pembunuh yang telah kehilangan keluarganya. Dan yang terakhir Nebula ikut bergabung membantu team Avengers, karena ia mengetahui letak koordinat planet-planet yang menyimpan salah satu Infinity Stones. Jumlah personel kini sudah tersedia. Tony pun setuju untuk membantu Steve dan yang lainnya melakukan time travel dan mengumpulkan seluruh Infinity Stones yang tersebar diberbagai tempat. Enam batu Infinity Stones itu tiga diantaranya berada di Bumi, satu berada di planet Vormir dan satu lagi berada diantara planet Morag / Asgard. Dengan memanfaatkan Quantum Realm serta serum berwarna merah milik Dr. Hank Pym (Michael Douglas), Avengers yang tersisa kembali ke masa lalu. 


Ternyata Avengers yang tersisa mengalami banyak rintangan ketika melakukan Time Travel. Ketika Tony, Scott, dan Steve mengincar space stone (biru) dan mind stone (kuning) yang berada dalam timeline The Avengers melawan pasukan Thanos yang menyerang New York pada tahun 2012 lalu, mereka harus berhadapan dengan Loki (Tom Hiddleston) dan juga Hydra. Bruce mendatangi Ancient One (Tilda Swinton) untuk mendapatkan time stone (hijau). Natasha dan Hawkeye pergi ke Planet Vormir untuk mendapatkan soul stone (orange). Thor dan Rocket pergi ke Asgard untuk mendapatkan reality stone (merah), dan yang terakhir Nebula dan James pergi ke Planet Morag untuk mengambil power stone (ungu) sebelum didapatkan oleh Starlord (Chris Pratt) dan ayahnya, Thanos yang sedang mengawali perjalannya berburu Infinity Stones bersama dengan pasukan dan anak buahnya. 


Keadaan semakin diperparah saat kehadiran Nebula-James diketahui oleh Thanos dengan cara mengakses pikiran dan otak dari Nebula yang dibantu oleh Ebony Maw, salah satu Children of Thanos. Semua rencana Tony dan masa depan berhasil diketahui oleh Thanos. Infinity Stones yang berusaha dikumpulkan oleh team Avengers kini menjadi incaran Thanos. 
Mampukah Iron Man, Captain America, Hulk, Hawkeye, Nebula, Captain Marvel, Thor dan Rocket Raccoon kali ini benar-benar menghentikan dan melenyapkan Thanos?

#Review:
Selain libur tanggal merah dan lebaran idul fitri, moment yang paling ditunggu miliaran penduduk bumi ini aku yakin adalah kelanjutan dari film mega blockbuster AVENGERS: INFINITY WAR (2018) akan seperti apa? Pasalnya di film tersebut, Team The Avengers kalah telak melawan Thanos. Bahkan beberapa superhero mati, hilang menjadi debu dan itu membuat para penggemar Marvel Cinematic Universe sangat sedih. Maka dari itu, setahun kemudian tepatnya hari ini, akhir cerita 11 tahun perjalanan Infinity Saga di Marvel Cinematic Universe dengan total Tiga Phase yaitu AVENGERS: ENDGAME (2019) tayang juga di bioskop Indonesia. 


Selesai nonton aku cuma bisa bilang satu kalimat kepada Anthony & Joe Russo.. "Isi otak kalian itu apaansih mas, gila bener deh!" AVENGERS: ENDGAME (2019) ini dibuat lebih besar dan spekatakuler banget jika harus dibandingkan dengan AVENGERS: INFINITY WAR (2018). Jika kamu sudah dibuat "orgasme" berkali-kali oleh Infinity War, maka bersiaplah dengan film ini karena akan menservice semakin memuaskan, berlipat ganda dan melampaui Infinity War. Plotline yang dihadirkan benar-benar padat, detail, sangat jelas dan tak sedikit juga yang mematahkan fan-theory para fanboy fangirl MCU yang selama ini sudah tersebar luas. Hahaha. Rangkuman 11 tahun MCU dengan total lebih dari 20 film tersaji begitu epik disini. Kita bisa melihat berbagai karakter dari film-film sebelumnya. Mulai dari Jane Foster, Loki, Frigga, Howard Stark hingga Margareth Carter semuanya ada! Seperti biasanya, di AVENGERS: ENDGAME (2019) ini juga menghadirkan kejutan-kejutan unpredictable baik itu yang menggembirakan maupun yang bikin patah hati hingga refleks langsung mengeluarkan air mata penonton! Yang katanya trailer itu menipu ternyata benar adanya. Paling mencolok banget malah perbedaan antara trailer dan film. 


Babak kedua film yang melakukan Time Travel benar-benar dibuat sangat asyik, moment flashbacknya bikin merinding dan tak terduga juga twist muncul disini. Aksi kucing-kucingan yang The Avengers lakukan berhasil membuat penonton gemas dan terhibur. Kampret emang ide dan penulis skenario filmnya. Bisaan banget bikin penonton histeris lalu menangis! Dan yang paling mengesankan dan luar biasa berikutnya dari AVENGERS: ENDGAME (2019) ini adalah babak ketiganya dihadirkan more bigger ever! Tidak ada yang sia-sia. Semuanya sangat bombastis, luar biasa mengesankan dan takkan terlupakan! Final battle yang ditampilkan berhasil bikin nangis kaaan! Huhuhu.


Untuk segi visual dan scoring musik, film ini sudah menjadi standar tertinggi untuk ukuran film mega blockbuster. Indah, memukau, dramatis dan bikin nganga. Jajaran pemain tampil sangat memuaskan dan beberapa karakter cukup mengejutkan dengan penampilan barunya. Natasha Romanoff, Tony Stark, Steve Rogers, Hawkeye, Hulk, Thor dan team Avengers yang lainnya akan menjadi iconic dan takkan pernah terganti oleh siapapun. Original Six The Avengers dalam film ini sangat dieksplorasi dengan baik oleh sang sutradara. Dari awal hingga akhir film, begitu konsisten menjaga cerita keenam The Avengers ini. Endingnya ituloh sangat mengguncang dan mengaduk-aduk perasaan penonton. Perjalanan 11 tahun mereka dalam tiga phase Infinity Saga diakhiri dengan sangat memuaskan. 
Film ini pun menurutku masih memiliki sedikit plothole yang patut dipertanyakan seputar Gamora, Captain America dan kekuatan Infinity Gauntlet itu sendiri. Tapi aku yakin, semua pertanyaan dan plothole itu pasti akan terjawab di film-film MCU berikutnya! 


This is THE BEST MOVIE of the year for me! Oia di AVENGERS: ENDGAME (2019) ini Marvel Studios tidak menyelipkan middle dan end credit scene ya! Jadi gak perlu nunggu sampai ujung banget karena tidak ada sama sekali! Haha. Better langsung cabut keluar bioskop aja. Jangan lupa juga bawa bekas jajanan kalian dan buang diluar studio ya, biar meringankan dan mempercepat proses clear-up studio mas-mba cleaning service dan usher bioskopnya!


[10/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment