Monday 12 August 2019

[Review] Mahasiswi Baru: Ketika Usia Senja Tidak Menjadi Halangan Untuk Menuntut Ilmu


#Description:
Title: Mahasiswi Baru (2019)
Casts: Morgan Oey, Mikha Tambayong, Widyawati, Umay Shahab, Sonia Alyssa, Slamet Rahardjo, Karina Suwandi, Iszur Muchtar, Della Dartyan
Director: Monty Tiwa
Studio: MNC Pictures


#Synopsis:
Umur Lastri (Widyawati) sudah mencapai angka 70 tahun. Di umur itu, dia ingin merasakan kuliah di perguruan tinggi. Keinginan ini aneh bagi seorang nenek-nenek yang umumnya ingin menimang cucu atau hal-hal lainnya.Namun keinginan Lastri akhirnya diperbolehkan anaknya, Anna (Karina Suwandi) dan suaminya Erik (Iszur Muchtar). 
Di kampus Cyber Indonesia, Lastri berteman dengan Danny (Morgan Oey), Sarah (Mikha Tambayong), Erfan (Umay Shahab) dan Reva (Sonia Alyssa). Layaknya masa kuliah, mereka membentuk semacam geng yang sering berbuat onar dan rusuh di kampus. Dari pergaulan itu, Lastri juga sering pulang larut malam dan keluyuran. Hal itu membuat anaknya menjadi tidak tenang. Anna bahkan sering memarahi ibunya atas kelakuan ibunya selama di kampus. Lastri bahkan terlibat ke tawuran dan baku hantam antar mahasiswa dan juga tak sengaja terkena prank yang dilakukan oleh Danny. Ketenangan Lastri di kampus mulai terancam. Dekan fakultas tempat Lastri menimba ilmu yaitu Pak Chairul (Slamet Rahardjo) mengancam akan mengeluarkan Lastri jika ia tidak mendapat nilai bagus dan terus menimbulkan keonaran di kampus.
Dan disaat nilai IP dari kampus keluar, nilai yang diperoleh Lastri ternyata rendah. Ia menjadi ketakutan karena pasti akan dikeluarkan oleh Pak Chairul. Tapi teman satu gengnya tidak tinggal diam. Sarah menyarankan Lastri untuk mendekati dan menggoda Pak Chairul karena Pak Chairul adalah seorang duda ditinggal meninggal oleh istrinya sepuluh tahun silam. Demi mendapatkan kesempatan sekali lagi, Lastri mencoba ide Sarah. Dengan dibantu Erfan, Danny dan juga Reva mereka lalu mendandani Lastri semenarik mungkin agar Pak Chairul tertarik padanya.
Seiring berjalannya waktu, semua rencana Lastri mulai menunjukan perkembangan. Pak Chairul jadi dekat dengannya. Disisi lain, persahabatan diantara Danny, Sarah, Erfan dan Reva mulai dilanda konflik disaat salah satu rahasia diantara terbongkar.
Akankah Lastri berhasil menjadi mahasiswi lagi?

#Review:
MNC Pictures semakin konsisten menghadirkan film dengan ide dan skenario yang original tanpa embel-embel adaptasi dari buku, biografi atau apapun. Agustus 2019 ini giliran Monty Tiwa diajak MNC Pictures untuk menggarap sebuah film Indonesia bergenre komedi berjudul MAHASISWI BARU (2019). Film ini membawa penonton untuk melihat seorang nenek tua yang mencoba menimba ilmu lagi di bangku kuliah demi satu tujuan.
Monty Tiwa meracik ide ini menurutku berhasil memancing tawa penonton. Dari paruh awal film saja, penonton sudah dibuat tertawa melihat Lastri yang melakukan kegiatan ospek dan dimarahi oleh dua mahasiswa-mahasiswi senior. Kelucuan dan kegilaan Lastri terus berlanjut disaat ia mempunyai geng bersama dengan Danny, Erfan, Sarah dan Reva. Lastri dengan umurnya yang sudah lanjut, tak membuat ia kehilangan semangat. Keempat anggota geng lainnya pun tak kalah gila dengan Lastri. Danny yang diperankan Morgan Oey sangat berhasil dan konsisten menjadi content creator alay yang selalu memuja para followernya yang ia beri nama Baladanny. Umay Shahab yang memerankan karakter Erfan pun dibuat konsisten selalu kritis dan ngegas disetiap tindakannya. Dua perempuan remaja dalam film MAHASISWI BARU (2019) ini tampil sebagai pemanis yang cukup efektif. Mikha Tambayong semakin cantik dan eksotis, sementara itu Sonia Alyssa masih nampak berusaha keras seluwes mungkin berhadapan dengan para aktor aktris yang jam terbangnya sudah tinggi. Yang sudah pasti dan tak perlu diragukan lagi adalah kemampuan aktris senior Widyawati memerankan Lastri. Beliau begitu luwes menjadi seorang nenek yang kembali "muda" ketika bersama dengan teman-teman satu gengnya. Moment sweet tapi alay bersama Slamet Rahardjo pun sukses memancing tawa penonton. Sekali lagi Monty Tiwa membuktikan serta menghadirkan aktor aktris yang bukan berasal dari dunia komedi MAMPU dan BISA melucu juga. Contohnya yaitu film ini dan film Monty Tiwa sebelumnya yaitu SHY-SHY CAT (2016)
Film ini tak membuat penontonnya harus berfikir keras, menebak twist gila atau menunggu moment drama yang menguras air mata. Monty Tiwa cukup menyajikan komedi yang konsisten dari awal hingga akhir film dengan sedikit menyelipkan moment drama lewat maksud dan tujuan Lastri kembali bangku kuliah.
Overall, film MAHASISWI BARU (2019) berhasil tampil ringan dan menghibur dari awal hingga akhir film. Widyawati aselole banget!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment