Monday 29 July 2019

[Review] BrideZilla: Ambisi Untuk Meraih Gelar Wedding Of The Year


#Description:
Title: BrideZilla (2019)
Casts: Jessica Mila, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Rafael Tan, Widyawati, Aimee Saras, Lucinta Luna, Adriano Qalbi, Rukman Rosadi
Director: Andibachtiar Yusuf
Studio: Visinema Pictures

#Synopsis:
Dara (Jessica Mila) sejak kecil sangat menggemari drama-drama romantis yang ditayangkan di televisi. Perlahan Dara terobsesi suatu saat nanti ketika dirinya dewasa, ia ingin mendapatkan moment romantis bersama dengan kekasih, menikah dengan resepsi besar dan bahagia. Impian Dara ini semakin didukung oleh ibunya yang ingin anak perempuan satu-satunya itu bisa mengadakan acara pernikahan sesuai impiannya.
Dara tumbuh dewasa menjadi wanita cantik yang mempunyai usaha Wedding Organizer bersama dengan Key (Sheila Dara Aisha) teman dan asistennya Aang (Rafael Tan). Ia juga memiliki kekasih yang sangat pengertian dan perhatian padanya yaitu Alvin (Rio Dewanto). Sudah puluhan client berhasil mereka tangani. Mayoritas para client-nya puas dengan pekerjaan yang dilakukan oleh Dara, Key dan para staff Wedding Organizer-nya. Suatu hari Dara dan Key mendapatkan client untuk melangsungkan acara pernikahan Queen Lucinta Luna (Lucinta Luna) dan calon suaminya, Lord Bobby (Adriano Qalbi). Dara dan Key kali ini harus ekstra sabar menghadapi client-nya ini lantaran Queen Lucinta Luna adalah artis sensasional, dipandang orang paling berpengaruh di sosial media dan banyak protes jika tak sesuai dengan keinginannya. Sedangkan calon suaminya, Lord Bobby merupakan pengusaha kaya raya yang sangat royal terhadap Queen Lucinta.



Melihat client-nya ini membuat Dara dan Key harus ekstra hati-hati dan penuh kesabaran karena apabila salah sedikit saja, Queen Lucinta pasti akan mem-viralkan di sosial media dan imbasnya akan berdampak pada reputasi Wedding Organizer mereka. Tahap demi tahap proses resepsi pernikahan Queen Lucinta dan Lord Bobby berjalan lancar. Tamu undangan yang mayoritas para influencer, sosialita dan media-media ikut merasakan kebahagiaan di acara resepsi pernikahan itu. Dara dan Key senang, mereka yakin acara resepsi pernikahan Queen Lucinta dan Lord Bobby akan menjadi Wedding of The Year serta menjadi highlight di majalah Wedding Star yang merupakan majalah pernikahan No.1 di Indonesia.


Semua kebahagiaan mempelai pengantin, tamu undangan dan optimisme Dara ini hancur seketika disaat Queen Lucinta terjatuh cukup parah saat menuju ke pelaminan. Hal ini membuat ia marah besar dan video jatuhnya sang mempelai wanita itu pun menjadi viral dimana-mana. Akibat insiden itu calon-calon client Dara dan Key membatalkan kerjasamanya dengan Wedding Organizer mereka. Dara dan Key kewalahan menangani para client yang meminta kembali uang mereka. Dara terpaksa menggunakan tabungan dan menjual mobilnya demi menyelesaikan permasalahan dengan para client-nya. Kini usaha Wedding Organizer Dara dan Key harus memulai kembali dari bawah gara-gara testimoni yang diberikan Queen Lucinta di sosial media terlalu berlebihan yang mengakibatkan mereka menjadi sepi job. Bahkan para vendor pun ikut-ikutan mundur, enggan bekerjasama kembali dengan mereka. Dara yang mengalami kesedihan dan kekesalan mendalam untungnya selalu diberi support yang luar biasa dari kekasihnya, Alvin.



Tak ingin melihat kekasihnya terus bersedih, Alvin kemudian memberi kejutan yaitu melamar Dara. Hal ini membuat Dara menjadi sangat bahagia, karena disaat terpuruk sekalipun, Alvin selalu berusaha membahagiakannya. Usai kekasihnya melamar, Dara pun mempunyai sebuah ide. Ia berencana akan menggelar resepsi pernikahannya dengan Alvin dan menggunakan moment sakral mereka untuk meraih kembali reputasi usaha Wedding Organizer yang sudah hancur gara-gara Queen Lucinta. Tak cuma itu saja, Dara pun terobsesi pernikahannya ini akan meraih Wedding Of The Year dan mendapat highlight dari majalah Wedding Star juga.



Langkah pertama yang Dara lakukan yaitu merancang konsep pernikahannya sesuai dengan mimpinya pada saat masih kecil. Langkah berikutnya ia meminta izin pada pemilik majalah Wedding Star yaitu Mrs. Anna Soehardjo (Widyawati) yang terkenal sangat perfeksionis dan detail dalam segala hal. Dara diberi syarat oleh Mrs. Anna jika pernikahannya ingin dimuat di majalah Wedding Star, ia harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan. Salah satunya yaitu mengundang seluruh influencer populer dan sosialita yang ada di Ibukota.




Permintaan Mrs. Anna pun Dara sanggupi. Ia kemudian berkonsultasi dan menemui geng influencer yang terkenal di Ibukota yaitu The Fabulous yang diketuai oleh Miss Kirana (Aimee Saras). Dara memohon bantuan pada The Fabulous untuk datang ke resepsi pernikahannya nanti dan mengajak seluruh influencer, sosialita Ibukota memeriahkan resepsi pernikahan mereka. Tanpa pikir panjang ia rela membayar The Fabulous demi resepsi pernikahannya meriah dan mendapat sorotan banyak orang. Tak cuma itu saja, Dara juga terpaksa mengikuti persyaratan yang diinginkan The Fabulous yaitu mereka diharuskan menjadi bridesmaid bagi Dara disaat acara pernikahan nanti.




Obsesi Dara yang semakin besar soal pernikahannya nanti dengan Alvin yang harus mendapat gelar Wedding Of The Year perlahan mulai menyakiti perasaan orang-orang terdekatnya. Syarat-syarat yang diberlakukan oleh Mrs. Anna, The Fabulous hingga sosok Queen Lucinta siap menghadang dan menghancurkan rencana yang sudah dilakukan oleh Dara. Apakah Dara berhasil menjadikan pernikahannya dengan Alvin mendapat gelar Wedding Of The Year?


#Review:
Beberapa tahun terakhir, rumah produksi Visinema Pictures milik Angga Dwimas Sasongko dan Anggia Kharisma semakin getol memproduksi film-film Indonesia. Usai debut perdana Visinema Pictures memproduksi filmnya sendiri tanpa bekerjasama dengan rumah produksi lain lewat film CAHAYA DARI TIMUR (2014), eksistensi Visinema semakin diperhitungkan di industri film Indonesia. Tahun demi tahun Visinema selalu menghadirkan film Indonesia yang menurutku hasilnya tak pernah gagal. Mulai dari:
1. Cahaya Dari Timur (2014)
2. Filosofi Kopi (2015)
3. Wonderful Life (2016)
4. Surat Dari Praha (2016)
5. Bukaan 8 (2017)
6. Filosofi Kopi 2 (2017)
7. Love For Sale (2018)
8. Keluarga Cemara (2019)
9. Terlalu Tampan (2019)
10. Mantan Manten (2019)
selalu mendapatkan personal rating dariku paling rendah adalah delapan bintang. Tak cuma itu saja, film-film produksi Visinema juga selalu mendapat apresiasi dari berbagai festival film tingkat nasional. Aktor-aktris seperti Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Julie Estelle, Luna Maya, Lala Karmela, Gading Marten, Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Atiqah Hasiholan hingga para aktor aktris remaja seperti Ari Irham, Nikita Willy dan Rachel Amanda berhasil semakin memantapkan kualitas aktingnya ketika bermain dalam film Indonesia produksi Visinema.
Awal Agustus 2019 mendatang, Visinema untuk yang keempat kalinya ditahun ini merilis film terbarunya berjudul BRIDEZILLA (2019) karya sutradara  Andibachtiar Yusuf yang sebelumnya sukses besar dengan film LOVE FOR SALE (2018). Aku berkesempatan hadir dan datang ke acara Gala Premiere film BRIDEZILLA (2019) yang dilangsungkan pada Kamis, 24 Juni 2019 lalu di CJ CGV* Grand Indonesia, Jakarta. Suasana lobby bioskop kala itu benar-benar disulap seperti acara resepsi pernikahan dengan banyaknya karangan bucket bunga dan foto-foto adegan film serta pra-wedding diseluruh area lobby bioskop.


Untuk segi cerita, premis film yang dibintangi Jessica Mila ini menurutku sangat asyik yaitu tentang daily-life para pekerja di Wedding Organizer yang selalu sabar dalam menghadapi para client-nya yang bawel dan tukang marah-marah layaknya Godzilla. Andibachtiar YouTube lumayan detail menghadirkan segala problematika pekerjaan Wedding Organizer disepanjang film. Yang paling aku suka disini adalah best-friendship chemistry antara Dara dan Key. Setiap dialog, kelakuan dan gesture mereka berdua sama sekali tidak terlihat berakting. For the very first time in this year, aku sangat menikmati persahabatan dua orang perempuan dalam sebuah film Indonesia. Moment persahabatan Dara dan Key ini pun semakin asyik ketika sang sutradara menyelipkan konflik didalamnya. Persahabatan mereka diuji saat moment Bridesmaid merupakan salah satu GONG! moment terbaik dalam film ini. Rasa sakit dan patah hati yang dirasakan Key sangat berhasil membuatku terpukul ditambah lagi dengan alunan lagu Andmesh - Hanya Rindu semakin membuat GONG! moment itu semakin menyakitkan.


Film BRIDEZILLA (2019) ini juga menghadirkan moment komedi yang cukup berhasil mengocok perut penonton. Andibachtiar YouTube berhasil memanfaatkan sosok sensasional Lucinta Luna sebagai sumber komedi untuk film ini. Aku kira sosok Queen Lucinta ini hanya sekedar numpang lewat saja eh ternyata ia mempunyai peran yang cukup penting untuk keseluruhan cerita. Hampir 60% cerita dalam film ini melibatkan Queen Lucinta. Dan surprisingly Lucinta Luna pun menurutku menjadi karakter paling berhasil berkomedi dalam film BRIDEZILLA (2019) ini. Moment pernikahan yang menjadi viral, adu mulut dengan Jessica Mila dan teriak-teriaknya ituloh berhasil membuat satu teater saat Gala Premiere tertawa kencang. Improvisasi komedi yang dilakukan Lucinta Luna di film ini menurutku sudah satu level dengan Syahrini di film BODYGUARD UGAL-UGALAN (2018). Pokoknya Lucinta Luna dan Syahrini ini harus terus ada dalam film-film komedi Indonesia karena meskipun dua orang ini diam saja, sudah bisa memancing tawa penonton. Semoga kedepannya para produser dan sutradara kembali mengajak dua orang ini untuk bermain dalam film Indonesia.
Berikutnya aku sedikit agak cringe disaat komedi signature khas Andibachtiar YouTube yang mengarah pada objek sensualitas dalam film ini dihadirkan. Entahlah aku malah ngerasa risih ketimbang tertawa disaat adegan celana Alvin ataupun saat Dara dan Key yoga. Tapi hal cringe itu berhasil ditutupi oleh soal obsesi Dara yang kekeuh ingin mendapat gelar Wedding Of The Year. Ambisi kuatnya itu membuat ia rela melakukan apa saja hingga tak menyadari apa yang dilakukannya itu sama saja seperti kelakuan Lucinta Luna, tukang Panjat Sosial. Tak lupa juga sang sutradara dan penulis skenario yaitu Lucky Kuswandi dan Fai Tirta menyelipkan issue terkini soal kelakuan para influencer yang menurutku begitu related dengan keadaan real. Disini juga mereka memperlihatkan bahwa perempuan juga bisa berada diposisi yang salah jika terus menuruti obsesi dan keinginan berlebihan apalagi berhubungan dengan soal pernikahannya.


Untuk jajaran pemain, Jessica Mila menampilkan kualitas aktingnya yang semakin matang. Menurutku film BRIDEZILLA (2019) is the best performance from her so far. Jesmil mampu mengolah emosinya dengan amat baik disaat ia beradu peran baik itu dengan Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha maupun Lucinta Luna. Karakter Key yang diperankan Sheila Dara Aisha pun menurutku sangat bagus. Presenter sekaligus aktris spesialis webseries ini juga tak kalah memikatnya dengan Jesmil. Karakter Rio Dewanto yang look-nya mirip George Clooney ini juga tampil begitu kharismatik dengan pesonanya sebagai lelaki dewasa. Yang tak boleh dilupakan berikutnya yaitu Widyawati yang memerankan karakter Anna Soehardjo yang sekilas dibuat mirip dengan Meryl Streep dalam film DEVIL WEARS PRADA (2003). Karakter yang sedikit mengganggu menurutku pribadi adalah karakter ayah Dara yang diperankan oleh Rukman Rosadi dan suami dari Queen Lucinta yaitu Lord Bobby. Keduanya terlihat paling lemah karena tidak dieksplor begitu jauh. Ayah Dara dibuat komedi dengan logat madura tapi tidak terlalu lucu justru jauh lebih ngena disaat ia berinteraksi drama dengan anaknya. Yang kedua yaitu karakter Lord Bobby yang diperankan Adriano Qalbi yang menurutku sangat useless disaat istrinya Queen Lucinta tampil bersinar. Padahal sekilas disebutkan bahwa suaminya itu adalah orang kaya raya. Dan yang paling akhir mungkin penyelesaian konflik dan keputusan yang diambil Dara ekskesusi terasa buru-buru. Moment Dara dan Mrs. Anna berakhir kurang greget. Sosok Queen Lucinta dan Lord Bobby yang menjadi pemenang pun malah tidak ditampilkan seolah menghilang begitu saja, padahal pernikahan pasangan sensasional ini diceritakan paling disorot dan banyak dihadiri kaum sosialita Ibukota dibandingkan dengan resepsi pernikahan Dara dan Alvin
Overall, terlepas dari dari sedikit kekurangan itu, film BRIDEZILLA (2019) ini masih sangat layak ditonton di bioskop mulai 1 Agustus 2019 mendatang! Once again, Visinema is never failed for me!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment