Thursday 3 October 2019

[Review] Bebas: Kisah Reuni Geng SMA Yang Penuh Dengan Keseruan


#Description:
Title: Bebas (2019)
Casts: Maizura, Marsha Timothy, Sheryl Sheinafia, Susan Bachtiar, Agatha Pricilla, Indy Barends, Zulfa Maharani, Widi Mulia, Baskara Mahendra, Baim Wong, Lutesha, Salvita Decorte, Brandon Salim, Edward Suhardi, Kevin Ardilova, Oka Antara, Giorgino Abraham, Amanda Rawles, Tika Panggabean, Bisma Kharisma, Irgi Fahrezi, Sarah Sechan, Cut Mini, Happy Salma, Syifa Hadju, Darius Sinathrya, Dea Panendra, Jefri Nichol, Reza Rahadian
Director: Riri Riza
Studio: Miles Films, CJ Entertainment, Ideosource Entertainment, Base Entertainment

#Synopsis:
Vina (Marsha Timothy) adalah seorang ibu dari anaknya Mia (Syifa Hadju) dan istri dari Satria (Darius Sinathrya). Kehidupan keluarga kecil ini nampak bahagia. Vina juga selalu menyempatkan menjenguk Ambunya (Sarah Sechan) yang sedang dirawat dirumah sakit usai menyelesaikan tugasnya menjadi ibu rumah tangga.


Suatu hari, sepulang dari menjenguk ibunya, Vina tak sengaja bertemu dengan teman semasa SMA nya yaitu Kris (Susan Bachtiar) yang sedang dirawat di rumah sakit yang sama. Pertemuan tak sengaja itu membuat Vina bahagia sekaligus mengharukan, karena Kris divonis hidupnya tidak akan lama lagi. Kris lalu meminta bantuan pada Vina untuk mengumpulkan teman satu geng mereka yang diberi nama Geng Bebas sebelum Kris pergi untuk selama-lamanya. Vina langsung bergegas pergi ke sekolah SMA nya untuk mencari informasi kontak Geng Bebasnya karena semenjak mereka berpisah dengan kehidupan masing-masing, komunikasi diantara Vina dan yang lainnya terputus.
Setibanya di sekolah, Vina langsung terkenang dengan semua kenangan semasa SMA di tahun 90an. Kala itu Vina (Maizura) adalah murid baru pindahan dari Sumedang, Jawa Barat. Disana ia lalu berkenalan dengan Kris (Sheryl Sheinafia), Jessica (Agatha Pricilla), Gina (Zulfa Maharani), Suci (Lutesha) dan Jojo (Baskara Mahendra). Vina yang dulunya pemalu akhirnya bisa berbaur dengan Kris dan yang lainnya setelah berhasil menaklukan Geng Baby Girls dari sekolah tetangga yang diketuai oleh Lila (Amanda Rawles).



Berkat bantuan gurunya (Tika Panggabean), Vina berhasil mendapatkan kontak Jessica (Indy Barends) yang kini berprofesi sebagai agen asuransi. Pertemuan Vina, Jessica dan Kris semakin mengharukan. Jessica lalu meminta bantuan teman sekelasnya yaitu Dedi (Edward Suhadi) untuk mencarikan kontak anggota Geng Bebas lainnya. Jessica yakin Dedi bisa membantu mereka karena saat ini Dedi berprofesi sebagai pimpinan para Debt Collector.



Atas bantuan dari Dedi, mereka berdua berhasil menemukan Jojo (Baim Wong) yang kini berprofesi sebagai bos sebuah perusahaan. Kemudian bertemu lagi dengan Gina (Widi Mulia) yang sekarang menjadi seorang single-parent dan mengurus ibunya (Cut Mini) yang tengah sakit.
Reuni Geng Bebas ini berhasil membangkitkan semangat para anggotanya. Disaat pertemuan dengan para sahabatnya, Vina dituntut untuk bisa membagi waktu antara mengurus keluarganya dan juga nostalgia masa remajanya termasuk mengingat kembali cinta pertamanya yaitu Jaka (Kevin Ardilova).
Akankah reuni Geng Bebas ini mempunyai makna untuk seluruh anggotanya?


#Review:
Film Indonesia adaptasi dari film Box Office Korea kembali hadir memeriahkan industri perfilman tanah air. Project resmi adaptasi pertama dimulai oleh film SWEET 20 (2017) yang disutradarai Ody C. Harahap lalu dilanjut film horror SUNYI (2019) yang disutradarai Awi Suryadi. Kualitas dari kedua film adaptasi itu surprisingly cukup memuaskan. Film SWEET 20 (2017) yang dibintangi Tatjana Saphira itu sukses masuk nominasi di berbagai ajang penghargaan film tingkat nasional. Film horror SUNYI (2019) yang mengadaptasi dari film WHISPERING CORRIDORS (1998) juga sukses menuai respon positif dari pecinta film Indonesia.


Kali ini, giliran Miles Films bekerjasama dengan CJ Entertainment menghadirkan sebuah film drama terbaru adaptasi dari film drama-komedi Box Office Korea berjudul SUNNY (2011). Rupanya sebelum Indonesia menggarap adaptasinya, Jepang sudah melakukan terlebih dahulu. Film SUNNY (2011) versi Jepang rilis di bioskop pada Desember 2018 lalu. Nama Riri Riza pun berada di kursi sutradara untuk mengarahkan film SUNNY versi Indonesia dengan judul BEBAS (2019).
Dengan mengusung tema reuni pertemanan, sebetulnya premis film SUNNY dan BEBAS ini sendiri sudah sangat mainstream digunakan sebagai plot film. Aku pun awalnya sempat skeptis terhadap film BEBAS (2019) ini dan bakalan menjadi film drama paling "ringan" dari sosok Riri Riza. Tapi keraguan yang aku rasakan langsung dipatahkan oleh Riri Riza, Mira Lesmana dan Gina S. Noer selaku penulis naskah skenario film ini.


Film BEBAS (2019) ternyata sangatlah menyenangkan, menghibur, sukses menghadirkan konflik yang bagus banget dan tak lupa juga dengan moment emosional yang dikemas dengan luar biasa. Reuni pertemanan Geng Bebas dibuat penuh dengan kegembiraan. Sensasi nostalgia yang dihadirkan dengan menggunakans setting dan properti tahun 98an nya benar-benar magis! Film BEBAS (2019) ini berhasil mengajak penonton untuk kembali ke tahun 90an. Gila sih emang tata artistik, sinematografi, set lokasi, tata bahasa-dialog hingga penggunaan busananya on-point banget! Plot back-to-back saat Geng Bebas masih sekolah dan sudah dewasa sumpah ya manis dan sangat mengesankan! Adegan demi adegan yang ditampilkan nyaris sempurna tanpa cela sedikitpun. Bahkan ada satu adegan yang sukses membuatku merinding disaat salah satu karakter ketika remaja dan dewas bertemu dalam satu frame. Konflik-konflik yang dihadirkan meskipun banyak tapi ditangan Riri, Mira dan Gina semuanya terkoneksi satu sama lain sehingga pada saat film ini berakhir, aku sangat puas dan tak terasa meneteskan air mata saking bagusnya film BEBAS (2019) ini. Serius loh ini gak bohong!





Angkat jempol dan tepuk tangan untuk seluruh ensemble casts film ini. Geng Bebas versi dewasa dan versi remaja sukses banget mencuri perhatian. Marsha Timothy dan Maizura yang memerankan tokoh utama tampil bersinar dan kuat. Vina saat remaja yang diperankan aktris pendatang baru yang sekilas mirip Michelle Ziudith ini berhasil menghidupkan karakter Vina si gadis remaja sunda dengan gesture, ekspresi dan dialognya yang mengesankan. Tektokan chemistry Maizura dengan keluarganya juga yaitu Sarah Sechan, Farhan dan Bisma Kharisma itu suka banget, kocak dan pecah! Sosok Jessica juga sukses menjadi sumber kelucuan berikutnya. Agatha Pricilla dan Indy Barends heboh sekali! Susan Bachtiar dan Sheryl Sheinafia berhasil menghadirkan karakter Kris yang powerful dan pemberani. Karakter Jojo yang diperankan Baskara Mahendra dan Baim Wong juga tak kalah bersinarnya, mereka sukses membangun sosok Jojo yang sebebas-bebasnya. Zulfa Maharani dan Widi Mulia pun tak mau kalah menampilkan sosok Gina yang penuh dengan kejutan mengharukan. Karakter Suci yang diperankan Lutesha juga tampil oke dengan gaya pendiamnya. Jangan lupakan juga sederet Special Appereance casts yang muncul semakin memeriahkan film BEBAS (2019) ini. Kevin Ardilova, Oka Antara, Jefri Nichol, Amanda Rawles, Syifa Hadju, Dea Panendra hingga Reza Rahadian sukses mencuri perhatian meskipun hanya sebatas cameo saja.


Film BEBAS (2019) ini memang penuh dengan moral value yang sangat bisa dicontoh dan related di kehidupan sehari-hari. Penonton bisa mendapatkan keseruan cerita mengenai persahabatan, keluarga, kenangan masa lalu, menuntaskan rasa penasaran dan kebebasan untuk menjadi diri sendiri semuanya tersedia lengkap disini. Overall, film BEBAS (2019) menjadi salah satu film drama Indonesia TERBAIK di tahun 2019 ini setelah film 27 STEPS OF MAY (2019) dan DUA GARIS BIRU (2019)! Highly recommended to watch in cinemas! Yuk #ReuniDiBioskop mulai 3 Oktober 2019 mendatang!

Album Original Soundtrack Film BEBAS (2019) klik disini.

[9.8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment