Monday 7 September 2020

[Review] Peninsula: Empat Tahun Pasca Zombie Apocalypse Di Korea


#Description:
Title: Train To Busan: Peninsula (2020)
Casts: Dong-Won Gang, Jung-Hyun Lee, Re Lee, Hae-Hyo Kwon, Min-Jae Kim, Gyo-Hwan Koo, Do-Yoon Kim, Ye-Won Lee, So-Yeon Jang, Moon Woo-Jin, Daniel Joey Albright, Bella Rahim
Director: Sang-Ho Yeon
Studio: Next Entertainment World, RedPeter Films, Splendid Films, Shudder, CBI Pictures


#Synopsis:
Empat tahun sudah, Korea kini berubah menjadi wilayah yang diisolasi akibat wabah Zombie. Puluhan juta orang yang tak sempat menyelamatkan diri dan keluar dari Korea kini benar-benar sudah berubah menjadi sosok Zombie yang mengerikan. Nasib para warga Korea yang berhasil menyelamatkan diri keluar Korea pun mayoritas memprihatinkan dan selalu dianggap ancaman oleh negara-negara lain.
Hal tersebut dirasakan oleh mantan tentara Korea yaitu Jung-Seok (Dong-Won Gang) yang kini tinggal di Hong Kong bersama adiknya, Chul-Min (Do-Yoon Kim). Keduanya berhasil selamat dari kapal penyelamat setelah di kapal tersebut terdapat satu penumpang yang terinfeksi Zombie. Selama tinggal di Hong Kong, keduanya hidup dalam kondisi serba kekurangan. 
Disaat mereka putus asa, sebuah kesempatan untuk memperbaiki nasib mereka datang. Komplotan mafia di Hong Kong menawarkan pekerjaan pada keduanya untuk mengambil truk kontainer berisi uang yang masih berada di Korea. Geng mafia ini berjanji akan memberi imbalan besar untuk keduanya jika bersedia melakukan misi tersebut. Semua akses, fasilitas dan senjata untuk masuk ke Korea sudah dipersiapkan oleh geng mafia tersebut.
Demi mendapatkan uang banyak, Jung-Seok dan Chul-Min akhirnya setuju untuk menjalankan misi tersebut, dengan dibantu dua rekan lainnya yang sesama orang Korea. Mereka kemudian pergi menuju Korea di malam hari dengan menggunakan transportasi kapal karena kemampuan indera pengelihatan para Zombie di malam hari sangat lemah. Sehingga bisa memudahkan Jung-Seok untuk menjalankan misinya.
Setibanya di Korea, mereka dibuat tak percaya melihat kota kelahiran mereka kini terbengkalai dan berubah menjadi kota mati penuh dengan Zombie. Jalanan yang sepi mereka telusuri untuk mencari truk kontainer yang sudah menjadi target. Setelah mengelilingi area yang dituju, mereka berhasil menemukan truk kontainer itu. Disaat Jung-Seok dan kawan-kawan akan pulang, mereka diserang oleh sekelompok orang yang tak dikenal. Serangan tersebut menyebabkan beberapa rekan Jung-Seok tewas. Sementara itu, Chul-Min berhasil selamat namun ia terjebak dalam truk kontainer dan truk tersebut dibawa kabur oleh pemberontak itu.
Sementara itu, Jung-Seok berhasil kabur berkat dibantu dua remaja perempuan. Setelah tersadar dari pingsannya, Jung-Seok dirawat oleh ibu dari dua remaja itu. Ia adalah Min-Jung (Jung-Hyun Lee). Mereka harus berpacu dengan waktu untuk mengambil kembali truk kontainer sekaligus menyelamatkan Chul-Min yang disandera oleh kelompok 361. Akankah Jung-Seok menyelesaikan misinya ditengah incaran kelompok 361 dan juga kawanan Zombie yang sudah menguasai Korea?


#Review:
Film Zombie TRAIN TO BUSAN (2016) yang dirilis empat tahun silam sukses menjadi salah satu film bertema Zombie Apocalypse yang memukau para pecinta film. Korea tentu tak ingin film ini hanya satu judul saja. Mereka kemudian mengembangkan cerita TRAIN TO BUSAN (2016) menjadi lebih besar lagi lewat sekuelnya yang berjudul PENINSULA (2020). Tak perlu menunggu waktu lama, film yang disutradarai oleh Sang-Ho Yeon ini langsung mencetak box office di Korea dengan berhasil mengumpulkan 3 juta penonton hanya dalam satu minggu penayangan di bioskop. Kesuksesan ini terbilang sangat luar biasa mengingat saat ini Pandemi Corona Virus masih melanda diseluruh dunia.
Untuk segi cerita, harus diakui film PENINSULA (2020) ini semakin berkembang. Kisahnya pun tidak melanjutkan dari main character yang ada di film pertama, melainkan menampilkan kisah para survival orang Korea setelah negaranya dinyatakan wilayah berbahaya. Plot semakin meluas disaat banyaknya karakter pendukung muncul. Sosok Zombie yang ada disekuelnya ini tak sendirian sebagai musuh, namun ada musuh-musuh lainnya yang membuat film ini menurutku semakin seru. Development story para karakternya pun masih dieksekusi dengan baik. Untuk menguras emosi, film PENINSULA (2020) juga memberikan secara berlapis-lapis diakhir film.
Untuk segi visual, film PENINSULA (2020) kali ini lebih menonjolkan sisi visual efek yang jauh lebih massive dibandingkan film pertamanya. Lautan Zombie, balap-balapan mobil hingga visual Korea yang luluh lantah akibat wabah Zombie nya menurutku begitu memukau meskipun bagi sebagian orang mungkin akan terasa film ini sangat "mabok" visual efek.
Jajaran pemain juga menurutku tampil tidak terlalu mengecewakan. Para survival disini mampu membangun chemistry kebersamaan dengan baik. Film PENINSULA (2020) ini benar-benar pure entertainment & popcorn movie, karena perpaduan skenario, karakter dan visual efek yang disajikan akan mudah diikuti serta lupakanlah pemikiran rasional agar bisa menikmati film ini. Overall, PENINSULA (2020) is not bad. Pecinta film Zombie harus nonton film ini.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment