Saturday 14 November 2020

[Review] Di Bawah Umur: Kisah Cinta Anak Sekolahan Dibalut Dengan Kenakalan Remaja




#Description:
Title: Di Bawah Umur (2020)
Casts: Angga Yunanda, Yoriko Angeline, Amel Carla, Shenina Cinnamon, Naufal Samudra, Shandy William, Itho Soen, Farhan Rasyid, Justin Adiwinata, Greesella Adhalia, Surya Saputra, Djenar Maesa Ayu, Joshua Pandelaki, Dian Nitami, Endhita, Niniek L. Karim, Teuku Rifnu Wikana, Sylvia Fully
Director: Emil Heradi
Studio: Screenmedia Films, MD Pictures, Disney Plus Hotstar Indonesia


#Synopsis:
Aryo (Angga Yunanda) terkenal sebagai siswa ganteng namun nakal di sekolahnya. Bersama dengan kedua temannya yaitu Bayu (Shandy William) dan Indra (Itho Soen), mereka selalu bolos masuk kelas dan menghabiskan waktu bersama untuk melakukan kenakalan-kenakalan remaja. Suatu hari, Aryo tak sengaja berpapasan dengan siswi baru di sekolahnya yang bernama Alana (Yoriko Angeline) bersama dengan sahabatnya yaitu Gita (Amel Carla). Alana merupakan sepupu dari Kevin (Naufal Samudra), mantan sahabat Aryo yang kini menjadi musuhnya.


Aryo dibuat jatuh cinta pada pandangan pertama. Baginya, Alana terlihat sangat cantik dengan kesederhanaannya. Ia terus berusaha agar bisa mendapatkan hati Alana, namun disatu sisi, Kevin terus melarang sepupunya itu untuk dekat dengan Aryo karena Aryo adalah tipe lelaki brengsek. Seiring berjalannya waktu, Aryo tetap berusaha mendekati Alana. Melihat kedekatan Aryo dengan Alana membuat Marsya (Shenina Cinnamon), kakak kelas paling populer di sekolah geram. Ia yang sangat ingin berpacaran dengan Aryo tidak terima harus kalah oleh Alana. Kevin pun tak tinggal diam, ia terus berusaha mendekati Marsya agar mau memilihnya ketimbang Aryo.


Intens kedekatan Aryo dan Alana semakin meningkat pasca Aryo diam-diam menyelinap ke kamar Alana. Hal ini membuat ayah dan ibu dari Kevin merasa khawatir pada keponakannya itu, pasalnya mereka sudah diamanatkan oleh kedua orang tua Alana untuk menjaganya se-protektif mungkin, supaya idak bernasib seperti kakak dari Alana yang hamil di luar nikah.


Seiring berjalannya waktu, Kevin semakin kesal kepada Aryo karena menjalin hubungan dengan Alana. Ditambah lagi, Marsya masih enggan menjalin hubungan dengannya. Kevin dan kedua temannya akhirnya mengatakan jika Naya (Greesella Adhalia) kini telah hamil dan Aryo adalah orang yang harus bertanggung jawab. Mendengar kabar tersebut membuat Alana shock dan kecewa pada Aryo. Namun Aryo sangat yakin bukan dirinyalah yang menghamili Naya, karena pada saat mereka sedang berada di diskotik, Aryo memilih untuk pulang lebih awal. Benarkah Aryo menghamili Naya? Bagaimana nasib hubungan Aryo dengan Alana?


#Review:
Sukses besar dengan film DUA GARIS BIRU (2019) dan MARIPOSA (2020), membuat karier dan popularitas dari aktor Angga Yunanda semakin pesat. Banyak para pecinta film tanah air terpesona oleh kualitas akting dari bintang muda asal Lombok ini.
Rumah produksi Screenmedia Films kemudian mengajak Angga untuk membintangi sebuah film drama remaja terbaru yang disutradarai Emil Heradi yang berjudul DI BAWAH UMUR (2020). Lewat film ini Angga mendapat tantangan untuk memerankan karakter yang sangat berbeda dari biasanya, yaitu menjadi seorang bad-boy. Lantas bagaimana hasilnya?


Untuk segi cerita, awalnya aku menebak film DI BAWAH UMUR (2020) ini akan menjadi DUA GARIS BIRU versi rebel, karena di trailer yang dirilis bulan lalu, karakter yang diperankan Angga menghamili lagi kekasihnya. Tapi ternyata, setelah aku menyaksikan film ini, perkiraanku itu salah besar. Film DI BAWAH UMUR (2020) terjerumus menjadi drama anak sekolahan standar khas film-film produksi Screenplay. Premis awal soal kenakalan remaja yang cukup menjanjikan tampil serba nanggung dan terasa hanya tempelan saja. Moral value tak bisa aku dapatkan yang ada malah risih ngeliat adegan demi adegan nakal di film ini yang maksa banget. Selain itu, film ini juga terlalu banyak menampilkan karakter pendukung yang mayoritas tidak terlalu penting. Bahkan potensi seorang Shenina Cinnamon dalam film ini menjadi sia-sia karena porsinya sangat terbatas. Hal-hal tak masuk akal pun semakin terpampang nyata di paruh pertengahan hingga akhir film. Subplot soal masa lalu keluarga dari Aryo maupun Alana sangatlah tidak penting. Selain itu, motivasi dan alasan Alana dipindahkan dari Bandung ke Jakarta demi menjauhkan dari hal-hal negatif makin tidak rasional. Alhasil tahap editing film ini tampak kacau dan membingungkan penonton karena melompat-lompat.


Untuk jajaran pemain, potensi besar dari tiga aktor muda yang saat ini populer yaitu Angga, Yoriko dan Shenina sangat disia-siakan oleh Emil. Angga terlihat sangat tryin' to hard menjadi bad-boy Aryo namun sayang, image Angga selama ini sudah melekat sebagai a good-boy belum bisa hilang 100%. Namun Angga tetap berhasil menampilkan pesonanya dengan sangat baik. Para fans Angga mungkin setuju jika peran Aryo ini menjadi penampilan paling charming sejauh ini. Yoriko Angeline pun entah kenapa penampilan dalam film ini terasa sangat lesu dan kurang bersemangat.


Overall, film DI BAWAH UMUR (2020) cukup jauh dari apa yang diharapkan. Semoga kedepannya baik Angga, Yoriko maupun Shenina bisa mendapatkan tawaran film dengan naskah dan cerita yang jauh lebih-lebih baik lagi.


[5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment