Sunday 8 November 2020

[Review] The New Mutants: Kisah Lima Mutants Baru Dalam Mengendalikan Kekuatannya

 


#Synopsis:
Title: The New Mutants (2020)
Casts: Anya Taylor-Joy, Blu Hunt, Maisie Williams, Charlie Heaton, Henry Zaga, Alice Braga, Adam Beach, Thomas Kee, Dustin Ceithamer, Happy Anderson
Director: Josh Boone
Studio: 20th Century Studios, Marvel Entertainment


#Synopsis:
Ditengah tidur lelapnya, Danielle Moonstar (Blu Hunt) dikejutkan dengan suara-suara mengerikan yang terdengar dari luar rumah. Ketika tersadar, ia kemudian ditarik sang ayah untuk segera menyelamatkan diri secepat mungkin. Dani dan keluarga serta para tetangga berlari ke tengah hutan demi menghindari serangan makhluk tak kasat mata itu. Sang ayah (Adam Beach) menyuruh Dani untuk bersembunyi agar di tengah hutan agar tidak diserang oleh makhluk buas itu. Namun sayang, dalam perjalanan melarikan diri itu, sang ayah beserta anggota keluarga dan tetangga Dani tewas. Ia menjadi satu-satunya korban yang selamat dari makhluk Iblis Beruang itu.


Ketika Dani tersadar, ia sudah berada disebuah ruangan perawatan. Ia diselamatkan oleh Dr. Reyes (Alice Braga). Rupanya Dani tidak sendirian, di istana isolasi itu, Dani bertemu dengan remaja lainnya yaitu Illyana Rasputin (Anya Taylor-Joy), Rahne Sinclair (Maisie Williams), Sam Guthrie (Charlie Heaton) dan Roberto Costa (Henry Zaga). Ternyata kelima anak yang diselamatkan oleh Dr. Reyes ini adalah remaja-remaja yang terdeteksi sebagai Mutant baru namun belum bisa mengendalikan kekuatannya dengan baik. Illyana mempunyai kekuatan merubah tangannya menjadi pedang berbahaya. Rahne mampu merubah dirinya menjadi seekor serigala, Sam mampu berlari dan mengendalikan tubuhnya dengan sangat cepat dan Roberto mampu mengeluarkan bara api dari sekujur tubuhnya.




Seiring berjalannya waktu, Dr. Reyes terus menganalisa dan memantau kelima Mutant ini. Namun, ia lebih fokus terhadap Dani yang kekuatannya masih belum diketahui dengan pasti. Setiap malam, Dani selalu histeris karena bermimpi tentang sosok Iblis Beruang itu. Di layar pemantauan, Dr. Reyes mendeteksi kekuatan luar biasa ada di dalam diri Dani. Bahkan kekuatannya itu mengejutkan perusahaan Essex Corp, tempat Dr. Reyes berasal. Essex Corp kemudian menyuruh Dr. Reyes untuk segera melenyapkan Dani. 



Selain itu, semenjak kehadiran Dani di istana isolasi, Illyana, Rahne, Sam dan Roberto pun turut mengalami gangguan misterius dari masa lalu yang datang menghantui mereka. Hal itu tentu membuat kekuatan dari mereka semakin tak terkendali jika sedang diganggu.


#Review:
Digadang-gadang sebagai penerus franchise film X-Men, film THE NEW MUTANTS (2020) awalnya sukses membuat para pecinta film Marvel dan superhero penasaran. Namun menjelang perilisannya pada tahun 2018 lalu, tiba-tiba film yang disutradarai oleh kreator film THE FAULT IN OUR STARS (2014) ini mendadak ditunda penayangannya di bioskop.


Penundaan penayangan ini terjadi akibat proses akuisisi 20th Century Fox yang dilakukan Disney sehingga film ini terkena imbasnya. Jadwal penayangan pun lagi-lagi tertunda karena negosiasi antara Fox dan Disney ini berjalan cukup alot hingga memakan waktu setahun lamanya. Kejelasan kapan tayang di bioskop pun lagi-lagi tertunda akibat Pandemi CoVid-19. Penantian selama dua tahun lamanya, akhirnya film THE NEW MUTANTS (2020) resmi dirilis di bioskop pada Agustus 2020 dan digital pada November 2020 ini.


Jujur, aku pribadi memasang ekspektasi cukup besar terhadap film THE NEW MUTANTS (2020), karena film ini diprediksi bisa menjadi angin segar untuk Universe X-Men. Penambahan elemen thriller horror dalam film bergenre superhero Marvel juga terasa begitu menjanjikan. Tapi ternyata, setelah aku menonton film ini, THE NEW MUTANTS (2020) jauh seperti apa yang aku harapkan. Untuk segi cerita saja hampir di 60 menit pertama terasa jalan ditempat saja. Fokus cerita pun terbilang membosankan karena hanya menggunakan satu lokasi dan maksud tujuan pun tidak jelas karena development ceritanya kurang yang kuat. Chemistry persahabatan kelima Mutants baru juga terasa kurang meyakinkan. Plot twist soal Essex Corporation pun tidak membuat terkesan karena eksekusinya sangat serba dadakan.
Elemen horror thriller yang disajikan film ini juga tak terlalu mengesankan, karena penampakan serta jumpscared nya sangat standar. 


Untuk jajaran pemain pun potensi besar sebagai Mutants baru terasa tidak maksimal. Padahal kelimanya menurutku bisa saja menjadi the next X-Men jika memberikan performa jauh lebih baik lagi. Sepertinya agak mustahil jika The New Mutants ini bisa kembali tampil di film keduanya atau masuk ke Marvel Cinematic Universe. Cukup disayangkan!


[6/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment