Saturday 7 November 2020

[Review] The SpongeBob Movie Sponge On The Run: Kisah Seru Mencari & Menyelamatkan Gary!

 


#Description:
Title: The Spongebob Movie: Sponge On The Run (2020)
Casts: Tom Kenny, Tim Hill, Bill Fagerbakke, Rodger Bumpass, Clancy Brown, Carolyn Lawrence, Mr. Lawrence, Awkwafina, Jill Talley, Keanu Reeves, Matt Berry
Director: Tim Hill
Studio: Paramount Pictures, Nickelodeon Movies, Netflix


#Synopsis:
Kehidupan di Bikini Bottom berjalan seperti biasanya. SpongeBob Squarepants (Tom Kenny) dan siput peliharaannya yang bernama Gary hidup bahagia di rumah nanas mereka. Tetangga sekaligus sekaligus sahabat SpongeBob yaitu Patrick Star (Bill Fagerbakke) dan Squidward (Rodger Bumpass) hidup rukun meskipun terkadang SpongeBob dan Patrick selalu membuat kesal Squidward.



Sementara itu, persaingan bisnis antara Tuan Krab (Clancy Brown) dan Plankton (Mr. Lawrence) masih saja berlanjut. Plankton yang berusaha mencuri formula resep Burger Krabby Patty selalu gagal. Ribuan cara sudah ia lakukan namun tak pernah berhasil mendapatkan resep rahasia makanan favorit warga Bikini Bottom itu. Sang Istri yaitu Karen (Jill Talley) memberi saran pada Plankton agar melenyapkan SpongeBob, karena selama ini aksi pencurian resep Krabby Patty ini selalu tak disengaja digagalkan oleh SpongeBob, bukan karena Tuan Krab atau Squidward.



Disisi lain, Raja Poisedon (Matt Berry) yang tinggal di Istana Atlantis mengalami insecure karena terlihat kerutan di wajahnya. Raja Poisedon semakin marah disaat mengetahui stok lendir siput untuk perawatan wajahnya telah habis. Ia lalu menyuruh anak buahnya untuk segera mencari siput secepat mungkin ke seluruh penjuru lautan.
Atas dasar saran Karen, Plankton kemudian mempunyai ide untuk menculik Gary dan memberikannya kepada Raja Poisedon. Setelah Gary berhasil diberikan pada Raja, Plankton pun berencana untuk melenyapkan SpongeBob dengan cara menyuruhnya pergi ke Istana Atlantis dengan alasan keberadaan Gary. Tanpa pikir panjang lagi, SpongeBob pun bergegas pergi untuk menyelamatkan Gary dengan ditemani Patrick.



Kepergian SpongeBob ke Istana Atlantis membuat Restoran Krabby Patty dilanda masalah. Banyak pelanggan mengamuk karena tidak adanya Burger yang mereka sukai. Tuan Krab dan Squidward pun jadi sasaran kemarahan dengan berujung kini restoran menjadi sepi dan bangkrut. Plankton pun kini dengan mudah mendapatkan formula Krabby Patty karena sudah diberikan secara sukarela oleh Tuan Krab. 



Sementara itu, dalam perjalanan menuju Istana Atlantis, SpongeBob dan Patrick tak sengaja bertemu dengan Sage (Keanu Reeves), sebuah tanaman kering menggelinding di alam mimpi dan terjebak di bar penuh dengan hantu-hantu bajak laut. Atas dasar Sage, keduanya harus bisa melawan pimpinan bajak laut bernama El Diablo (Danny Trejo) agar mendapatkan koin tantangan dan bisa kembali melanjutkan perjalanan ke Istana Atlantis.



Usai berhasil melewati rintangan itu, SpongeBob dan Patrick akhirnya tiba di Atlantis. Sage mengingatkan pada mereka agar tetap fokus untuk mencari Gary dan jangan sampai terlena dengan apa yang ada di Atlantis. Disisi lainnya, Plankton akhirnya mengatakan jika dialah orang yang memberikan Gary ke Raja Poisedon dan menyuruh SpongeBob untuk pergi ke Atlantis. Tuan Krab, Squidward, Sandy dan Plankton akhirnya sadar harus segera menyelamatkan SpongeBob dan Patrick secepat mungkin sebelum keduanya dijatuhi hukuman mati karena berusaha mengambil hewan yang dipegang Raja Poisedon, meskipun hewan tersebut adalah siput Gary milik SpongeBob.


#Review:
Setelah penantian cukup panjang akibat penundaan penayangan gara-gara Pandemi CoVid-19, Paramount Pictures dan Nickelodeon akhirnya memutuskan melepas film animasi terbaru mereka THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE ON THE RUN (2020) ke Netflix dan sudah bisa disaksikan mulai 6 November 2020.


Kartun ikonik dan legendaris karya Stephen Hillenburg ini memang sudah menjadi tontonan wajib bagi anak-anak diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan sampai saat ini, serial SpongeBob SquarePants masih ditayangkan di salah satu channel tv swasta Indonesia dan selalu mendapatkan rating yang cukup memuaskan. Untuk versi film, sejauh ini SpongeBob The Movie sudah memiliki tiga judul film yaitu THE SPONGEBOB SQUAREPANTS MOVIE (2004), THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE OUT OF WATER (2015) dan yang terbaru ada di tahun ini.


Untuk segi cerita, premis film SpongeBob tahun 2020 ini sudah sangat familiar jika sering menonton versi serialnya. Semua kisah kehidupan Bikini Bottom turut tersaji dalam film ini. Yang mengalami peningkatan mungkin dari efek animasi 3D, sama seperti film SpongeBob yang dirilis pada tahun 2015 silam. Tak lupa juga, film ini sedikit menyentil fenomena skincare yang menggunakan lendir siput sebagai bahan bakunya. Yang cukup mengecewakan buatku adalah lagi dan lagi SpongeBob versi film kenapa harus mempunyai adegan bersama dengan manusia sungguhan. Adegan mimpi bersama para bajak laut manusia ini terasa sangat tidak penting dan jika dihilangkan pun tidak akan menjadi masalah. Kehadiran Keanu Reeves sebagai rumput menggelinding pun cukup menggelikan hahaha. Andai saja Keanu Reeves diberikan peran Jack Kahuna Laguna mungkin akan lebih memuaskan ketimbang muncul gak jelas seperti itu. Sosok Raja Poisedon yang kali ini muncul penampilannya benar-benar berbeda drastis dari dua film maupun versi serial. Cukup disayangkan sih, karena hampir seluruh karakter utama, pendukung bahkan figuran ikan-ikan dalam serial SpongeBob sudah sangat ikonik dan tak perlu ada perombakan lagi.



Seperti biasanya, film SPONGE ON THE RUN (2020) ini juga mempunyai moment love-hate relationship antara sahabat, pertemanan dan rekan bisnis. Moment flashback awal perkenalan SpongeBob dengan teman-temannya sungguh menggemaskan sekaligus mengharukan. Moral value bisa didapatkan oleh para penonton dari karakter SpongeBob yang selalu ceria, mudah bergaul dan selalu memperluas pertemanan tanpa pandang bulu.
Overall, THE SPONGEBOB MOVIE: SPONGE ON THE RUN (2020) tampil menghibur sekaligus mengobati rasa rindu dengan serial ikonik SpongeBob Squarepants.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment