Wednesday 10 January 2024

[Review] Anatomy Of A Fall: Mengungkap Penyebab Kematian Janggal!



#Description:
Title: Anatomy of a Fall (2023)
Casts: Sandra Huller, Swann Arlaud, Milo Machado Graner, Samuel Theis, Antoine Reinartz, Saadia Bentaieb, Jehnny Beth, Anne Rotger, Camille Rutherford, Sophie Fillieres
Director: Justine Triet
Studio: Les Films Pelleas, Le Pacte, Canal Plus


#Synopsis:
Sandra Voyter (Sandra Huller), seorang penulis novel tengah asyik mengobrol dengan mahasiswi bernama Zoe (Camille Rutherford) di rumahnya. Namun ditengah-tengah sesi wawancara itu, suami dari Sandra yaitu Samuel Maleski (Samuel Theis) malah memutarkan musik cukup kencang dari loteng rumah mereka. Sandra kemudian meminta maaf atas musik keras tersebut dan ia beralasan jika sang suami memang sering mendengarkan musik dengan volume kencang ketika sedang bekerja. Karena merasa terganggu dengan kebisingan suara tersebut, Sandra pun meminta jadwal ulang wawancara dan Zoe pun izin pamit meninggalkan rumah Sandra.


Setelah Zoe pergi dari rumah, Sandra kemudian masuk ke kamarnya untuk melanjutkan menulis draft novelnya dan tak lama kemudian ia terlelap tidur. Ditengah cuaca hangat siang hari di musim dingin, terdengar suara teriakan yang memanggil nama Sandra. Suara tersebut berasal dari anaknya yaitu Daniel Maleski (Milo Machado Graner) yang baru saja pulang dari berkeliling bersama anjing kesayangannya, Snoop. Daniel berteriak karena menemukan sang ayah tergeletak tak sadarkan diri di depan rumah dengan luka dan darah yang ada di kepalanya. Sandra berlari keluar rumah dan berusaha membangunkan suaminya. Namun sayang, Samuel ternyata sudah meninggal.



Setelah melapor ke pihak kepolisian, Sandra dan juga Daniel dimintai keterangan tentang dugaan penyebab kematian dari Samuel. Selama proses penyidikan, berbagai dugaan muncul. Pihak kepolisian curiga jika Samuel bukan bunuh diri melainkan dibunuh. Dugaan tersebut berasal dari adanya percikan darah tak biasa yang ada di salah satu tembok di tempat kejadian perkara. Tuduhan kemudian mengarah pada Sandra karena satu-satunya orang yang ada di rumah hanyalah dirinya. Namun Sandra membantah semua tuduhan itu karena ia mengaku sedang tertidur di kamarnya dan baru terbangun setelah mendengar teriakan dari Daniel. Sandra sangat yakin jika dirinya tak bersalah. Ia pun meminta bantuan pada temannya, Vincent Renzi (Swann Arlaud) untuk menjadi pengacara.




Selama proses penyidikan dan persidangan, perlahan mulai terkuak permasalahan rumah tangga yang sempat melanda Sandra dan Samuel. Salah satunya yaitu rasa penyesalan dari mereka berdua setelah insiden kecelakaan yang menyebabkan dua mata dari Daniel tak bisa lagi melihat dengan jelas. Situasi persidangan semakin menarik perhatian masyarakat karena tak terasa sudah berjalan lebih dari satu tahun. Satu persatu masalah dan fakta tersembunyi dari Sandra dan Samuel pun mulai naik ke permukaan. Apakah Sandra memang benar yang membunuh suaminya sendiri?


#Review:
Film terbaru asal Perancis karya sutradara perempuan Justine Triet berjudul ANATOMY OF A FALL (2023), sukses mencuri perhatian para pecinta film usai memenangkan piala Palme d'Or Cannes pada bulan Mei tahun lalu. Kesuksesan film ini terus berlanjut dengan memenangkan enam piala European Film Awards, serta yang terbaru di Golden Globes 2024 untuk kategori Best Picture Non English Language dan Best Screenplay. Aku jadi penasaran banget dengan film ini dan cukup menyesal karena tidak sempat menonton filmnya di pagelaran Jakarta World Cinema Week pada Oktober kemarin yang diselenggarakan di CGV Cinemas Grand Indonesia.


Untuk segi cerita, film ANATOMY OF A FALL (2023) memiliki premis yang sederhana tentang memecahkan misteri dari kematian salah satu karakter di film ini. Pada babak awal film, penonton pasti akan menduga jika film ini bakal menggunakan konsep whodunit untuk mengungkap motif dan juga tersangka pembunuhan dari karakter Samuel Maleski. Tapi ternyata, sang sutradara yaitu Justine Triet mengambil langkah berbeda dengan menonjolkan drama proses pengadilan saat karakter Sandra Voyter menjadi terduga orang yang membunuh suaminya sendiri. Selama menjalani persidangan, plot sangat fokus untuk membuka lembar demi lembar permasalahan antara Sandra dengan Samuel, termasuk hal personal dari mereka berdua. Penonton bakal mendapatkan banyak perspektif menarik saat Sandra, Daniel dan orang-orang disekitarnya memberikan saksi mengenai kehidupan rumah tangga Sandra dengan sang suami. Yang membuatku terkejut, terdapat salah satu adegan yang mem-visualkan rekaman audio percakapan Sandra dan Samuel di dapur dengan adegan sebenarnya. Ketegangan bisa dirasakan oleh semua orang yang ada di ruang persiangan termasuk para penonton film ini sekalipun. 


Harus diakui, durasi film yang hampir menyentuh 150 menit serta padat akan dialog yang tersaji di film ini bisa membuat penonton bosan. Menurutku, beberapa adegan persidangan pun banyak yang repetitif, mestinya sebagian harus kena cut sih, agar tidak terlalu panjang. Tapi jika kamu sangat menyukai film yang padat dengan dialog, membutuhkan konsentrasi ekstra dan ingin merasakan suasana ketegangan proses persidangan film ANATOMY OF A FALL (2023) adalah pilihan yang terbaik. Sekilas film ini mengingatkanku akan film peraih piala Oscars, SPOTLIGHT (2015).
Untuk jajaran pemain, sudah jelas Sandra Huller berhasil menjadi bintangnya di film ANATOMY OF A FALL (2023). Sandra berhasil tampil setenang dan sedingin mungkin saat menjadi terduga pelaku pembunuhan suaminya. Range emosi yang ia tampilkan selalu membuat penonton terpukau. Selain Sandra Huller, penampilan tak kalah mencuri perhatian juga datang dari pemeran Daniel yaitu Milo Machado Graner. Dengan keterbatasannya dalam melihat, Milo sukses membawakan perannya sebagai saksi atas problematika ibu dan ayahnya. Rasa ragu, keliru dan dilema sebagai seorang anak yang belum saatnya mendapat fakta-fakta mencengangkan dari ibu dan juga ayahnya.


Penampilan tak disangka selanjutnya datang bukan dari aktor manusia melainkan seekor anjing yang diberi nama Snoop. Jujur, baru kali ini aku melihat seekor anjing berakting dengan sangat baik dan sesuai dengan alur cerita. Menurutku penampilan Snoop disini telah melampaui akting anjing lainnya yang sempat mencuri perhatian yaitu di film HACHI: A DOG'S TALE (2009).
Overall, film ANATOMY OF A FALL (2023) memang sangat layak untuk mendapat apresiasi untuk naskah skenario dan juga jajaran pemainnya. Film ini tidak berfokus mengungkap siapa yang benar atau yang salah, melainkan membuka kehidupan pribadi dari pasangan suami istri yaitu Sandra dan Samuel.


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment