Thursday 22 August 2013

[Review] Elysium: Fiksi Ilmiah Tentang Perbedaan Status Sosial Dimasa Depan



#Description:
Title: Elysium (2013)
Casts: Matt Damon, Jodie Foster, Sharlto Copley, Alice Braga, Diego Luna, Wagner Moura, William Fichtner
Director: Neill Blomkamp
Studio: Tristar Pictures, MRC Pictures, Alphacore, Kinberg Genre



#Trailer:



#Synopsis:
Menjelang akhir abad ke-21 tepatnya ditahun 2154, populasi manusia di Planet Bumi menjadi tidak terkendali dan berlebihan. Semua aspek lingkungan menjadi rusak parah dan tindak kejahatan dimana-mana. Rakyat miskin dan jelata tinggal di Bumi dengan kondisi seperti ini, sementara Kaum Jetset memilih meninggalkan Bumi dan tinggal disebuah Satelit buatan yang bernama Elysium yang dipimpin oleh Delacourt (Jode Foster). Elysium bagaikan "surga" bagi Kaum Jetset, semua fasilitas supercanggih, rumah bagaikan istana, udara dan air di Elysium sangat jernih bebas polusi, mereka dilayani oleh sebuah Robot yang setia melayani selama 24 jam dan mereka juga mempunyai sebuah Kapsul Medis yang bisa menyembuhkan semua penyakit.
Lebih jauh lagi, Delacourt memerintahkan CEO perusahaan elektronik yang membangun Elysium, John Carlyle (William Fichtner) untuk mengatur ulang program di habitat tersebut, dengan tujuan mengkudeta presiden Patel yang selalu memprotes caranya menanggulangi imigran gelap.
Sementara di bumi ia punya kaki tangan seorang tentara bayaran sadis, Kruger (Sharlto Copley) untuk menyingkirkan siapapun yang berniat mengganggu kepentingan Elysium di bumi.
Kisah berlanjut kepada Max Da Costa (Matt Damon) seorang mantan napi yang kini bekerja disebuah pabrik yang ketika bekerja mengalami kecelakaan kerja yang menyebabkan ia terkena radiasi mematikan dan ia hanya mampu bertahan selama 5 hari saja. Max berusaha mencari jalan untuk terbang ke Elysium dengan meminta bantuan kepada kawan lama nya yang merupakan seorang Hacker handal bernama Spider (Wagner Moura). Spider hanya mengajukan satu syarat kepada Max agar dia bisa terbang ke Elysium yaitu dengan mencuri data rahasia dalam otak orang-orang Elysium dan orang Elysium yang menjadi target ini adalah  John Carlyle (William Fichtner) yang merupakan bos ditempatnya ia bekerja.
Max Da Costa harus berpacu dengan waktu sebelum ajal menjemput menuju Elysium, untuk menyembuhkan penyakitnya lewat Kapsul Medis dan menyelamatkan nyawa Matilda (Emma Trembay) anak dari Frey (Alice Braga) yang merupakan teman semasa kecil Max.


#Review:
Setelah Oblivion, After Earth, World War Z, Star Trek, Pacific Rim yang cukup sukses beberapa bulan lalu, kali ini giliran Elysium karya terbaru Neill Blomkamp yang sebelumnya sukses dengan Distric 9.
Untuk segi cerita Elysium ini cukup mudah diikuti. Cerita tentang Fiksi Ilmiah yang menyinggung tentang status sosial sangat terasa disepanjang film. Film Elysium berhasil menyuguhkan indahnya tempat yang bernama Elysium dan kumuhnya bumi secara bersamaan. Tak hanya soal status sosial, soal sulitnya rakyat miskin mendapatkan hak untuk berobat dan sehat hingga hak asasi manusia sebagai buruh pabrik pun digambarkan dengan baik disepanjang film.
Untuk segi casts Elysium juga tampil memukau. Matt Damon cukup berhasil memerankan Max Da Costa yang rela apa saja demi sehat. Jodie Foster juga sangat total memerankan seorang pimpinan yang keji dan menyebalkan. Pemeran lainnya juga cukup total memerankan karakternya masing-masing.
Untuk segi visual efek, musik scoring dan setting lokasi, Film Elysium ini cukup berhasil. Visual efek sepanjang film terasa halus, nyata dan tidak berlebihan. Music scoring yang meledak ledak membuat film ini semakin seru dan kecanggihan dalam Elysium ini juga terlihat natural tidak berlebihan.
Overall, Elysium ini salah satu Summer Movies 2013 yang tidak boleh terlewatkan!


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment