Wednesday 30 July 2014

[Review] Seputih Cinta Melati: Mungkin Ini Yang Namanya Film Lebaran


#Description:
Title: Seputih Cinta Melati (2014)
Casts: Naomi Ivo, Chicco Jerikho, Fatih Unru, Asrul Dahlan, Sabai Morscheck, Argo Jimmy, Arswendi Nasution, Yayuk Unru, Nia Zulkarnaen
Director: Ari Sihasale
Studio: Alenia Pictures



#Trailer: 



#Synopsis:
Ivan (Chicco Jerikho) dan Erik (Asrul Dahlan) berhasil kabur dari penjara ketika beberapa minggu sebelum lebaran tiba. Ivan dan Erik merupakan narapidana kasus pencurian, perampokan bersenjata serta penculikan anak. Mereka bersembunyi dalam sebuah mobil bak dan terbawa kesebuah daerah di Jawa Barat. Mereka kemudian bersembunyi disebuah pondok tua di tengah hutan yang lama tak berpenghuni tepat dipinggir sebuah danau kecil yang tak jauh dari pemukiman warga sekitar.
Awalnya mereka mencuri dua pakaian yang sedang dijemur oleh salah seorang warga dikampung tersebut untuk menyamarkan identitas mereka, akan tetapi selebaran buronan sudah menyebar didesa tersebut dan terpaksa Ivan dan Erik berdiam dipondok tua untuk beberapa hari.
Keesokan harinya, datang Melati (Naomi Ivo) dan Rian (Fatih Unru) ke danau kecil tepat disamping pondok tua yang dihuni Ivan dan Erik untuk memancing. Tiba-tiba saja, kaki Melati terjepit dan berteriak meminta bantuan. Ivan pun lantas bergegas lari dan menolong Melati begitu juga dengan Erik.
Berkat kejadian tersebut, mereka berempat menjadi berteman. Melati dan Rian tidak mengetahui siapa sebenarnya Ivan dan Erik. Kedua anak tersebut menjadi semakin rajin menemui Ivan dan Erik untuk bermain. Ivan terbantu oleh Melati dalam belajar agama, dan Erik terbantu oleh Rian dalam belajar memancing.
Persahabatan diantara mereka semakin kuat. Akan tetapi kehadiran Melati dan Rian akan semakin membahayakan karena status narapidana kabur yang disandang oleh Ivan dan Erik akan mudah terlacak oleh kepolisian setempat.
Bagaimana kah akhir kisah persahabatan antara narapidana dan dua anak kecil ini?


#Review:
Parade Film Indonesia Edisi Lebaran 2014 sudah datang! Tak tanggung-tanggung, 5 Judul rilis sekaligus pada tanggal 24 Juli 2014 lalu. Ketika tiba di Cinema 21 Tasikmalaya, awalnya saya memutuskan untuk menonton Bajaj Bajuri The Movie, akan tetapi melihat seats yang sudah full saya mengalihkan perhatian saya kepada Seputih Cinta Melati. Jika melihat dari poster saja awalnya saya tidak tertarik akan film ini, akan tetapi mengingat Chicco Jerikho berada dalam jajaran casts difilm ini, saya memutuskan untuk menyaksikannya karena he's totally awesome on Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (2014).
Meskipun ide cerita nya tidak tergolong baru, namun sang sutradara yang mempunyai rumah produksi yang terkenal akan film indonesia bertema anak-anak yang berkualitas yaitu Ari Sihasale, berhasil menyajikan Seputih Cinta Melati sebagai tontonan yang sederhana, tidak menggurui, cocok untuk segala umur dan indah pastinya. Namun disayangkan, chemistry kedekatan antara dua napi dan dua anak difilm ini kurang tereksplor banyak.
Saya acungkan jempol kembali untuk Chicco Jerikho, kali ini ia kembali tampil memuaskan setelah kemarin dalam Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Meskipun porsi difilm ini ia tidak sebanyak difilm sebelumnya, ia tampil begitu kuat. Duet kakak-beradik yang dihadirkan oleh Naomi Ivo dan Fatih Unru tampil baik dan menghibur. Jajaran casts lainnya yang hadir juga berhasil tampil ikut mewarnai indahnya Seputih Cinta Melati.
Untuk segi visualisasi dan musik scoring, Seputih Cinta Melati juga tampil begitu "niat" dan tidak asal-asalan. Pemandangan Jawa Barat nya subhanallah..
Overall, jika dibandingkan dengan keempat Film Indonesia Lebaran 2014 lainnya, mungkin cuma Seputih Cinta Melati saja yang aman untuk ditonton untuk semua usia dan ini yang namanya Film bertema Libur Lebaran yang sebenarnya!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment