Friday 29 May 2015

[Review] San Andreas: Ketika Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah Mengguncang Dunia



#Description:
Title: San Andreas (2015)
Casts: Dwayne Johnson, Alexandra Daddario, Carla Gugino, Hugo Johnstone-Burt, Art Parkinson, Paul Giamatti, Will Yun Lee, Archie Panjabi, Ian Gruffudd, Kylie Minogue, Morgan Griffin
Director: Brad Peyton
Studio: WarnerBros Pictures, New Line Cinema


#Trailer:

Official Trailer San Andreas (2015)


#Synopsis:
Ray (Dwayne Johnson) yang merupakan seorang petugas regu penyelamat mendapat laporan untuk menyelamatkan seorang gadis bernama Natalie (Morgan Griffin) yang tersangkut pada sebuah tebing bersama dengan mobil yang ia kendarai. Natalie terperosok kedalam jurang itu akibat sebuah gempa kecil yang mengguncang wilayah yang ia lewati.
Rupanya guncangan gempa kecil tersebut merupakan awal dari sebuah rangkaian gempa super besar akibat patahan San Andreas yang siap mengguncang mulai dari wilayah Nevada, California, Los Angeles hingga San Fransisco. Namun beruntung, ilmuwan kegempaan setempat yang bekerja pada CalTech bernama Professor Lawrence (Paul Giamatti) dan rekannya Kim (Will Yun Lee) berhasil menemukan metode untuk mengetahui kapan gempa tersebut terjadi agar bisa meminimalisir jumlah korban.
Gempa selanjutnya kembali mengguncang dan kekuatan semakin membesar hingga meluluh lantakkan sebuah Bendungan terbesar di kawasan Amerika. Professor Lawrence kemudian berusaha untuk memberitahukan kepada semua warga untuk segera menyelamatkan diri dan keluar dari zona berbahaya yang dibantu oleh kedua asistennya beserta seorang reporter tv bernama Serena (Archie Panjabi) dan kameramennya.
Gempa-gempa susulan pun kembali hadir meluluh lantakkan semua kota. Blake (Alexandra Daddario) yang merupakan anak dari Ray pada saat gempa dahsyat terjadi sedang berada di kantor milik teman dekat Ibunya yaitu Daniel Riddick (Ian Gruffudd). 
Ray kemudian harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan anak beserta mantan istrinya yaitu Emma (Carla Gugino) sebelum gempa dahsyat lainnya menghancurkan kota. Ditambah gempa susulan selanjutnya diprediksi akan jauh lebih besar ditambah dengan Tsunami dan akan menjadi gempa bumi terbesar sepanjang sejarah.
Bisakah Ray menyelamatkan keluarga kecilnya ditengah bencana dahsyat yang siap mengancam keselamatan umat manusia?



#Review:
Disaster Movie akhirnya kembali hadir di parade BlockBuster Movie tahun 2015 ini setelah beberapa tahun kebelakang jarang banget diproduksi oleh sineas Hollywood. 
Seperti pada umumnya, San Andreas karya sutradara Brad Peyton ini menghadirkan Disaster Movie yang begitu massive dan menegangkan. Beruntung, cerita San Andreas ini hanya berfokus pada cerita keluarga Ray dan Ilmuwan Kegempaan saja. Hal ini menjadi poin plus karena isi cerita menjadi padat tidak melebar seperti Film 2012 (2011) yang terlalu luas cakupannya.
Untuk segi visual dan efek CGI, Film San Andreas sangatlah berhasil menyajikan sebuah "tontonan" bencana yang dahsyat dan apik ditambah sound yang menggelegar disepanjang film. Penggambaran kota yang luluh lantak terlihat begitu real. Thumbs up juga untuk adegan ketika Ray dan Blake terjebak tenggelam di sebuah gedung.
Untuk jajaran pemain tidak ada yang istimewa karena tertutup oleh visual dan efek CGI yang bombastis. Satu-satunya yang mencuri perhatian adalah karakter Ollie yang diperankan oleh Art Parkinson. Ia menjadi penyegar difilm bencana ini dengan karakter remaja serta dialog yang lumayan menghibur.
Overall, secara keseluruhan Film San Andreas ini seperti menonton film bencana pada umumnya, not good but not bad. Visual efek dan CGI selalu menjadi penyelamat dalam sebuah Disaster Movie. Oia Satu pertanyaan setelah menonton Film San Andreas: Nasib Taylor Swift dalam film ini bagaimana ya? Kan ada lagu dia difilm ini :((


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment