Thursday 24 January 2019

[Review] Orang Kaya Baru: Aksi Kocak Keluarga Yang Mendadak Kaya Raya


#Description:
Title: Orang Kaya Baru (2019)
Casts: Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mini, Derby Romero, Fatih Unru, Refal Hady, Dea Panendra, Millane Fernandez, Melayu Nicole, Jasmine Kusuma, Verdi Solaiman
Director: Ody C. Harahap
Studio: Screenplay Films, Legacy Pictures


#Synopsis:
Tika (Raline Shah) seorang mahasiswi yang hidup dalam kondisi ekonomi pas-pasan bersama dengan keluarganya, selalu bersabar dalam menghadapi kehidupan. Setiap hari, ia berangkat kuliah mengendarai metro mini. Setibanya di kampus, ia selalu saja menjadi bahan nyinyiran mahasiswi lainnya terutama Risa (Millane Fernandez) dan Sasa (Melayu Nicole) duo mahasiswi populer dan kaya raya. Mereka pada memandang sebelah mata Tika karena kondisi ekonominya pas-pasan. Untungnya Tika tahan banting, dengan kedua sahabatnya yaitu Tiwi (Dea Panendra) dan Lala (Jasmine Kusuma) yang sama-sama pas-pasan mereka berteman dan lebih fokus untuk belajar, mengikuti olimpiade dan membuat karya.
Dirumahnya, Ayah (Lukman Sardi) dan Ibu (Cut Mini) makin hari kondisi ekonomi semakin terbatas. Ditambah lagi, Dodi (Fatih Unru) yang sebentar lagi akan naik kelas dan butuh biaya besar lantaran sekolahnya tergolong sekolah favorit dan bergengsi. Tak cuma itu saja, sang kakak yaitu Duta (Derby Romero) juga tengah menempuh pendidikan kesenian dan terobsesi menampilkan pementasan teater bersama dengan kedua temannya. Keadaan ekonomi yang serba kekurangan itu tak membuat mereka kesulitan mendapat kebahagiaan. Dengan hanya makan malam bersama dan bercengkrama satu sama lain menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka. Bahkan lebih konyol lagi Tika, Duta dan Dodi jika mereka ingin makan enak, mereka iseng datang ke pesta pernikahan yang tak dikenal demi untuk makan prasmanan.
Suatu hari, keluarga Tika dirundung duka. Sang ayah meninggal dunia. Mereka sangat sedih ditinggal selamanya oleh Ayah mereka. Kini, Ibu, Tika, Duta dan Dodi tidak memiliki tulang punggung dalam keluarga mereka. Tika dan Duta memutuskan untuk berhenti kuliah. Dodi pun terpaksa akan dipindahkan ke sekolah negeri agar biayanya lebih murah. Sang Ibu hanya bisa bersedih atas kepergian suaminya itu. Tapi duka yang menyelimuti Ibu, Tika, Duta dan Dodi tak berlangsung lama. Seorang pengacara (Verdi Solaiman) beserta asistennya datang ke rumah membawa kabar mengejutkan. Sang ayah ternyata menyimpan dana harta warisan melimpah yang telah ia tabung belasan tahun. Di video wasiat yang ayah buat sebelum meninggal, seluruh kekayaan yang ia sembunyikan dari keluarganya itu sepenuhnya diberikan pada Ibu, Tika, Duta dan Dodi untuk melanjutkan hidup mereka. Uang pertama sebesar Rp.500.000.000 mereka dapatkan dan harus digunakan untuk kepentingan keluarga.
Mendapat uang sangat melimpah, membuat Ibu, Tika, Duta dan Dodi kini menjadi orang kaya baru. Mereka lalu membeli apapun yang selama ini mereka idamkan. Sang ibu membeli banyak perhiasan. Tika membeli gadget mahal dan properti untuk bahan tugas kuliahnya. Duta akhirnya bisa membayar sewa dan DP gedung teater demi mewujudkan impiannya dan Dodi kini bisa memakai sepatu serta tas mahal ke sekolahnya. Usai menghabiskan uang pertama, sang pengacara datang lagi kerumah untuk memperlihatkan video wasiat kedua almarhum sang ayah. Ternyata wasiat itu semakin membuat Ibu, Tika, Duta dan Dodi senang dan bahagia. Uang kedua dan ketiga, masing-masing sebesar Rp.15.000.000.000 berikutnya bisa mereka miliki lagi dengan mudah.
Keluarga kaya raya ini lalu membeli rumah mewah beserta dengan isinya lengkap, bahkan membeli tiga mobil mini cooper sekaligus. Harta yang bergelimang membuat Tika semakin pede pergi ke kampus. Tika kini menjadi bahan perbincangan dikampusnya lantaran selalu mengenakan pakaian yang fashionable serta antar jemput mengendarai mobil mahal. Tika juga semakin optimis bisa mendapatkan Bayu (Refal Hady), pria sederhana yang selalu bekerja apa saja demi kuliah. Ibu yang kini tidak mengalami kesulitan ekonomi, menjadi sosok yang sangat dermawan. Bahkan aksi Ibu ketika bagi-bagi uang kepada pengemis jalanan menjadi viral. Tapi disatu sisi, kekayaan yang melimpah ini tak membuat Dodi sepenuhnya bahagia. Kebersamaan dan kehangatan keluarganya kini tak pernah ia rasakan lagi gara-gara sang ibu dan kedua kakaknya sibuk dengan urusan masing-masing.
Kekayaan yang mereka miliki ternyata perlahan mulai menimbulkan masalah. Sang ibu harus menghadapi kericuhan saat ia membagikan sembako. Tika yang kini bergaul dengan Risa dan Sasa menjadi sorotan Tiwi dan Lala karena tingkahnya semakin aneh dan norak. Duta juga butuh dana sebesar Rp.7.000.000.000 untuk biaya pementasan teater dan membayar para pengisi acara. Masalah lainnya muncul saat sang pengacara datang kembali ke rumah Ibu untuk memperlihatkan video wasiat keempat yang isinya ternyata membuat Ibu, Tika, Duta dan Dodi shock.


#Review:
Disaat Emak, Abah, Euis dan Ara tiba-tiba mendadak jatuh miskin lewat film KELUARGA CEMARA (2019), hal itu berbanding terbalik dengan apa yang Emak dan ketiga anaknya di film ini yang tiba-tiba mendadak tajir usai ditinggal mati oleh Abah. Itulah premis yang ditawarkan oleh film ORANG KAYA BARU (2019) karya sutradara Ody C. Harahap dan skenarionya ditulis oleh Joko Anwar.
Ide cerita ini sih aku yakin semua sobat misqueen dimanapun termasuk diriku pernah berimajinasi berkhayal-khayal babu pernah mengalaminya, termasuk sang penulis skenarionya sendiri yaitu Joko Anwar mengakuinya sendiri bahwa ide menulis film ini berasal dari angan-angannya ketika masih remaja ingin menjadi orang yang kaya raya.
Paruh awal film, kita diberi suguhan sebuah keluarga sederhana dengan kebersamaan serta moment-moment komedi yang hangat, akrab, menghibur, lebay, bahkan memalukan dan mungkin related dengan para sobat misqueen. Om Ocay dan JoKan cukup epik dalam memvisualkan sebuah keluarga dalam menghadapi kenyataan mereka mendadak kaya raya. Orang Kaya Baru yang biasanya menjadi over dan norak dilakukan dengan sangat memukau oleh Cut Mini serta Fatih Unru. Gesture Cut Mini memerankan sosok Ibu begitu komikal dan sangat menghibur dari awal hingga akhir film. Dialog-dialognya juga selalu berhasil memancing tawa penonton. Perubahan penampilan paling mencolok menurutku hanya terlihat pada Cut Mini saja. Fatih Unru, Derby Romero dan terutama Raline Shah menurutku sangat tidak cocok menjadi sobat misqueen. Look mereka sudah terbentuk image orang tajir. Bahkan menurut sang sutradara serta pengakuannya sendiri, Raline Shah lumayan berlatih keras bagaimana menjadi seorang sobat misqueen untuk film ini. Adegan metro mini pun dilakukan take berkali-kali demi mendapatkan feelnya. Hebat banget Mba Raline. Harus berlatih menjadi orang miskin :')
Komedi satir yang diselipkan dalam cerita film ini sih bagus dan cukup menyentil. Namun ketika sang sutradara dan penulis skenario mencoba menyelipkan sisi drama dalam film ini, menurutku jadi lumayan mengganggu karena porsi komedinya sudah sangat mendominasi. Dodi yang diperankan oleh Fatih Unru yang merasa kesepian usai kaya raya jika digarap lebih dalam lagi dari awal film pasti akan setara dengan karakter Ara dan Euis di film KELUARGA CEMARA (2019). Karakter Bayu yang diperankan Refal Hady pun menurutku tidak terlalu penting dan hanya sekedar "pemanis" saja. Sayang banget sih kemunculannya yang random dengan beda-beda pekerjaan itu terasa kasar sehingga message yang disampaikan lewat karakter Bayu jadi mentah. Twist lewat video keempat yang dihadirkan pun yang muncul pada akhir film terasa banget dipaksakan untuk hadir. Padahal cukup dengan hartanya habis saja juga sudah cukup.
Overall, film ORANG KAYA BARU (2019) tampil lumayan menghibur dan berhasil memvisualkan khayalan sobat misqueen ketika mendadak jadi tajir.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment