Friday 19 April 2019

[Review] Hotel Mumbai: Aksi Teroris Brutal Mengguncang Mumbai Dan Taj Hotel


#Description:
Title: Hotel Mumbai (2019)
Casts: Dev Patel, Armie Hammer, Nazanin Boniadi, Anupam Kher, Tilda Cobham-Hervey, Jason Isaacs, Alex Finder, Amandeep Singh, Suhail Nayyar, Manoj Mehra, Dinesh Kumar, Amriptal Singh, Natasha Liu Bordizzo, Angus McLaren
Director: Anthony Maras
Studio: Thunder Road Pictures, Arclight Films, Electric Pictures, Icon Film Distribution

#Synopsis:
Segerombolan pemuda baru saja tiba disebuah pinggiran sungai di wilayah Mumbai, India dengan masing-masing membawa ransel besar dipunggungnya. Mereka lalu berpencar satu sama lain. Dua diantara mereka masuk ke stasiun kereta CST Mumbai. Dengan aba-aba dari telepon yang mereka dengarkan, kedua pemuda itu secara brutal dan membabi buta melakukan aksi penembakan didalam stasiun CST Mumbai. Kondisi stasiun yang sedang padat penumpang berubah menjadi lautan korban tembakan aksi brutal dua pemuda itu.


Sementara itu, Taj Hotel salah satu hotel paling mewah di Mumbai akan kedatangan tamu penting dari Amerika Serikat. Ia adalah Zahra (Nazanin Boniadi), putri orang penting di Mumbai yang telah memiliki seorang anak dari David (Armie Hammer) dan berencana akan berliburan di Mumbai India. Zahra dan David ditemani oleh seorang pengasuh bayi bernama Sally (Tilda Cobham-Hervey). Sebelum Zahra dan keluarganya tiba, staff Taj Hotel berusaha memberikan pelayanan kelas super VVIP untuk keluarga Zahra. Mereka tidak ingin ada satu kesalahan kecilpun terjadi di hotel. Mulai dari jamuan hidangan makanan, fasilitas kamar hotel hingga semua keinginan yang sudah diminta keluarga Zahra sudah dipersiapkan dengan sangat matang.


Setibanya disana, David yang baru pertama kali ke Mumbai merasa sangat kagum dengan interior dan budaya India yang ada di Taj Hotel. Mereka langsung menempati kamar yang sudah sesuai dengan keinginan mereka. Pihak restaurant pun sudah mempersiapkan jamuan dinner khusus untuk Zahra dan David. Keduanya dijadwalkan akan dinner secara eksklusif dengan hidangan-hidangan VVIP hasil kreasi Chef  Hemant Oberoi (Anupam Kher). Semua hidangan akan disajikan ke meja Zahra dan David oleh Waiter Taj Hotel bernama Arjun (Dev Patel).
Ketika sedang menikmati dinner, moment liburan Zahra dan David beserta dengan tamu hotel lainnya seketika berubah menjadi mimpi buruk bagi seluruh orang yang berada di Taj Hotel. Segerombolan pemuda teroris berhasil masuk ke Taj Hotel dan secara brutal menembak seluruh staff hotel dan tamu yang ada diarea lobby hotel. Melihat secara langsung kejadian itu membuat Arjun berusaha setenang mungkin untuk menenangkan dan mengevakuasi seluruh tamu yang sedang di restaurant untuk bersembunyi. Arjun lalu berusaha berkoordinasi dengan bagian kitchen dan bagian hotel lainnya untuk mencari bantuan. 


Disaat yang bersamaan, gerombolan teroris itu berpencar keseluruh area hotel dan membunuh para tamu dengan brutal satu persatu, pintu demi pintu. Gerombolan teroris ini dijamin oleh penanggung jawabnya akan mendapat imbalan materi setimpal dan pahala besar karena telah melakukan jihad. 
Mampukah Arjun beserta dengan tamu hotel lainnya berhasil terbebas dari aksi teroris sadis ini?


#Review:
Film action yang mengangkat tema tentang teroris dan perang mungkin sudah banyak dibuat oleh para sineas luar negeri. Namun tak sedikit juga film bertema seperti itu hanya bermodalkan adegan aksi yang seru saja dan sedikit melupakan akan detail plot cerita. Kali ini rumah produksi asal Australia menghadirkan sebuah film action terorist yang mengambil kisah dari kejadian nyata tentang aksi terror di Mumbai pada tahun 2008 lalu lewat film HOTEL MUMBAI (2019) yang baru saja dirilis pada awal April 2019 lalu.
Surprisingly, film ini menyajikan sebuah film action terorist berada dalam level yang sangat memuaskan. Intense ketegangan yang dibangun begitu terjaga banget dari paruh awal hingga akhir film. Nyaris penonton tidak diberi kesempatan untuk menghela nafas melihat para tamu dan staff Taj Hotel yang dibantai secara sadis oleh para teroris yang mengatasnamakan jihad itu. Aksi kucing-kucingan antara teroris dan korban berhasil menghadirkan sensasi gemas, kesal, marah dan sedih disepanjang durasi film. Moment dramatis yang dihadirkan pun terasa sangat menyentuh banget dan menimbulkan rasa simpati dan juga empati penonton. Adegan percakapan soal Turban yang dikenakan oleh Arjun dan salah satu tamunya ini sangatlah berhasil membuat ingin menangis. Untungnya moment dramatis lainnya juga disajikan sangatlah make-sense dan reasonable banget. Subplot-subplot kecil tentang siapa itu Arjun dan aktifitas sehari-hari para staff hotel begitu related dengan kenyataan. Para Hotelier wajib banget untuk nonton film HOTEL MUMBAI (2019) ini lantaran sangat baik dan bagus banget memperlihatkan SOP dalam menangani ancaman teroris di hotel. 


Performa casts juga tampil sangat memuaskan. Big Applause untuk Dev Patel, Anupam Kher dan seluruh staff Taj Hotel yang bermain dalam film ini menampilkan performa begitu totalitas dan sangat meyakinkan. Para Tamu Hotel seperti Armie 'Oliver' Hammer, Nazanin Boniadi dan yang lainnya juga berhasil tampil sewajarnya sebagai tamu hotel. Jajaran pemeran terorist berhasil menampilkan aksi brutal dan kejinya yang sangat menyebalkan dan pintar juga. Bikin kesel. Dengan membawa-bawa nama Jihad dan ayat suci Al-Quran mereka seenak jidat membunuh secara sadis para tamu hotel. Pahala dan rejeki bukan yang kalian dapat woy. Yang ada dosa dan nereka! Welcome to the hell b*tch!
Untuk segi visual dan scoring pun, film HOTEL MUMBAI (2019) ini berhasil membangkitkan suasana banget. Intense ketegangannya semakin meningkat dengan scoring menggelegar, sehingga penonton yang menyaksikan film ini serasa banget berada di Taj Hotel. Kampret emang!
Overall, film ini sangat memuaskan. One of the best movie of the year so far. Segeralah nonton di bioskop Cinema 21 atau XXI terdekat sebelum AVENGERS: ENDGAME (2019) menyerbu rabu depan!


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment