Wednesday 21 August 2019

[Review] Move On Aja: Kisah Cinta Aplikasi Kencan Di Malam Tahun Baru



#Description:
Title: Move On Aja (2019)
Casts: Marthino Lio, Asmara Abigail, Uus, Lala Karmela, Edward Akbar, Puja Astawa, Totos Rasiti
Director: Hestu Saputra
Studio: Northcliff Pictures, Open Door Films


#Synopsis:
Tahun baru tinggal menghitung hari lagi. Dani (Uus) semakin gencar menggoda pacarnya untuk bisa bermalam tahun baruan di tempat tinggalnya di Bali. Dani tidak sendiri, ia mengontrak satu rumah bersama temannya yaitu Irwan (Marthino Lio). Dani meminta tolong pada temannya itu untuk tidak berada di rumah disaat ia berkencan dengan pacarnya. Sebagai imbalannya, Dani akan mencarikan perempuan Irwan untuk menemaninya selama malam pergantian tahun itu.


Irwan sendiri berprofesi sebagai seorang arsitek freelance yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai driver ojek online. Irwan menetap di Bali lantaran karier sebagai arsiteknya sudah berantakan disaat dulu hubungannya dengan Jessica (Lala Karmela) kandas. Putusnya cinta dengan Jessica membuat Irwan menjadi susah move-on. Ia masih memikirkan dan merindukan mantan pacarnya itu. Kehidupan sehari-hari Irwan terasa monoton karena ia masih saja menutup hatinya untuk orang lain. Dani lalu mempunyai ide untuk mencari teman kencan Irwan lewat dating apps. Ia kemudian mengganti photo profil hingga bio deskripsi Irwan di dating apps sekeren mungkin. Gara-gara keisengan Dani itu, account Irwan match dengan seorang wanita bernama Nadia (Asmara Abigail). Tanpa basa basi, Nadia lalu mengajak Irwan untuk bertemu secara langsung. Pertemuan mereka pertama kali disebuah Cafe di Bali. Sebagai seorang pria biasa dan berprofesi sebagai driver ojek online, Irwan merasa minder melihat Nadia yang terlihat begitu elegan dan berkelas. Disaat Nadia mengetahui Irwan adalah seorang driver ojek online, Irwan langsung pesimis dan memilih untuk pergi ketimbang menjadi bahan tertawaan Nadia. Tapi Nadia menahannya, ia ingin berbincang lebih lama dengan Irwan. Disaat Irwan menjelaskan soal profesi sebenarnya yaitu aristek, percakapan diantara mereka membuat Nadia terpana. Nadia yakin Irwan adalah tipe good-boy, berbeda dengan mantannya yaitu Alex (Edward Akbar) yang sangat licik dan juga pembohong.


Sepulang dari Cafe itu, Nadia terpaksa ikut naik motor bareng Irwan untuk menghindari kejaran dari seorang pria paruh baya yang terus mengejarnya. Disepanjang perjalanan, mereka berdua kembali terlibat perbincangan panjang dan saling mengetahui satu sama lain.
Nadia lalu meminta pada Irwan untuk menurunkannya di acara pesta tahun baru yang diselenggarakan oleh temannya. Disaat yang bersamaan pula Irwan tak sengaja kembali bertemu dengan Jessica. Begitu juga Nadia, ia bertemu lagi dengan Alex disana. Daripada memancing keributan, Nadia memutuskan untuk meninggalkan pesta itu bersama dengan Irwan. Tahun baru yang tinggal beberapa jam lagi, Alex lalu bergegas mengajak Nadia ke rumahnya. Disaat itulah, perbincangan mereka berdua semakin dekat. Irwan lalu menceritakan soal kisah cintanya dengan Jessica. Begitu juga dengan Nadia yang menceritakan penyesalannya menjadi wanita simpanan dari Alex.

 

Berdasarkan dari pengalaman mereka masing-masing, perlahan tapi pasti Nadia dan Irwan mulai merasakan kenyamanan diantara mereka. Keduanya saling menghargai dengan keputusan yang sudah dilakukan. Pengalaman pahit kisah cinta yang dulu dirasakan oleh Nadia dan Irwan membuat keduanya kini semakin menjadi lebih dewasa. Akankah Irwan berhasil move-on melupakan Jessica dan berpaling pada Nadia?


#Review:
Siapapun pasti pernah merasakan yang namanya patah hati lalu susah untuk move-on. Efek dari sulit melupakan itu sendiri selalu berimbas pada perasaan dan bahkan kehidupan orang tersebut. Karena jika sudah menggunakan hati dan perasaan, sisi rasionalitas dan logika seseorang menjadi urusan belakangan. Asik jadi curhat.


Sutradara muda jebolan Dapur Films yaitu Hestu Saputra kali ini menghadirkan sebuah drama romantis-komedi terbaru yang mengangkat issue seputar move-on. Premis film MOVE ON AJA (2019) produksi Northcliff Pictures ini sebetulnya sangat klise, sederhana dan bahkan mirip kisah-kisah drama romantis-komedi yang ada di FTV-FTV, tapi ditangan Hestu Saputra beserta team penulis skenarionya, premis sederhana ini disulap menjadi sajian yang asyik, menggemaskan, charming dan mendewasakan.
Paruh awal film kita bisa melihat sosok Irwan si susah move-on yang dimainkan sangat baik oleh Marthino Lio. Ditangannya, Irwan ini tidak dibuat lemah akan cinta, justru menampilkan ketegaran dan kharismatik terlebih disaat berhadapan dengan karakter Nadia. Gesture dan mata Lio terlihat sangat bermain dan hidup. GONG! Moment karakter Lio disaat perbincangan kembali dengan Jessica di babak akhir film. Sungguh intens, tajam dan sangat menghargai dirinya sendiri. Munculnya karakter Nadia menjadi seperti sumber air bagi Irwan. Penonton sangat merasakan perubahan sikap yang alami dari Irwan disaat awal ia pesimis yang kemudian perlahan mulai beranjak menjadi nyaman ketika bersama Nadia. 



Big applause untuk Asmara Abigail yang disini menunjukkan kualitasnya dalam memerankan sebuah karakter dalam film. Ini gak bohong ya, Asmara di film MOVE ON AJA (2019) tampil sangat enjoy dan charming. Gesture serta ekspresi emosinya itu natural banget. Aku sangat menikmati peran Asmara disini, karena biasanya Asmara tuh selalu mendapat peran yang mengandalkan ekspresi muka, gerak gesture di film-film arthouse, thriller maupun horror. Debut perdana Asmara dalam genre film drama sekaligus komedi ini menurutku berhasil. Chemistry yang dibangun dengan Lio juga gokil sih apik banget. Irwan & Nadia is a new favourite couple in local movie so far. Good job for Lio & Asmara! Chemistry persahabatan antara Dani dan Irwan pun asyik banget. Tektokan dialog diantara mereka terasa smooth tidak kaku sama sekali. Uus akhirnya mendapatkan peran yang cukup bermanfaat disepanjang filmography-nya dia. Haha.



Menuju babak akhir, dimana ujung kisah perjalanan kisah cinta satu malam di penghujung tahun ini akan berakhir, awalnya aku khawatir akan dibawa menjadi happy ending yang standar, tapi Hestu Saputra memberikan kejutan manis. Definisi stranger to lover to stranger to lover-nya berasa deep banget. Sehingga Irwan dan Nadia sangat layak mendapatkan ending kisah cinta mereka dibuat seperti itu. 



Overall, film MOVE ON AJA (2019) ini secara mengejutkan tampil memuaskan. Meskipun kemasannya sangat sederhana, tapi didalamnya mempunyai segudang makna dan juga pembelajaran untuk menjadi lebih dewasa khususnya untuk urusan cinta dan perasaan. Well done for Asmara & Lio!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment