Tuesday 15 October 2019

[Review] Hustlers: Keseruan Para Penari Striptis Saat Mencari Nafkah


#Description:
Title: Hustlers (2019)
Casts: Jennifer Lopez, Constance Wu, Julia Stiles, Keke Palmer, Lili Reinhart, Lizzo, Cardi B, Mette Towley, Madeline Brewer, Stormi Maya, Mercedes Ruehl, Marcy Richardson, Trace Lysette, Emma Batiz, Wai Ching Ho, Emma Batiz, G-Eazy, Scarlett Sherr
Director: Lorene Scafaria
Studio: STX Films, Annapurna Pictures

#Synopsis:
Destiny (Constance Wu) merupakan salah satu penari striptis di sebuah club malam bernama "Move". Profesinya itu ia jadikan sebagai mata pencaharian untuk menafkahi neneknya (Wai Ching Ho) yang sudah lanjut usia. Di club malam tersebut, Destiny cenderung "sepi peminat" lantaran ia berwajah oriental. Untungnya, rekan-rekan sesama penari selalu mendukung dan memberikan semangat kepada sesama penari lainnya. Bahkan keuntungan yang mereka dapatkan selalu dibagi rata oleh "Ibu" (Mercedes Ruehl) mereka.


Disana Destiny mengagumi rekannya yaitu Ramona (Jennifer Lopez) yang menjadi penari primadona dan favorit di club. Aksi menarinya begitu sensual, lincah, menggairahkan, penuh pesona dan selalu berhasil mendapatkan client-client besar. Berkat aksinya itulah Ramona selalu mendapatkan pundi-pundi dollar yang sangat melimpah. Usai pekerjaan selesai, Destiny mendatangi Ramona untuk belajar banyak hal agar ia bisa seperti dirinya. Untungnya Ramona tidak sombong dan sangat humble. Ia lalu berbagi tips, trik hingga pengalamannya selama menggeluti profesi sebagai penari striptis di club. Bukan cuma itu saja, Ramona bahkan mengajak Destiny "duet" saat menjalankan aksinya menjamu client besar.



Rupanya aksi duet Ramona dan Destiny mendapat antusias tinggi dari para client yang mayoritas adalah para pialang di Wall Street. Setiap malamnya mereka berdua selalu berhasil mendapat ribuan dollar. Penghasilan yang didapatkan Ramona selalu ia gunakan untuk membesarkan anak semata wayangnya, Juliet (Emma Batiz) yang tinggal disebuah apartment mewah.
Tapi sayang, beberapa tahun kemudian, terjadi krisis keuangan melanda Amerika Serikat, termasuk pada Wall Street mengalami keterpurukan ekonomi. Imbasnya club malam "Move" menjadi sepi pengunjung dan bahkan beberapa penari memutuskan berhenti bekerja disana. Salah satu diantara mereka yaitu Destiny yang berhenti karena menikah dengan Johnny (G-Eazy) dan mempunyai seorang anak bernama Lily (Scarlett Sherr).



Destiny terpaksa menjadi tulang punggung bagi keluarga kecilnya disaat Johnny memutuskan pergi dari dirinya. Hari demi hari Destiny lakukan untuk mencari pekerjaan baru namun hasilnya selalu nihil. Ia terpaksa kembali menari ke Club "Move", karena itulah satu-satunya jalan agar ia bisa mendapatkan uang. Tapi kondisi club sekarang bukanlah club yang seperti dulu. Para penari striptis disana diisi oleh deretan wanita yang berasal dari Rusia dan bertubuh layaknya seperti model. Bukan cuma itu saja, sang "Ibu" di club malam itu juga kini ditempatkan sebagai bartender dan mengeluh karena sepinya pengunjung. 



Sedikit harapan muncul usai Destiny tak sengaja bertemu dengan Ramona yang kini berprofesi sebagai pramuniaga di department store. Mereka saling curhat satu sama lain mengenai hidup mereka pasca krisis ekonomi melanda. Ramona lalu berinisiatif untuk kembali duet dengan Destiny di club malam. Namun kali ini ada yang sedikit berbeda. Ramona diam-diam menggunakan campuran obat-obatan untuk bisa menggoda clientnya agar bisa terpengaruh untuk mengeluarkan uangnya lebih banyak lagi.


Aksi yang mereka lakukan ternyata berhasil. Keduanya kini bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Ramona pun berinisiatif untuk merekrut orang-orang baru agar aksi mereka bisa semakin besar dan luas.


#Review:
Setelah tertunda hingga sebulan lamanya dari jadwal semula, akhirnya film HUSTLERS (2019) yang dibintangi Jennifer Lopez ini mendapar kepastian tayang secara eksklusif hanya di Cinema XXI saja mulai 18 Oktober 2019 mendatang. Sebelumnya, Film HUSTLERS (2019) ini telah melangsungkan Sneak Preview pada Sabtu, 12 Oktober 2019 lalu dan Special Screening tadi malam (14/10) di Cinema XXI Plaza Senayan Jakarta. Acara Special Screening film ini dihadiri oleh komunitas Pole Dance dan mereka melakukan aksi di lobby bioskop sehingga menuai kemeriahan dan kehebohan dari para tamu undangan.



Untuk segi cerita, film HUSTLERS (2019) sendiri merupakan terinsiprasi dari salah satu artikel di New York Magazine yang fenomenal tentang interview session dengan mantan penari striptis di New York, Amerika Serikat. Sang sutradara sekaligus penulis naskah menyajikan film HUSTLERS (2019) ini mem-visualkan cerita versi Destiny ketika ia masih bergelut di dunia club malam. Kisah sisterhood antara Destiny dan Ramona yang ditampilkan oke dan kece banget. Tak cuma itu saja, perjalanan "duet" maut mereka pun penuh gairah, seksi dan pastinya lelaki manapun pasti akan tersihir oleh mereka berdua. Aksi sensual para penari striptis tersaji begitu detail selama 35 menit awal, meskipun LSF akhirnya memotong adegan aksi Jennifer Lopez ketika di stage dan beberapa area sensitif dalam film ini kena blur dan itu lumayan cukup menganggu. Jangan lupakan juga angkatan pertama para penari striptis yang muncul di awal film seperti Cardi B, Lizzo, Mette Towley, Tracey Lysette dan yang lainnya sukses mencuri perhatian banget. Deretan komedi yang dihadirkan para penari striptis juga sukses memecah tawa penonton.


Usai dimanjakan dengan kegiatan di club malam, para penonton diajak untuk melihat backstory para penari yang tampil tak kalah memukau. Lewat backstory karakter Destiny dan Ramona kita bisa melihat perjuangan seorang perempuan yang menafkahi keluarga mereka seorang diri hingga alasan "terpaksa" menjadi penari striptis pun diceritakan dengan baik. Beberapa moment bahkan bisa related dan menyentuh. Twist yang dihadirkan pada moment sisterhood antara Destiny dan Ramona pun semakin memperkuat arti sisterhood yang sebenarnya. Penonton diajak untuk berprasangka buruk pada salah satu karakter saat interview session antara Destiny dan Elizabeth tapi ternyata ada satu cerita lainnya yang tak diketahui oleh Destiny yang disembunyikan oleh salah satu rekannya itu.



Untuk ensemble casts, film yang disutradarai oleh Lorene Scafaria ini tampil menghibur dan seakan seperti versi vulgar dari ensemble casts film OCEAN'S EIGHT (2018) nya Sandra Bullock. Hahaha. Jennifer Lopez memberikan performance mengesankan sebagai sosok Ramona yang sensual, penuh gairah dan jago dalam menari striptis. Tak cuma itu saja, J-Lo juga mampu membangun chemistry asik dengan Destiny. Aktris Asia yang sukses mencuri perhatian dalam film CRAZY RICH ASIANS (2018) yaitu Constance Wu pun tampil tak kalah memukaunya dengan J-Lo. Gila sih dia cukup berani banget menerima peran karakter Destiny ini padahal di film CRAZY RICH ASIANS (2018) begitu berbanding terbalik. Haha.


Untuk segi visual dan musik, film HUSTLERS (2019) tampil oke. Pemilihan deretan lagu-lagu yang mengiringi aksi Ramona dan Destiny ini bagus dan penuh enerjik! Kapanlagi coba play lagu Lorde - Royals didalam teater XXI dengan sound minimal Dolby 7.1 atau Dolby Atmos - THX. Gilaa sukaa sekali!
Overall, film HUSTLERS (2019) tampil memuaskan. Filmnya tidak cuma menjual aksi vulgar dan sensualitas saja tapi memiliki naskah cerita yang apik dan menyentuh tentang keluarga dan juga persahabatan!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment