Saturday 18 February 2023

[Review] Berbalas Kejam: Kisah Balas Dendam Atas Kematian Istri Dan Anak Tersayang!



#Description:
Title: Berbalas Kejam (2023)
Casts: Reza Rahadian, Laura Basuki, Baim Wong, Yoga Pratama, Kiki Narendra, Haydar Salishz, Irgi Fahrezi, Niken Anjani, Athar Barakbah, Diandra Valini, Kenzi Bangun
Director: Teddy Soeriaatmadja
Studio: Tiger Wong Entertainment, Karuna Pictures, Prime Video


#Synopsis:
Sepulang dari kantor, Adam (Reza Rahadian) diberi kejutan ulang tahun oleh istri dan anaknya yaitu Lina (Niken Anjani) dan Nara (Athar Barakbah). Ditengah suasana yang penuh suka cita itu, rumah keluarga Adam tiba-tiba saja kedatangan tiga orang tamu tak diundang. Mereka adalah komplotan perampok yang berusaha menggasak seluruh harta benda milik keluarga Adam. Kejadian tragis tersebut menyebabkan Adam harus kehilangan Lina dan Nara untuk selama-lamanya.
Dua tahun berlalu, kehidupan Adam semakin berantakan. Ia masih belum menerima kematian istri dan anaknya itu dengan cara yang tragis. Selain itu, Adam juga mengalami trauma berat dan berimbas pada performa pekerjaannya sebagai arsitek terganggu. Melihat rekan kerjanya yang belum bangkit dari keterpurukan membuat Kian (Irgi Fahrezi) menyarankan Adam untuk mendatangi Psikolog Dr. Amanda (Laura Basuki). Kian yakin jika Dr. Amanda bisa membantu Adam dalam mengatasi trauma yang sudah dialami selama dua tahun terakhir. Ia juga mengizinkan Adam untuk istirahat sejenak dari pekerjaan selama proses konsultasi dengan Dr. Amanda.
Atas saran dari Kian serta tak ingin kehilangan pekerjaan, Adam pun setuju untuk menemui Dr. Amanda. Pada pertemuan pertama, ia meminta pada Dr. Amanda untuk membantunya agar bisa kembali secepatnya bekerja tanpa perlu menjalani proses konsultasi psikologis. Namun Dr. Amanda tidak bisa membantu Adam jika kondisi trauma dan psikologis nya masih seperti itu. Dr. Amanda meminta Adam untuk menghadapi traumanya ketimbang harus menghilangkan atau menghindari trauma tersebut.
Setelah berkonsultasi pada Dr. Amanda, kondisi psikologis Adam perlahan mulai membaik. Saat pulang menuju ke rumah dengan menggunakan taksi online, Adam terkejut melihat supir taksi yang bernama Franky Tamba (Haydar Salishz) itu memiliki ciri-ciri yang sama persis dengan salah satu dari tiga pelaku perampok rumahnya dulu. Setibanya didepan rumah, Adam langsung menyerang supir taksi tersebut hingga tewas. Mobil dan jasadnya kemudian ia buang ke jalanan sepi di pinggiran kota.
Setelah kejadian itu, Adam kemudian mengecek ponsel milik Franky untuk menemukan petunjuk-petunjuk lainnya tentang dua orang perampok yang masih berkeliaran diluar sana. Sambil mencari tahu informasi yang dibutuhkan, kondisi psikis dan trauma dari Adam perlahan mulai membaik. Sesi konsultasi dengan Dr. Amanda pun berjalan dengan lancar. Selain itu, ia juga sudah kembali bekerja bersama dengan Kian.
Seiring berjalannya waktu, hasil penelusuran Adam terhadap dua perampok yang tersisa membuahkan hasil. Salah satunya bernama Giat Santoso (Kiki Narendra) yang kini memiliki usaha bengkel. Adam pun merancang rencana untuk aksi balas dendam terhadap Giat. Tak membutuhkan waktu lama, Adam berhasil menghabisi nyawa Giat dengan cara yang kejam. Kematian Franky dan Giat membuatnya merasa sangat lega. Adam hanya ingin istri dan anaknya bisa beristirahat dengan tenang. Sejak saat itu juga, rasa trauma dan penyesalan yang selama ini menyerang Adam perlahan memudar. Adam pun mulai membuka hati dan menjalin kedekatan dengan Dr. Amanda.
Disaat kehidupan Adam kembali normal, kejutan tak terduga kembali menghampirinya. Pihak kepolisian sedang mencari pelaku pembunuhan keji terhadap Franky dan Giat yang dipimpin oleh Pak Dias (Yoga Pratama). Semua petunjuk yang ditemukan oleh Pak Dias mengarah pada Adam. Selain itu, Adam juga mendapat kenyataan pahit tentang keluarga Dr. Amanda yang selama ini tidak ia ketahui.


#Review:
Platform Streaming Prime Video merilis konten original Film Indonesia terbaru yang berjudul BERBALAS KEJAM (2023). Film ini diproduksi oleh PH milik Baim Wong yaitu Tiger Wong Entertainment. Sejak pertama kali merilis first look gambar yang menampilkan Laura Basuki, Reza Rahadian dan juga Baim Wong, film BERBALAS KEJAM (2023) langsung membuatku penasaran. Ditambah lagi, film ini disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja yang pada sebelas tahun lalu berhasil mendapatkan tujuh nominasi dan satu Piala Citra untuk film LOVELY MAN (2011).


Untuk segi cerita, film BERBALAS KEJAM (2023) ini memiliki premis yang sangat sederhana tentang aksi balas dendam seorang ayah atas kematian istri dan juga anaknya. Alur cerita pun terbilang cukup enak untuk dinikmati. Aku suka dengan cara sang sutradara yang menampilkan karakter Adam disini tidak dibuat sangat powerful saat melakukan balas dendam. Aksi yang ia dilakukan terbilang masih amatir dan mulai membabi buta jika ia melihat aksi kekerasan didepan matanya. Eksplorasi rasa trauma, ketakutan serta penyesalan yang ada dalam diri Adam ini tampil baik dengan bantuan dari Psikolog dari karakter Dr. Amanda. Pembagian jatah cerita untuk masing-masing karakter pun terasa adil dan semuanya memiliki kekuatan tersendiri. Yang menarik, film BERBALAS KEJAM (2023) juga memiliki plot twist yang disimpan cukup rapi dan unpredictable. Meskipun eksekusi babak akhir film ini terlalu bermain aman, namun kehadiran plot twist tersebut menjadi warna tersendiri untuk film ini.


Untuk jajaran pemain, film BERBALAS KEJAM (2023) memiliki ensemble yang tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya. Performa Reza Rahadian di film ini menjadi nyawa terbesar sekaligus yang terbaik disepanjang durasi film. Perubahan gesture, range emosi yang Reza lakukan untuk karakter Adam semakin memperkokoh kualitas dirinya sebagai Aktor Terbaik Indonesia saat ini. Duet yang kesekian kalinya bersama Laura Basuki juga tak pernah mengecewakan. Selain itu, penampilan singkat para pemeran pendukung seperti Yoga Pramata, Kiki Narendra, Baim Wong hingga Niken Anjani juga memberi kekuatan yang cukup besar untuk film ini.



Overall, film BERBALAS KEJAM (2023) tampil cukup memuaskan berkat kualitas akting dari para aktor yang terlibat, meskipun premis dan plotnya terasa sangat sederhana. Sangat berharap kedepannya para Content Creator lain yang punya PH sendiri, bisa mengikuti jejak Baim Wong yang menurutku tidak mengecewakan saat memproduksi sebuah film layar lebar. Budget kalian bisa banget kok untuk calling aktor aktris Indonesia yang beneran bisa akting, Nih Baim Wong sudah membuktikannya!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment