Sunday 24 December 2023

[Review] Layangan Putus The Movie: Akhir Cerita Drama Kinan, Aris Dan Lydia!



#Description:
Title: Layangan Putus The Movie (2023)
Casts: Reza Rahadian, Raihaanun, Anya Geraldine, Graciella Abigail, Marthino Lio, Raquel Katie, Brigitta Cynthia, Ira Wibowo, Willem Bevers, Ruth Marini, Lala Choo, Adil Luca, Bukie Mansyur
Director: Benni Setiawan
Studio: MD Pictures


#Synopsis:
Setelah resmi bercerai, Kinan (Raihaanun) dan Aris (Reza Rahadian) menjalani hidup masing-masing. Kinan memutuskan move-on bersama dengan anak semata wayangnya, Raya (Graciella Abigail) dan kembali bekerja sebagai dokter di rumah sakit. Sementara itu, Aris tinggal bersama dengan Lydia (Anya Geraldine).
Kinan dan Aris sepakat untuk tetap akur dan menjalani komunikasi yang baik demi kebaikan Raya. Mereka ingin Raya tetap merasakan kasih sayang secara lengkap dari ibu dan ayahnya meskipun kini sudah berpisah. Namun sayang, semua usaha yang dilakukan Kinan dan Aris agar semuanya terlihat baik-baik saja itu tidak bisa dirasakan oleh Raya. Rasa sedih melihat sang ayah kini tidak tinggal satu rumah dengan ibunya dan lebih memilih bersama dengan Lydia selalu diperlihatkan oleh Raya.
Lydia pun selalu berusaha menjadi calon ibu tiri yang baik bagi Raya. Namun sayang, semua usaha Lydia agar bisa akrab dan dekat dengan Raya tak pernah membuahkan hasil. Ia justru jadi sering bertengkar dengan Aris karena Raya. Lydia yang awalnya sangat yakin bisa hidup bahagia dengan Aris malah jadi ragu karena Aris masih memprioritaskan kepentingan anaknya itu.
Sementara itu, Kinan jadi semakin sibuk setelah kembali ke rumah sakit. Untungnya ia selalu meluangkan waktu bersama dengan Raya setelah selesai bekerja. Melihat Kinan yang kini sudah bangkit dan kembali melanjutkan hidupnya membuat para sahabatnya yaitu Andre (Marthino Lio), Lola (Raquel Katie) dan Dita (Brigitta Cynthia) sangat senang. Bahkan, Andre semakin intens menunjukkan perasaannya terhadap Kinan.
Waktu terus berlalu. Aris dan Lydia akhirnya resmi menikah. Acara pernikahan mereka turut dihadiri oleh Kinan bersama dengan Raya dan juga Andre. Tak sedikit para tamu undangan yang dibuat terkejut melihat mantan istri Aris datang. Eskpresi canggung dari Aris dan juga Lydia pun tidak bisa mereka tutupi.
Meskipun kini sudah menikah, rupanya permasalahan rumah tangga tetap saja menghampiri Lydia dan jug Aris. Lydia sering kecewa dan sakit hati karena sikap Raya masih saja menjaga jarak dengan dirinya. Hal tersebut membuat Aris kesal dan menganggap Lydia tidak bisa memaklumi perasaan anak kecil yang hancur gara-gara orangtuanya berpisah. Masalah lain kembali muncul disaat Raya tiba-tiba kabur saat sedang bermain dengan Lydia di mall. Mendengar kabar hilangnya Raya membuat Kinan sangat marah terhadap Aris dan juga Lydia. Kejadian tersebut membuat Lydia merasa sangat bersalah karena telah menghancurkan hubungan baik antara Aris dengan Raya.
Sejak kejadian tersebut, Lydia khawatir jika Aris ternyata masih menyimpan rasa cinta dan sayang pada Kinan. Bahkan pada suatu malam, Lydia pernah bermimpi jika suaminya itu kembali rujuk dengan Kinan dan menghabiskan liburan bersama di Cappadocia, Turki. Rasa khawatir dari Lydia itu akhirnya terbukti saat dirinya memergoki Aris sedang merayakan ulang tahun Kinan dengan memberikan hadiah kalung mutiara. Aris berdalih jika rencana perayaan ulang tahun tersebut atas permintaan Raya yang ingin memberikan kejutan pada ibunya. Bagaimanakah nasib rumah tangga Lydia dengan Aris selanjutnya?


#Review:
Rumah produksi MD Pictures sukses menayangkan serial viral dan selalu jadi trending topic di akhir tahun 2021 lalu yang berjudul LAYANGAN PUTUS (2021-2022). Serial yang eksklusif tayang di platform streaming We TV tersebut bahkan memecahkan rekor sebagai salah satu serial Indonesia yang paling banyak diperbincangkan dan mencetak 15 juta penonton selama jadwal penayangan di OTT.


Melihat kesuksesan tersebut rasanya tidak mungkin bagi seorang Manoj Punjabi untuk tidak melanjutkan drama rumah tangga dari Kinan, Aris dan Lydia. Kembali menggandeng Benni Setiawan dan Oka Aurora sebagai sutradara dan penulis skenario, MD Pictures akhirnya resmi menghadirkan LAYANGAN PUTUS THE MOVIE (2023) yang merupakan sekuel dari serialnya. Keputusan untuk berlanjut menjadi format film layar lebar ini berkat dorongan dari Reza Rahadian. Ia blak-blakan tidak bersedia melanjutkan perannya sebagai Aris jika berlanjut ke musim kedua. Reza lebih tertarik konflik dan drama rumah tangga Kinan, Aris dan Lydia sebaiknya berlanjut menjadi sebuah film.
Untuk segi cerita, LAYANGAN PUTUS THE MOVIE (2023) kali ini lebih menonjolkan konflik batin dari karakter Raya, Aris dan juga Lydia. Babak pertama film, penonton mendapat point of view sebagai Raya yang harus menghadapi kenyataan pahit orangtuanya sudah berpisah dan Papip nya akan segera menikah dengan Lydia. Bonding chemistry Raya dengan Mamim Kinan dan Papip Aris disini sangatlah kuat. Memasuki babak selanjutnya, penonton disuguhkan dengan sikap menyebalkan dari Aris yang masih saja konsisten dan tak kunjung sadar juga. Agak sedikit disayangkan sih, entah kenapa penulis naskah film ini terlalu menonjolkan pendalaman karakter Aris yang seolah-olah ia tidak bersalah dan lebih menekankan jika karakter Lydia ataupun Kinan lah yang bersalah. I know, Lydia memang salah gara-gara jadi selingkuhan dan mau aja tetap nikah dengan Aris.. Tapi, sumber permasalahan utama dari drama ini kan Aris. Untungnya, akhir cerita LAYANGAN PUTUS THE MOVIE (2023) berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh mayoritas penonton. Hahaha.


Keputusan untuk mengganti format ke film layar lebar tentunya bukanlah hal yang buruk. Treatment cerita dan visual yang disajikan oleh Benni Setiawan di film ini sudah lebih dari cukup. Yang cukup disayangkan yaitu MD Pictures gagal meminang kembali Putri Marino untuk melanjutkan perannya sebagai Kinan di sekuel film layar lebarnya. Penampilan Raihaanun sebagai Kinan di film ini sangat bagus dan top notch banget. Chemistry bareng Aris maupun Raya juga gemilang. Namun bagi penonton setia serialnya, sosok Kinan sudah dilahap dengan luar biasa oleh Putri Marino. Malah aku merasakan film ini seperti sekuel dari TWIVORTIARE (2018) karena looks Raihaanun dan Reza Rahadian disini Alexandra dan Beno banget hahaha.
Penampilan Reza Rahadian sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Anya Geraldine kali ini mendapat screentime akting yang lumayan banyak. Peningkatan dari versi serialnya memang ada, namun saat beberapa adegan, Anya masih belum bisa mengimbangi lawan mainnya. Satu hal yang mencuri perhatianku adalah Anya Geraldine di film ini cantik banget. Yang tak boleh dilewatkan dan harus mendapat apresiasi tentunya penampilan Graciella Abigail sebagai Raya. Ia kembali berhasil menghidupkan karakter Raya, anak kecil korban perceraian orangtuanya. Gesture, range emosi, tatapan mata dan dialog yang ia lontarkan sukses membuatku terharu melihatnya. She's will be the next big thing in the future.
Overall, jika kamu penasaran dengan akhir cerita drama pelakor Kinan, Aris dan Lydia yang sempat menggegerkan Indonesia di awal tahun 2022 lalu bisa banget untuk menonton film ini. Meskipun sebenarnya, kehadiran LAYANGAN PUTUS THE MOVIE (2023) tuh menurutku tidak terlalu wajib untuk ada.


[7.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment