Monday 25 December 2023

[Review] Saltburn: Kegilaan Dan Obsesi Mahasiswa Terhadap Orang Tajir Yang Ada Di Kampus!


#Description:
Title: Saltburn (2023)
Casts: Barry Keoghan, Jacob Elordi, Rosamund Pike, Richard E. Grant, Alison Oliver, Archie Madekwe, Carey Mulligan, Paul Rhys, Reece Shearsmith, Dorothy Atkinson, Ewan Mitchell
Director: Emerald Fennell
Studio: MGM Studios, Amazon, Prime Video


#Synopsis:
Oliver Quick (Barry Keoghan) berhasil mendapatkan beasiswa di Universitas Oxford dan masuk sebagai mahasiswa baru di tahun 2006. Oliver yang pendiam dan berpenampilan kutu buku membuatnya jarang berinteraksi dengan mahasiswa lain. Satu-satunya orang yang mau dekat dengan Oliver yaitu Michael (Ewan Mitchell) karena sama-sama mahasiswa kuper dan kutu buku.


Waktu terus berjalan. Oliver berharap tak selamanya menjadi anak kuper. Ia ingin menjalin pertemanan dengan banyak orang. Salah satunya dengan Felix Catton (Jacob Elordi), mahasiswa populer berparas tampan yang digilai banyak perempuan. Namun Oliver belum berani untuk akrab dengan Felix dan juga teman-temannya. Suatu ketika saat berangkat menuju ke perpustakaan, Oliver tak sengaja melihat Felix yang sepedanya rusak. Felix harus buru-buru karena akan segera masuk ke kelas untuk ujian. Dengan berbaik hati, Oliver meminjamkan sepedanya ke Felix. Setelah kejadian itu, Felix sangat berterima kasih kepada Oliver karena berkat dirinya ia bisa mengikuti ujian dan lolos ke semester berikutnya. Oliver kemudian diajak Felix untuk menghabiskan malam di bar bersama dengan teman-temannya.


Keesokan harinya, Oliver mendapat kabar jika ayahnya mengalami kecelakaan setelah sekian lama depresi karena sikap ibunya yang sering mabuk-mabukan. Oliver kemudian menceritakan kabar duka tersebut pada Felix. Tak ingin sahabatnya terus berlarut dalam kesedihan, Felix berinisiatif untuk mengajak Oliver menghabiskan waktu libur kuliah musim panas di rumahnya. Ajakan tersebut membuat Oliver senang dan tidak sabar untuk segera berliburan bersama dengan Felix di rumahnya.


Oliver menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk menuju ke kediaman Felix yang bernama Saltburn. Namun ia tetap semangat dan bahkan tiba lebih awal dari yang sudah direncanakan. Setibanya di Saltburn, Oliver dibuat takjub saat melihat kediaman keluarga Felix yang berbentuk istana. Ia kemudian disambut oleh pelayanan dan diantar langsung untuk menemui Felix. Disana, Oliver bertemu dengan ayah dan ibunya Felix yaitu James Cotton (Richard E. Grant) dan Elspeth Catton (Rosamund Pike), kemudian Venetia (Alison Oliver) yang merupakan adik kandung Felix dan Farleigh Start (Archie Madekwe), sepupu dari Felix asal Amerika dan yang terakhir yaitu Pamela (Carey Mulligan), teman dari Elspeth.
Kehadiran Oliver disambut hangat oleh keluarga Felix. Mereka juga memberikan perhatian ekstra dan turut berbelasungkawa atas kematian ayahnya Oliver. Elspeth dan James bahkan siap merencanakan pesta meriah di rumah mereka setelah mengetahui sebentar lagi Oliver akan segera berulang tahun. Selama menghabiskan waktu libur musim panas di Saltburn, Oliver diam-diam memantau segala aktivitas Felix. Selain itu, ia juga sering meladeni Venetia yang selalu berusaha menggodanya. Apa yang dilakukan oleh Venetia dan Oliver tersebut tak sengaja terlihat oleh Farleigh. Ia pun langsung memberitahukan hal tersebut pada Felix.



Setelah mengetahui Farleigh mengadu pada Felix, Oliver langsung membantah semua tuduhan Farleigh dan mengatakan jika apa yang diucapkan Farleigh itu bohong. Beruntung, Felix lebih mempercayai Oliver. Malam harinya, Oliver mengancam Farleigh untuk tidak berbicara sembarangan lagi dan keesokan harinya, Farleigh diusir oleh James dan Elspeth karena ketahuan telah mencuri beberapa barang koleksi berharga yang ada di Saltburn.



Menjelang libur musim panas berakhir, Felix tak sengaja mengangkat telepon milik Oliver saat sedang berada di kamar mandi. Felix berbicara dengan seorang perempuan yang mengaku ibunya Oliver dan meminta untuk segera pulang ke rumah sebelum masuk kembali kuliah. Felix langsung membawa Oliver pulang bertemu dengan ibunya. Felix juga sudah tidak sabar untuk bisa berkenalan dengan keluarga Oliver yang tinggal di Prescot. Setibanya di rumah Oliver, Felix dibuat terkejut saat mengetahui jika kedua orangtua Oliver tidak seperti yang diceritakan oleh temannya itu. Bahkan ayahnya Oliver masih hidup dan mereka berdua sangat menyayangi Oliver. Setelah selesai mengunjungi kedua orangtua Oliver, Felix pun sangat kecewa karena Oliver telah berbohong tentang keluarganya. Ia meminta Oliver untuk segera pergi dari Saltburn setelah pesta ulang tahun yang sudah direncanakan oleh orangtuanya.


Di pesta perayaan ulang tahunnya, Oliver merasa sedih dan kecewa karena telah membohongi Felix. Ia pun akhirnya mengungkapkan perasaannya pada Felix, meskipun Felix tak pernah membalas perasaan Oliver. Kejadian tak terduga dialami oleh Felix dan terus berlanjut ke seluruh keluarganya yang ada di Saltburn. Apa yang sebenarnya terjadi?


#Review:
Di era Pandemic CoVid-19 lalu, aktris asal Inggris yaitu Emerald Fennell sukses mencuri perhatian para pecinta film lewat debut perdana sebagai sutradara lewat film PROMISING YOUNG WOMAN (2020). Film tersebut berhasil masuk 5 nominasi Academy Awards dan memenangkan 1 piala Oscars untuk kategori Best Original Screenplay. Tiga tahun kemudian, Emerald Fennell kembali hadir dengan film terbarunya yang berjudul SALTBURN (2023). Tidak main-main, ia menggandeng empat aktor besar yang populer di Hollywood yaitu 'Druig' Barry Keoghan, Jacob Elordi, Rosamund Pike dan Richard E. Grant.


Untuk segi cerita, film SALTBURN (2023) menghadirkan drama black komedi tentang obsesi seorang mahasiswa yang ingin menjadi orang kaya. Premis menarik ini terakhir aku nonton di film peraih piala Oscars yaitu PARASITE (2019) asal Korea Selatan. Nah ditangan Emerald Fennell, premis tersebut dibalut dengan nuansa romansa yang menjerat karakter Oliver, Felix, Farleigh dan Venetia. Penonton bisa merasakan bagaimana manipulatifnya sosok Oliver demi mengejar apa yang ia inginkan. Beberapa hal yang ia lakukan dibuat cukup realistis dan bisa ditemukan di kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saat kelakuan si Oliver yang berusaha caper dengan menjual kesedihan dan mengundang empati dari Felix dan keluarganya. Fennell kemudian menyentil issue sosial orang-orang berduit yang kadang memang empati tapi disatu sisi mereka juga suka julid dan mudah dibodoh-bodohi. Hahaha. Klimaks dan plot twist mencengangkan dibeberkan pada penonton di babak akhir film. Jujur sih, plot twist film SALTBURN (2023) menurutku agak sedikit merusak pesona yang sudah dibangun oleh Oliver disepanjang durasi film. Andai saja plot twist tersebut tidak digunakan, menurutku bakal jauh impactful kepada penonton.


Untuk jajaran pemain, Barry Keoghan menjadi bintang paling bersinar di film ini. Penampilan berani dan out of the box nya dalam memerankan karakter Oliver sukses membuatku berekspresi jaw dropped. Adegan bathtub, graveyard dan teasing masing-masing anggota keluarga Felix membuktikan totalitas dari seorang Barry Keoghan. Ensemble casts lainnya pun mampu melengkapi kegilaan yang terjadi di istana Saltburn.
Overall film SALTBURN (2023) salah satu film mengejutkan dan mencuri perhatianku di tahun ini. Masih speechless dengan endingnya! Haha.


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment