Monday 4 March 2024

[Review] The Mathematics World Tour Ed Sheeran at Jakarta International Stadium


Sabtu, 2 Maret 2024 lalu penyanyi asal Inggris peraih 4 piala Grammy Awards yaitu Ed Sheeran kembali mengadakan konser tunggal di Indonesia bertajuk +-=÷ Tour (The Mathematics Tour). Konser ini menjadi konser kedua bagi Ed Sheeran di Indonesia setelah sebelumnya sukses menggelar ÷ Tour (Divide Tour) Mei tahun 2019 lalu. Konser The Mathematics Tour ini cukup spesial karena menyuguhkan enam album Ed Sheeran mulai dari Plus (2011), Multiply (2014), Divide (2017), No. 6 Collaborations Project (2019), Equals (2021) dan Subtracts (2023). 
Bulan Oktober tahun lalu, PK Entertainment selaku pihak promotor resmi mengumumkan The Mathematics Tour nya Ed Sheeran akan digelar di Indonesia pada 2 Maret 2024 dengan venue Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Penjualan tiket dilakukan melalui platform ticketing Loketcom. Antusias para fans Ed Sheeran terbilang sangat tinggi karena dalam beberapa hari saja tiket untuk kategori PINK, PURPLE dan BLUE langsung sold-out. Sementara itu, untuk kategori YELLOW dan GREEN masih tersedia.


15 hari menjelang konser tepatnya tanggal 16 Februari 2024, PK Entertainment tiba-tiba mengumumkan tentang pemindahan lokasi konser Ed Sheeran The Mathematics Tour dari SU-GBK ke Jakarta International Stadium. Keputusan tersebut terpaksa harus dilakukan oleh PK Entertainment karena SU-GBK akan digunakan untuk pertandingan sepakbola Indonesia Vs. Vietnam yang akan digelar pada 21 Maret mendatang. Pihak SU-GBK kabarnya harus melakukan sterilisasi serta maintenance minimal H-30 sebelum pertandingan sepakbola digelar. Reaksi dari para penonton pun mayoritas kecewa karena akses transportasi menuju Jakarta International Stadium masih belum memadai. Aku yang sudah booking hotel di dekat SU-GBK pun terpaksa harus refund dan langsung mencari hotel baru dekat dengan JIS. Membaca kolom komentar di akun Instagram PK Entertainment tak sedikit yang kecewa dan memilih untuk menjual tiketnya dengan alasan pemindahan lokasi konser.


Aku ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hard Rock FM Bandung karena telah memberikan tiket konser Ed Sheeran The Mathematics Tour kategori YELLOW B melalui giveaway kuis di siaran pagi Hard Rock FM Bandung pada 16 Februari lalu. Hoki pertama di tahun 2024 sudah aku dapatkan. Alhamdulillah! Sekali lagi terima kasih Hard Rock FM Bandung!
Hari konser pun tiba. Sabtu, 2 Maret 2024 aku sudah Staycation di EL Royale Hotel Kelapa Gading bersama ketiga temanku. Cuaca sejak pagi hari sudah mendung dan sempat hujan deras di siang hari. Aku cukup khawatir dan sangat berharap saat nanti malam tidak diguyur hujan. Sekitar pukul 16:00 WIB, kita bertiga pergi ke Jakarta International Stadium dengan temanku membawa mobil lalu parkir di JIEXPO Kemayoran. Promotor PK Entertainment dan Jakpro menyediakan Free Shuttle Bus untuk para penonton konser yang membawa kendaraan pribadi, sehingga tak perlu membawa mobil atau motor untuk menuju ke Jakarta International Stadium.


Karena akses jalan utama menuju JIS tidak sebesar menuju SU-GBK, maka penonton harus ekstra sabar macet-macetan meskipun menggunakan shuttle bus. Kita bertiga tiba di JIS sekitar pukul 17:45 WIB dan langsung bergegas mencari makan untuk ganjel perut. Untungnya disepanjang jalan banyak banget penjual makanan dan minuman sehingga penonton tak perlu khawatir kelaparan. Setelah aku bertemu dengan Kak Massayu dari Hard Rock FM Bandung di south gate JIS, kita bertiga bertemu dengan temanku yang sama-sama nonton konser The Mathematics Tour Ed Sheeran di kategori YELLOW namun berbeda seats. Agak PR sih saat mencari pintu yang jumlahnya mencapai lebih dari 250. Setelah berkeliling JIS akhirnya aku berhasil menemukan pintu 240 dan bergegas masuk yang sudah berkumandang lagu Indonesia Raya.
Konser The Mathematics Tour Ed Sheeran dimulai pukul 19:00 WIB dengan Opening Act dari penyanyi Calum Scott yang membawakan beberapa lagu hits nya yaitu:


Setlist Opening Act Calum Scott - The Mathematics Tour Ed Sheeran
1. Lighthouse
2. At Your Worst
3. Whistle
4. Biblical
5. If You Ever Change Your Mind
6. Where Are You Now
7. You Are The Reason
8. Heaven
9. Dancing On My Own medley with I Wanna Dance With Somebody

Setelah penampilan Calum Scott selesai, sekitar pukul 20:15, The Mathematics Tour Ed Sheeran pun akhirnya resmi dimulai! Penonton terus memadati seluruh area lapangan dan dua tribun JIS yang 360 derajat semuanya hampir terisi penuh! For the first time banget nih bisa nonton konser skala dunia di JIS yang kapasitasnya nyaris penuh meskipun tribun paling atas tidak digunakan dan ditutupi oleh kain hitam. Berikut adalah setlist The Mathematics Tour - Ed Sheeran at Jakarta International Stadium:

1. Tides
2. BLOW
3. I'm a Mess
4. Shivers
5. The A Team
6. Castle On The Hill
7. Don't / No Diggity
8. Lego House
9. Eyes Closed
10. Give Me Love
11. Visiting Hours
12. River / Peru / Beautiful People / South of the Border / I Don't Care
13. Overpass Grafitti
14. Galway Girl
15. Thinking Out Loud
16. Love Yourself (Justin Bieber song)
17. Sing
18. Happier
19. Photograph
20. Tenerife Sea
21. Perfect
22. Bloodstream
23. Afterglow
24. You Need Me, I Don't Need You
25. Shape of You
26. Bad Habits

Konser The Mathematics Tour Ed Sheeran berhasil menggebrak JIS dengan konsep panggung 360 derajat sehingga semua penonton bisa melihat dengan jelas aksi panggung Ed Sheeran tanpa terhalang apapun. Manifesting para musisi di seluruh dunia bisa mengadaptasi konsep stage 360 derajat agar semua penonton konser bisa mendapatkan pengalaman lebih maksimal tanpa terhalang layar, tiang ataupun sound system.


Aku sangat takjub dengan stamina Ed Sheeran. Total hampir 2.5 jam non-stop menyanyikan 26 lagu tanpa jeda panjang. Setiap lagu upbeat yang dibawakan selalu menampilkan aksi panggung yang total. Ditambah lagi sesekali ia berlari-lari diatas stage yang berputar layaknya trademill. Interaksi dengan para penonton pun selalu mendapat antusias dan riuh tepuk tangan. Yang paling aku suka dari The Mathematics Tour Ed Sheeran ini adalah adanya kejutan dari beberapa penonton yang melamar pacarnya saat Ed Sheeran membawakan lagu Perfect. Seketika para penonton histeris dan memberikan tepuk tangan kepada beberapa pasangan yang berani melamar pacar mereka. Setiap lagu ballad seperti Lego House, Photograph dan Perfect para penonton dengan kompak menyalakan flashlight dari ponsel. Seketika bikin merinding dan terharu banget!
Kualitas audio The Mathematics Tour Ed Sheeran di JIS sangat mengesankan! Suara yang dihasilkan jernih dan juga menggelegar. Jakarta International Stadium memang sudah sangat worth it sebagai venue untuk konser, selain kapasitasnya yang jauh lebih besar daripada SU-GBK, bagian atap JIS pun bisa terbuka dan tertutup sehingga jika cuaca sedang tidak bersahabat bisa tetap mengadakan event dengan lancar.



Sama seperti konser Blackpink dan Coldplay di tahun lalu, para pedagang unofficial merchandise edisi Ed Sheeran pun memadati area luar JIS. Harga yang dipatok pun masih dalam batas wajar tidak semahal official merchandise yang tersedia eksklusif di area dalam JIS yang harganya mulai dari Rp.600.000 sampai Rp.1.500.000 an. Kita bertiga kemudian membeli kenang-kenangan Lanyard The Mathematics Tour dari penjual pinggir jalan JIS dengan harga Rp.70.000 untuk 3 pcs Lanyard hahaha.
Overall, konser The Mathematics Tour Ed Sheeran sukses membuatku terpukau berkat konsep stage nya yang 360 derajat, stamina luar biasa dari Ed Sheeran dan pemilihan lagu-lagu yang enak banget untuk sing a long. Semoga kedepannya Jakarta International Stadium bisa memiliki akses transportasi yang sangat memadai untuk menampuk puluhan ribu penonton. Gak jadi masalah kalau misalnya akses diprioritaskan untuk transportasi umum, tapi ayo segera bangun Stasiun LRT Jakarta, Halte Transjakarta yang terpisah dari jalanan umum, Stasiun KRL baru dengan kapasitas yang lebih besar dan akses jalan raya yang diperluas lagi.

0 comments:

Post a Comment