Thursday 8 May 2014

[Review] Marmut Merah Jambu: Susahnya Melupakan Cinta Pertama



#Description:
Title: Marmut Merah Jambu (2014)
Casts: Christoffer Nelwan, Sonya Pandarmawan, Julian Liberty, Raditya Dika, Franda, Mohammed Kamga, Anjani Dina, Axel Matthew Thomas, Tio Pakusadewo dll
Director: Raditya Dika
Studio: Starvision Plus

#Trailer:



#Synopsis:
Suatu hari Dika (Raditya Dika) datang kerumah Ina (Anjani Dina) yang merupakan cinta pertama nya ketika ia duduk dibangku SMA sambil membawa seribu kertas origami berbentuk burung beserta undangan pernikahan Ina. Kedatangan Dika kemudian disambut oleh Ayah Ina (Tio Pakusadewo) dengan penuh kecurigaan pada Dika. Ayah Ina beranggapan kalau Dika itu akan menghancurkan rencana pernikahan Ina yang akan dilangsungkan esok hari. Dika lalu menjelaskan alasan sesungguhnya ia datang ke rumah Ina.
Singkat cerita, Dika diizinkan masuk kerumah kemudian ia bernostalgia mengenang masa-masa SMA nya didepan Ayah Ina. Semasa SMA, Dika (Christoffer Nelwan) mempunyai teman bernama Bertus (Julian Liberty). Mereka berdua merupakan dua siswa SMA yang kurang populer disekolahnya. Saat itu Dika diam-diam menyukai Ina (Anjani Dina) salah satu siswi SMA yang cantik dan cukup populer disekolah. Akan tetapi Dika & Bertus sadar kalau ingin mendapatkan seorang pacar disekolah, mereka harus populer. Berbagai cara mereka lakukan untuk bisa mendapat kepopuleran disekolah. Namun hasilnya selalu gagal dan bahkan dianggap aneh. Kemudian Bertus mempunyai ide untuk membuat sebuah Esktrakurikuler baru yaitu Grup Detektif bersama Dika. Lalu kemudian muncul Cindy (Sonya Pandarmawan) yang menjadi anggota baru dan merupakan anggota paling pintar dan mempunyai hipotesa yang masuk akal setelah berhasil memecahkan kasus Misteri Hilangnya Bola Basket. Berbagai kasus yang muncul disekolah mereka berhasil dipecahkan dengan baik. Tetapi hingga suatu hari ketika Grup Detektif "ngaco" ini menguak satu kasus, tujuan utama Dika yang sesungguhnya yaitu untuk jadian dengan Ina terbongkar. Bertus dan Cindy pun kecewa setelah mengetahui hal tersebut. Persahabatan mereka pun renggang.
Bagaimanakah nasib kisah cinta diam-diam Dika pada Ina? Bagaimana juga dengan nasib persahabatan antara Dika, Bertus & Cindy? Benarkah kalau Cinta Pertama itu nggak akan kemana-kemana?


#Review:
Setelah 3 Judul Novel Raditya Dika diangkat ke layar lebar pada tahun 2013 lalu yaitu Cinta Brontosaurus (Mei 2013) yang membahas apakah cinta itu bisa kadaluarsa, Cinta Dalam Kardus (Juni 2013) yang membahas apakah benar cinta itu bisa apa adanya tanpa menuntut apapun & yang terakhir adalah Manusia Setengah Salmon (Oktober 2013) yang membahas hidup dan cinta itu harus move-on yang ketiga-nya cukup sukses mencuri perhatian para pecinta Film Indonesia. Kali ini dipertengahan Tahun 2014, Raditya Dika kembali ke layar lebar bersama Marmut Merah Jambu-nya yang kali ini Raditya Dika tak hanya bermain dalam film tetapi duduk juga dibangku sutradara!
Berbeda jika dibandingkan dalam ketiga film sebelumnya. Kali ini di Marmut Merah Jambu, Raditya Dika menceritakan masa-masa SMA nya yang diperankan oleh Christoffer Nelwan. Hampir 70% isi cerita Film Marmut Merah Jambu ini berkutat dimasa SMA. Dengan gaya cerita flashback & maju mundur Marmut Merah Jambu ini tidak membuat bosan justru membuat tertawa terbahak-bahak dengan akting super komedi dari para pemain nya. Christoffer Nelwan tampil apik sebagai Raditya Dika muda, Sonya Panda juga tampil baik sebagai Cindy & saya angkat topi untuk Julian Liberty yang sangat berhasil menjadi karakter penghibur, Bertus dalam Marmut Merah Jambu. Chemistry persahabatan antara Dika-Bertus-Cindy dimasa SMA cukup berhasil ditampilkan oleh mereka. Deretan pemain pendukung / cameo dalam film ini yang merupakan mayoritas Starvision Darling's juga berhasil membuat Film Marmut Merah Jambu ini semakin meriah dan menghibur.
Kualitas gambar & musik dalam Film Marmut Merah Jambu boleh dibilang paling terbaik dibandingkan keempat film Raditya Dika sebelumnya. Deretan lagu-lagu yang ear-catchy berhasil mendukung isi cerita film. 
Overall, Film Marmut Merah Jambu ini wajib banget untuk ditonton dibioskop. Selain komedi nya yang Raditya Dika banget, kalian juga bisa merasakan bahwa cinta pertama dan masa-masa SMA emang susah untuk dilupakan!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment